EFEKTIFITAS KANAL HALAL DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL DI E-COMMERCE

Main Article Content

Ahmad Widyarma
Muhammad Iqbal
Prameswara Samofa Nadya

Abstract

Kebutuhan produk halal bagi konsumen muslim di Indonesia menjadi salah satu potensi pasar tersendiri, terutama bagi para pelaku usaha yang bergerak di platform digital seperti e-commerce. Beberapa e-commerce secara khusus menyediakan kanal halal guna mengakomodir kebutuhan tersebut. Namun, apakah cara tersebut cukup efektif dalam memikat konsumen muslim untuk membeli produk halal di e-commerce? Penelitian ini secara khusus mempelajari pengaruh keberadaan kanal halal terhadap keputusan pembelian konsumen muslim. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi pengaruh faktor lain seperti kesadaran halal, religiusitas, dan harga terhadap keputusan pembelian produk halal di e-commerce. Jenis analisis asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dipilih sebagai metode pada penelitian ini. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keberadaan kanal halal tidak berdampak terhadap keputusan pembelian produk halal. Sedangkan faktor kesadaran halal, religiusitas dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk halal di e-commerce.

Article Details

How to Cite
Widyarma, A., Iqbal, M., & Nadya, P. S. (2023). EFEKTIFITAS KANAL HALAL DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL DI E-COMMERCE. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 227–240. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i2.8502
Section
Articles

References

Adnir, F. 2020. Halal dan haram menurut perspektif hadis serta pandangan masyarakat terhadap produk halal. SELL Journal. 5(1): 1–74. file:///E:/paper Hk Perbankan syariah/penelitian farid baru.pdf

Alfian, I dan Marpaung, M. (2017). Analisis Pengaruh Label Halal, Merk dan Harga terhadap Keputusan di Kota Medan. At-Tawassuth, 2(1), 122–145.

Astogini, D., Wahyudin, & Wulandari, S. Z. (2011). Aspek Religiusitas dalam Keputusan Pembelian Produk Halal. Jeba, 13(1), 1–8.

Astuty, D. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal, Kesadaran Halal, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Purbasari (Studi Kasus Konsumen Wilayah Binjai). Skripsi, 94.

Aulia, A. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk Halal, Religiusitas, dan Halal Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/60067

Dewantoro, M. S. D. (2019). Pengaruh harga, promosi, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen “Mozza Car Wash dan Auto Care’’ di Jalan Kabupaten km 0,3, Yogyakarta). 8(5), 55.

katadata.co.id. (2021). “Jumlah Pengunjung Tokopedia Kalahkan Shopee pada Kuartal I-2021". Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/06/11/Jumlah-Pengunjung-Tokopedia-Kalahkan-Shopee-Pada-Kuartal-I-2021, 2021.

Katadata. (2020). Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia.

Martini, T. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merek Honda Jenis Skutermatic. Jurnal Penelitian, 9(1), 113–132. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i1.854

Maspupah, M. (2019). Pengaruh religiusitas dan label halal terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada produk makanan dan minuman halal dalam kemasan di Desa …. http://etheses.iainpekalongan.ac.id/829/

Mutaalimah, S. (2018). “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Larissa Aesthetic …. http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1122

Nugraha, Z. M. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal, Kesadaran Kesehatan, Dan Harga Terhadap Niat Beli Produk Hni Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. http://repository.unair.ac.id/109503/

Pambudi, B. G. (2018). Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal terhadap Minat Beli Produk Mie Instan (Studi pada Pemuda Muslim Bandarlampung). Skripsi.

Rizqiyyah, F., Studi, P., Syariah, E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2020). Analisis Pengaruh Media Sosial , Gaya Hidup , Dan Harga Terhadap Keputusan Variabel Moderasi.

Rohmatun, K. I., & Dewi, C. K. (2017). Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap. Journal Ecodemica, 1(1), 27–35. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1420

Rosidah, I. (2018). Pengaruh kualitas informasi, religiusitas dan harga terhadap keputusan pembelian produk dalam jual beli online pada mahasiswa jurusan muamalah fakultas syariah iain ponorogo. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Saputra, N., & Tresnati, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Halal dan Pengetahuan Produk Halal terhadap Keputusan Pembelian pada Wisata Halal di Bali. Prosiding Manajemen, 6(1), 47–49. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/19580/pdf

Saputri, A., Harini, C., & Minarsih, M. M. (2020). the Effect of Product Quality and Price on Purchasing Decisions With Perceptions of Halal Labels As Moderation …. Journal of Management. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/1706

Setyaningsih, E. D., & Marwansyah, S. (2019). The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 65. https://doi.org/10.35448/jiec.v3i1.5515

Sitompul, S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Halal dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 51–64.

Waskito, D. (2015). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Sudi Pada Mahasiswa Muslim di Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta, 1, 1–12.

Widodo, T. (2015). Pengaruh Labelisasi

Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Indomie (Studi Kasus Mahasiswa universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta, 13–14. http://eprints.ums.ac.id/41384/22/skripsi full text.pdf

Widuri, Y. R. (2021). Pengaruh kemasan dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah (studi pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah angkatan 2016 iain batusangkar). Skripsi, 44(8), 1689–1699. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai Mediasi (Studi Pada. E-Journal.Unipma.Ac.Id. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/article/view/3984

Windisukma, D. K. (2015). Pengaruh kesadaran halal terhadap sikap dan implikasinya terhadap minat beli ulang. Skripsi.

Wulandari, S. (2021). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie Di Sidoarjo). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 4(1), 21–26. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3006

Most read articles by the same author(s)