FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari studi ini adalah untuk mengungkapkan dampak dari kualitas pelayanan, pemasaran berbasis hubungan, dan tingkat kepercayaan terhadap loyalitas nasabah di BSI KC Bima Soetta 2. Dari populasi ini, diambil sampel sebanyak 100 responden dengan menerapkan teknik purposive sampling, dengan kriteria bahwa nasabah tersebut masih aktif dan telah menggunakan produk atau layanan dari BSI KC Bima Soetta 2 selama minimal 6 bulan. Data dalam penelitian ini dianalisis melalui serangkaian uji, termasuk uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji simultan, uji parsial, serta uji koefisien determinasi menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki dampak yang signifikan terhadap loyalitas nasabah, pemasaran berbasis hubungan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah, dan tingkat kepercayaan juga mempengaruhi secara signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Agiesta, W., Sajidin, A., & Perwito. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah KA Lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1653.
Al-Ghifari, M. I., & Khusnudin. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Biaya Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Denpasar Bali. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 421–434. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).10883
Alma, B. (1997). Manajemen Pemasaran (p. 274). Alfabeta.
Apriliani, F., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Relatioship Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Bandar Jaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 17(1), 1–5.
Ardhanari, M., & Viphindrartin, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 63–75. https://doi.org/10.32529/jim.v6i1.1504
Cooper, D. R., & Emory, W. (1995). Metode Penelitian Bisnis (1st ed.).
Dandis, A. O., & Wright, L. T. (2020). The effects of CARTER model on attitudinal loyalty in Islamic banks. International Journal of Quality and Service Sciences, 12(2), 149–171. https://doi.org/10.1108/IJQSS-03-2019-0050
Haron, R., Abdul Subar, N., & Ibrahim, K. (2020). Service quality of Islamic banks: satisfaction, loyalty and the mediating role of trust. Islamic Economic Studies, 28(1), 3–23. https://doi.org/10.1108/ies-12-2019-0041
Kabadayi, S. (2016). Customers’ dissatisfaction with banking channels and their intention to leave banks: the moderating effect of trust and trusting beliefs. Journal of Financial Services Marketing, 21, 194–208.
Khoiri, A. H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada Bank BNI Syariah Semarang. Jurnal Syarikah, 7(2), 173–182.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). Pearson.
Leninkumar, V. (2017). The Relationship between Customer Satisfaction and Customer Trust on Customer Loyalty. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(4), 450–465. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i4/2821
Mail Hillian Batin. (2019). Penanganan Keluhan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah. Journal of Islamic Banking and Finance, 3(1), 45.
Maryamah, N., Widowati, M., & Fajria, R. N. (2023). Analisis Pengaruh Relationship marketing, Kualitas Layanan, dan Penggunaan M-Banking Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang). Keunis, 11(1), 58. https://doi.org/10.32497/keunis.v11i1.3788
Mustofa. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi Pada Bank Muamalat Tbk. Cabang Gorotalo). Al - Buhuts: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 39–59. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/view/770%0Ahttp://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/download/770/1140
Muzaiyanah, & Fakhrurrazi. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PADA BANK ACEH SYARIAH CABANG ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 7(3), 530–540.
Muzarkosah, I., & Syarifah, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Pengetahuan Produk Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Bprs Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pragaan). NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.5723
Oktapiani, A. A., & Anggraini, T. (2022). Pengaruh Relationship marketing, Comporate Image dan Syariah Compliance Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada PT BSI KCP Gunung Tua. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3423–3433. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6803
Priantoro, M. A., & Yudiana, F. E. (2021). THE EFFECT OF RELATIONSHIP MARKETING, EXPERENTIAL MARKETING AND SHARIA MARKETING CHARACTERISTICS ON CUSTOMER LOYALTY OF SHARIA BANK WITH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLE. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 5(1), 109–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/malia.v5i2.11800
Priyo, J. S., Mohamad, B., & Adetunji, R. R. (2019). An examination of the effects of service quality and customer satisfaction on customer loyalty in the hotel industry. International Journal of Supply Chain Management, 8(1), 654–663.
Rashid, M. H. U., Nurunnabi, M., Rahman, M., & Masud, M. A. K. (2020). Exploring the relationship between customer loyalty and financial performance of banks: Customer open innovation perspective. Journal of Open Innovation:
Technology, Market, and Complexity, 6(4), 1–19. https://doi.org/10.3390/joitmc6040108
Raziq Aulia, M., Studi Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(1), 108–121. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm
Rusydi, A. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.
Sumaedi, S., Juniarti, R. P., & Bakti, I. G. M. Y. (2015). Understanding trust & commitment of individual saving customers in Islamic banking: The role of ego involvement. Journal of Islamic Marketing, 6(3), 406–428. https://doi.org/10.1108/JIMA-06-2013-0045
Tabrani, M., Amin, M., & Nizam, A. (2018). Trust, commitment, customer intimacy and customer loyalty in Islamic banking relationships. International Journal of Bank Marketing, 36(5), 823–848. https://doi.org/10.1108/IJBM-03-2017-0054