EFEKTIFITAS KANAL HALAL DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL DI E-COMMERCE
Main Article Content
Abstract
Kebutuhan produk halal bagi konsumen muslim di Indonesia menjadi salah satu potensi pasar tersendiri, terutama bagi para pelaku usaha yang bergerak di platform digital seperti e-commerce. Beberapa e-commerce secara khusus menyediakan kanal halal guna mengakomodir kebutuhan tersebut. Namun, apakah cara tersebut cukup efektif dalam memikat konsumen muslim untuk membeli produk halal di e-commerce? Penelitian ini secara khusus mempelajari pengaruh keberadaan kanal halal terhadap keputusan pembelian konsumen muslim. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi pengaruh faktor lain seperti kesadaran halal, religiusitas, dan harga terhadap keputusan pembelian produk halal di e-commerce. Jenis analisis asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dipilih sebagai metode pada penelitian ini. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keberadaan kanal halal tidak berdampak terhadap keputusan pembelian produk halal. Sedangkan faktor kesadaran halal, religiusitas dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk halal di e-commerce.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Adnir, F. 2020. Halal dan haram menurut perspektif hadis serta pandangan masyarakat terhadap produk halal. SELL Journal. 5(1): 1–74. file:///E:/paper Hk Perbankan syariah/penelitian farid baru.pdf
Alfian, I dan Marpaung, M. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Merk dan Harga terhadap Keputusan di Kota Medan. At-Tawassuth, 2(1), 122–145.
Astogini, D., Wahyudin, & Wulandari, S. Z. (2011). Aspek Religiusitas dalam Keputusan Pembelian Produk Halal. Jeba, 13(1), 1–8.
Astuty, D. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal, Kesadaran Halal, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Purbasari (Studi Kasus Konsumen Wilayah Binjai). Skripsi, 94.
Aulia, A. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk Halal, Religiusitas, dan Halal Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/60067
Dewantoro, M. S. D. (2019). Pengaruh harga, promosi, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen “Mozza Car Wash dan Auto Care’’ di Jalan Kabupaten km 0,3, Yogyakarta). 8(5), 55.
katadata.co.id. (2021). “Jumlah Pengunjung Tokopedia Kalahkan Shopee pada Kuartal I-2021". Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/06/11/Jumlah-Pengunjung-Tokopedia-Kalahkan-Shopee-Pada-Kuartal-I-2021, 2021.
Katadata. (2020). Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia.
Martini, T. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merek Honda Jenis Skutermatic. Jurnal Penelitian, 9(1), 113–132. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i1.854
Maspupah, M. (2019). Pengaruh religiusitas dan label halal terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada produk makanan dan minuman halal dalam kemasan di Desa …. http://etheses.iainpekalongan.ac.id/829/
Mutaalimah, S. (2018). “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Larissa Aesthetic …. http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1122
Nugraha, Z. M. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal, Kesadaran Kesehatan, Dan Harga Terhadap Niat Beli Produk Hni Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. http://repository.unair.ac.id/109503/
Pambudi, B. G. (2018). Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal terhadap Minat Beli Produk Mie Instan (Studi pada Pemuda Muslim Bandarlampung). Skripsi.
Rizqiyyah, F., Studi, P., Syariah, E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2020). Analisis Pengaruh Media Sosial , Gaya Hidup , Dan Harga Terhadap Keputusan Variabel Moderasi.
Rohmatun, K. I., & Dewi, C. K. (2017). Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap. Journal Ecodemica, 1(1), 27–35. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1420
Rosidah, I. (2018). Pengaruh kualitas informasi, religiusitas dan harga terhadap keputusan pembelian produk dalam jual beli online pada mahasiswa jurusan muamalah fakultas syariah iain ponorogo. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
Saputra, N., & Tresnati, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Halal dan Pengetahuan Produk Halal terhadap Keputusan Pembelian pada Wisata Halal di Bali. Prosiding Manajemen, 6(1), 47–49. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/19580/pdf
Saputri, A., Harini, C., & Minarsih, M. M. (2020). the Effect of Product Quality and Price on Purchasing Decisions With Perceptions of Halal Labels As Moderation …. Journal of Management. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/1706
Setyaningsih, E. D., & Marwansyah, S. (2019). The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 65. https://doi.org/10.35448/jiec.v3i1.5515
Sitompul, S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Halal dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 51–64.
Waskito, D. (2015). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Sudi Pada Mahasiswa Muslim di Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta, 1, 1–12.
Widodo, T. (2015). Pengaruh Labelisasi
Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Indomie (Studi Kasus Mahasiswa universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta, 13–14. http://eprints.ums.ac.id/41384/22/skripsi full text.pdf
Widuri, Y. R. (2021). Pengaruh kemasan dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah (studi pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah angkatan 2016 iain batusangkar). Skripsi, 44(8), 1689–1699. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai Mediasi (Studi Pada. E-Journal.Unipma.Ac.Id. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/3984
Windisukma, D. K. (2015). Pengaruh kesadaran halal terhadap sikap dan implikasinya terhadap minat beli ulang. Skripsi.
Wulandari, S. (2021). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie Di Sidoarjo). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 4(1), 21–26. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3006