PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA BIDANG KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN

Authors

  • Ernawati Ernawati
  • Abubakar Iskandar Universitas Djuanda Bogor
  • Ginung Pratidina

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsh.v9i1.1374

Keywords:

kompensasi, kinerja, pegawai.

Abstract

Sampah merupakan sisa-sisa pembuangan dari setiap sumber produksi maupun non produksi berupa organik dan anorganik.Volume sampah dari hari ke hari semakin meningkat disebabkan oleh bertambahnya jumlah penduduk, membaiknya roda perekonomian, dan berubahnya perilaku masyarakat dalam berkonsumsi. Oleh karena itu perlu diberikan kompensasi agar pegawai dapat meningkatkatkan kinerjanya. Penelitian dilakukan di Bidang Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor yang dilaksanakan sejak bulan Januari-April 2014.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui realisasi pemberian kompensasi, mengetahui peningkatan kinerja pegawai, dan menguji pengaruh pemberian kompensasi terhadap peningkatan kinerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi sebanyak 184 orang dan sampel sebesar 65 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket dan dokumentasi, sedangkan data terdiri data primer dan data sekunder. Analisa data dalam penelitian ini adalah Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien korelasi -,216 yang artinya hubungan antara TPP dengan tanggungjawab sesuai kemampuan tidak signifikan.Koefisien korelasi -,007 yang artinya hubungan antara TPP dengan pekerjaan yang sesuai ketrampilan tidak signifikan.Selanjutnya untuk menguji perbedaan kiner pegawai digunakan uji t. Hasil penelitian menunjjukan bahwa rata-rata kinerja yang ditunjukan pada ketrampilan menyelesaikan pekerjaan adalah 129,000. Oleh karena nilai thitung>ttabel maka Ho diterima, atau rata-rata ketrampilan yang dimiliki pegawai adalah sama.Rata-rata kinerja yang ditunjukan pada kemampuan menyelesaikan pekerjaan adalah 115,111. Oleh karena nilai thitung>ttabel maka Ho diterima, atau rata-rata kemampuan yang dimiliki pegawai sama.

Author Biography

Abubakar Iskandar, Universitas Djuanda Bogor

Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

References

Rentra Kota Bogor, 2012 Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor
Sugiyono, (2002), Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta, Bandung.
Mifta, T. 1994. Dimensi=Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara.PT. RajaGrafindo Perkasa. Jakarta
Iskandar, A. 2012. Benchmarking Kemiskinan, IPB Press. Bogor
Ilyas, Y., 2002, Kinerja (Teori dan Penilaian), Jakarta: Pusat Kajian Ekonomi. Kesehatan FKM
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Ketujuh, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Stephen P Robins, (1996), Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Alih Bahasa : Handyana Pujaatmaka, Edisi Keenam, PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.

Downloads

Published

2018-10-16

How to Cite

Ernawati, E., Iskandar, A., & Pratidina, G. (2018). PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA BIDANG KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN. urnal osial umaniora, 9(1), 61–69. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i1.1374

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 257 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2