PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PRODUK OLAHAN MAKANAN RINGAN

Authors

  • Endang Silaningsih Universitas Djuanda
  • Putri Utami Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1382

Keywords:

marketing mix, minat beli konsumen, makanan ringan.

Abstract

Tujuan penelitian untuk menentukan pengaruh marketing  mix terhadap minat beli konsumen pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) produk olahan makanan ringan di Kota Bogor. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang konsumen. Metode yang digunakan adalah metode survey, bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian  verifikatif dan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui interview dan penyebaran angket pada responden. Kuesioner tersebut di uji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh secara simultan pada minat beli konsumen. Secara parsial harga dan produk berpengaruh pada minat beli konsumen, sedangkan promosi dan tempat tidak memiliki pengaruh pada minat beli konsumen. Variabel produk menjadi yang paling kuat memiliki pengaruh pada minat beli konsumen.

References

Aaker, A David. 2001. Marketing Research. John Willey & Sons Ltd. New York.
Agung Abdul Rasul dan Nurlaelah. 2010. Praktikum Statistik Ekonomi Bisnis dengan SPSS. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta
Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press. Jakarta.
Basu, Swastha. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Basu, Swastha. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kelima. Alfabeta. Bandung.
Cahya, Yohana F dan Simanjuntak, Sahat. 2012. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan dan Minuman Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.14, No.2, hal 8-15
Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, 2016. Perkembangan Jumlah UMKM Produk Olahan Makanan Ringan di Kota Bogor Tahun 2012-2015.
Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, 2016. Jenis Produk Olahan Makanan Ringan di Kota Bogor Tahun 2015.
Durianto, Darmadi, dkk. 2003. Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif.
Gramedia. Jakarta
Faradiba. 2013. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Diponegoro Journal of Management. Vol. 2 No.3 Tahun 2013, halaman 1-11 : 2337-3792.
Ferdinand, Augusty. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Frankel, J dan Wallen, N. 1993. How to Design and Evaluate Research in
Education (2nd ed). Mc Graw-Hill Inc.Newyork.
Husein, Umar. 2005. Metode Penelitian. Salemba Empat. Jakarta.
Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Milenium. Prehallindo. Jakarta.
Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid I dan II. PT Indeks. Jakarta.
Kotler, Amstrong. 2010. Principles Of Marketing. 13 Edition. New Jersey. Upper Saddle. River. Pearson Prentice Hall.
Kotler, Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Andi. Yogyakarta.
Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. PT.Indeks. Jakarta.
Kotler. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ketiga Belas. Erlangga. Jakarta.
Lin, S,M. 2011. Marketing Mix (7P) and Performance Assesment of Wastren Food Industry in Taiwan. African Journal of Bussiness Management 5 (6)
: 10635-10644.
M. Natsir. 1998. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta.
Mayasari S. D dan Suwarni. 2009. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis. Vol. 16. No.1 halaman 74-86.
Putri, A. 2011. Makanan Ringan Ekstrudat. repository.us.u.ac.id/bitstream/123456789/ekstrudat/25614/chapter%2011.pdf (Didownload : Sabtu, 29-10-16/22.02)
Rundh, B. 2005. The multi-faceted Dimension of Packaging British Food Journal. 107(9), 607-684.
Senjaya, Harry, G. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan
Pembelian Masakan Jepang di Hayashi Teppan. E-journal Graduate
Unpar. Vol.1, No.2 (2014) : 2355-4304.
Siswanto, Sutojo. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Damar Mulia Pustaka. Jakarta.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed
Methods). Alfabeta. Bandung.
Sunyoto, Danang. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Edisi Pertama. Media Pressindo: Yogyakarta.
Surat Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia No. HK.00.05.52.4040 Tanggal 9 Oktober 2006 tentang kategori pangan
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Andi. Yogyakarta.
Wantini, Saiz. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan
Pembelian Emping Mlinjo di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kartasura. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. Vol.1 No.1 Tahun 2013. 72-78.
Wells, L., Farley, H & Amstrong G.A. 2007. The Importance of Packaging Design For Own –label Foodbrands. International Journal of Retail and Distribution Management, 35(9), 677-690.

Downloads

Published

2018-10-18

How to Cite

Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PRODUK OLAHAN MAKANAN RINGAN. urnal osial umaniora, 9(2), 144–158. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1382

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 4764 times