FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA

Main Article Content

Nur Sebariani Ismi Ningsih
Akhmad Yusuf Khoiruddin

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mengungkapkan dampak dari kualitas pelayanan, pemasaran berbasis hubungan, dan tingkat kepercayaan terhadap loyalitas nasabah di BSI KC Bima Soetta 2. Dari populasi ini, diambil sampel sebanyak 100 responden dengan menerapkan teknik purposive sampling, dengan kriteria bahwa nasabah tersebut masih aktif dan telah menggunakan produk atau layanan dari BSI KC Bima Soetta 2 selama minimal 6 bulan. Data dalam penelitian ini dianalisis melalui serangkaian uji, termasuk uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji simultan, uji parsial, serta uji koefisien determinasi menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki dampak yang signifikan terhadap loyalitas nasabah, pemasaran berbasis hubungan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah, dan tingkat kepercayaan juga mempengaruhi secara signifikan terhadap loyalitas nasabah.

Article Details

How to Cite
Ningsih, N. S. I. ., & Khoiruddin, A. Y. . (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 197–208. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i2.9884
Section
Articles

References

Agiesta, W., Sajidin, A., & Perwito. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah KA Lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1653.

Al-Ghifari, M. I., & Khusnudin. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Biaya Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Denpasar Bali. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 421–434. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).10883

Alma, B. (1997). Manajemen Pemasaran (p. 274). Alfabeta.

Apriliani, F., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Relatioship Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Bandar Jaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 17(1), 1–5.

Ardhanari, M., & Viphindrartin, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 63–75. https://doi.org/10.32529/jim.v6i1.1504

Cooper, D. R., & Emory, W. (1995). Metode Penelitian Bisnis (1st ed.).

Dandis, A. O., & Wright, L. T. (2020). The effects of CARTER model on attitudinal loyalty in Islamic banks. International Journal of Quality and Service Sciences, 12(2), 149–171. https://doi.org/10.1108/IJQSS-03-2019-0050

Haron, R., Abdul Subar, N., & Ibrahim, K. (2020). Service quality of Islamic banks: satisfaction, loyalty and the mediating role of trust. Islamic Economic Studies, 28(1), 3–23. https://doi.org/10.1108/ies-12-2019-0041

Kabadayi, S. (2016). Customers’ dissatisfaction with banking channels and their intention to leave banks: the moderating effect of trust and trusting beliefs. Journal of Financial Services Marketing, 21, 194–208.

Khoiri, A. H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada Bank BNI Syariah Semarang. Jurnal Syarikah, 7(2), 173–182.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). Pearson.

Leninkumar, V. (2017). The Relationship between Customer Satisfaction and Customer Trust on Customer Loyalty. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(4), 450–465. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i4/2821

Mail Hillian Batin. (2019). Penanganan Keluhan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah. Journal of Islamic Banking and Finance, 3(1), 45.

Maryamah, N., Widowati, M., & Fajria, R. N. (2023). Analisis Pengaruh Relationship marketing, Kualitas Layanan, dan Penggunaan M-Banking Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang). Keunis, 11(1), 58. https://doi.org/10.32497/keunis.v11i1.3788

Mustofa. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi Pada Bank Muamalat Tbk. Cabang Gorotalo). Al - Buhuts: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 39–59. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/view/770%0Ahttp://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FEB/article/download/770/1140

Muzaiyanah, & Fakhrurrazi. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PADA BANK ACEH SYARIAH CABANG ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 7(3), 530–540.

Muzarkosah, I., & Syarifah, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Pengetahuan Produk Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Bprs Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pragaan). NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.5723

Oktapiani, A. A., & Anggraini, T. (2022). Pengaruh Relationship marketing, Comporate Image dan Syariah Compliance Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada PT BSI KCP Gunung Tua. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3423–3433. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6803

Priantoro, M. A., & Yudiana, F. E. (2021). THE EFFECT OF RELATIONSHIP MARKETING, EXPERENTIAL MARKETING AND SHARIA MARKETING CHARACTERISTICS ON CUSTOMER LOYALTY OF SHARIA BANK WITH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLE. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 5(1), 109–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/malia.v5i2.11800

Priyo, J. S., Mohamad, B., & Adetunji, R. R. (2019). An examination of the effects of service quality and customer satisfaction on customer loyalty in the hotel industry. International Journal of Supply Chain Management, 8(1), 654–663.

Rashid, M. H. U., Nurunnabi, M., Rahman, M., & Masud, M. A. K. (2020). Exploring the relationship between customer loyalty and financial performance of banks: Customer open innovation perspective. Journal of Open Innovation:

Technology, Market, and Complexity, 6(4), 1–19. https://doi.org/10.3390/joitmc6040108

Raziq Aulia, M., Studi Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(1), 108–121. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm

Rusydi, A. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.

Sumaedi, S., Juniarti, R. P., & Bakti, I. G. M. Y. (2015). Understanding trust & commitment of individual saving customers in Islamic banking: The role of ego involvement. Journal of Islamic Marketing, 6(3), 406–428. https://doi.org/10.1108/JIMA-06-2013-0045

Tabrani, M., Amin, M., & Nizam, A. (2018). Trust, commitment, customer intimacy and customer loyalty in Islamic banking relationships. International Journal of Bank Marketing, 36(5), 823–848. https://doi.org/10.1108/IJBM-03-2017-0054