FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK GADAI (RAHN) DI PEGADAIAN SYARIAH CPS SOLO BARU

Main Article Content

Ratih Puspita Ningrum
Meilana Widyaningsih

Abstract

Pegadaian syariah mengalami peningkatan jumlah nasabah dari tahun ke tahun, sehingga dilakukannya penelitian ini bermaksud untuk mengkaji faktor apa saja yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan produk gadai (Rahn) khususnya pada Pegadaian Syariah CPS Solo Baru. Metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan data primer yang dilakukan lewat penyebaran kuesioner. Teknik analisis data dengan uji regresi berganda memakai aplikasi SPSS versi 25. Penelitian ini menyajikan hasil bahwa variabel kualitas layanan dan teknologi informasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah untuk menggunakan produk gadai (Rahn) di Pegadaian Syariah CPS Solo Baru. Sementara itu, variabel pengetahuan tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah untuk menggunakan produk gadai (Rahn) di Pegadaian Syariah CPS Solo Baru. Implikasi yang diberikan penelitian ini bagi pembaca dapat dijadikan sebagai bahan acuan penulisan karya ilmiah selanjutnya. Sedangkan bagi perusahaan khususnya pegadaian syariah diharapkan dapat meningkatkan literasi agar pengetahuan masyarakat mengenai produk gadai semakin baik.

Article Details

How to Cite
Ningrum, R. P., & Widyaningsih, M. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK GADAI (RAHN) DI PEGADAIAN SYARIAH CPS SOLO BARU. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 186–196. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i2.8825
Section
Articles

References

Ahmad, K. N., & Iihamy, M. L. (2022). Pembiayaan Porsi Haji Pegadaian Syariah dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah (Studi Kasus:Nasabah PT. Pegadaian UPS Madina). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(2), 381–389.

Ali, M., Fauzi, M. A., & Lia Sari, R. (2023). Pengaruh Pengetahuan , Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah ( Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Kabupaten Kendal ). Jurnal Rekognisi Ekonomi Islam, 2(1), 28–36.

Anam, M. K., & Kulsum, N. (2022). Pengaruh Pengetahuan dan Pemasaran terhadap Minat Nasabah pada Produk Gadai Emas. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 3(2), 129–141.

Anwar, P., Rasyidin, M., Muhammad, A. N., & Nurul, M. (2022). Analysis of Factors Affecting Customer Interest in Choosing Rahn Products At Sharia Pawnshops in Aceh Province. International Journal of Economic, Business, Accounting, Agriculture Management and Sharia Administration (IJEBAS), 2(2), 177–188. https://doi.org/10.54443/ijebas.v2i2.185

Ayem, S., & Karlina. (2021). Pengaruh Teknologi Informasi , Budaya Organisasi dan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan ( Studi Kasus PT . Pegadaian Cabang Dompu Soriutu ). PRIVE :Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4(September), 1–13.

Busriadia, & Rahman, A. (2021). The Effect of Service Quality toward Customer Satisfaction in a Sharia Pawnshop (Case Study on a Sharia Pawnshop in Jambi Province). Al-Falah : Journal of Islamic Economics, 105–124. https://doi.org/10.29240/alfalah.v6i1.2087

Choirunisak, & Trihudiyatmanto, M. (2021). Faktor Determinan Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Emas. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perbankan Syariah, 1(1), 92–111.

Habibah, N. U. (2017). Perkembangangadai Emas Ke Investasi Emas Pada Pegadaian Syariah. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 81–97. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2095

Habiburahim, M. (2012). Mengenal Pegadaian Syariah. Jakarta: Kuwais.

Hadijah, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah Kantor Cabang Pegadaian Syariah (Kcps) Denpasar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1), 87–89.

Hasyim, F. (2018). The Determinant of Takaful Acceptance: Theory of Reasoned Action Approach. Journal of Finance and Islamic Banking, 1(21), 1–22.

Husein, U. (2002). Manajemen Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Karimah, A. N. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kepercayaan, dan Teknologi Informasi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital (PSD) Pada Pegadaian Syariah Kota Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Karnawijaya, N. (2019). Optimization Of The Government’s Role In Supporting The Socialization Strategy Of Sharia Pawn Products. Ikonomika, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24042/febi.v4i1.3162

Lucas, H. . (1999). Information Technology and The Productivity Paradox: Assessing The Value of Investing in IT. New York: Oxford University Press.

Maududi Islam, M. R., Agus Putra, P. A., & Nurrachmi, I. (2021). Analisis Fikih Muamalah terhadap Penjaminan Pengembalian Modal Kerja Sama Usaha. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1(2), 63–67. https://doi.org/10.29313/jres.v1i2.392

Nicho, H. W. (2022). The Challenges of Sharia Pawnshops in Indonesia in The Era of The Industrial Revolution 4.0. El-Mashlahah, 12(1), 52–69. https://doi.org/10.23971/elma.v12i1.3910

Ningsih, G., Dayyan, M., & Nurjanah. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi Logam Mulia Di Pegadaian Syariah Langsa Barat. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(2), 87–110. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v3i1.1297

Rahmat, I. (2019). Pawnshops in the Perspective of Islamic Law. Journal AL-’ADALAH, 16(1), 1–16.

Romdhoni, A. H., & Ratnasari, D. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307

Ruhaniah, N., Tanjung, H., & Hakiem, H. (2022). Pengaruh Promosi , Kualitas Pelayanan , dan Implementasi Syariah terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah. Jurnal El- Mal : Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 60–70.

Rusydi. (2017). Customer Excellennce. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Wati, I., & Sudiarti, S. (2020). INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN GENERASI Z DALAM MEMANFAATKAN JASA BANK SYARIAH ( STUDI KASUS DI KEPENGHULUAN BAGAN BHAKTI, KECAMATAN BALAI THE INFLUENCE OF THE HALAL LIFESTYLE AND INFORMATION TECHNOLOGY ON GENERATION Z DECISIONS IN USING ISLAMIC BANKING SE. In Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

www.pegadaian.co.id diakses pada tanggan 3 Mei 2023 Pukul 19.00 WIB

Yamit, Z. (2005). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Ekonomi FE, UII.

Yasin, V., Muhammad, Z., & Nasution, M. K. M. (2018). Filsafat Logika dan Ontologi Ilmu Komputer. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 2(2), 68–75.

Zainuddin, A. (2008). Hukum Gadai Syariah. Jakarta: Sinar Grafika