PERAN INOVASI PRODUK DAN LAYANAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK NASABAH MENABUNG DI BMT MU'ALLIMIN

Main Article Content

Siti Anisa Firdaus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran inovasi produk dan inovasi layanan dalam meningkatkan daya tarik nasabah menabung di BMT Mu’allimin. Jenis penelitiannya menggunakan deskriptif kuantitatif disertai sistem pengumpulan data kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian seluruh nasabah BMT Mu’allimin dengan sampel penelitian yang ditetapkan melalui rumus slovin sebanyak 128 responden. Teknik analisis data  melalui teknik analisis deskriptif dan dianalisa menggunakan distribusi frekuensi relatif. Hasil penelitian dari judul ini ialah inovasi produk dan inovasi layanan BMT Mu’allimin cukup berperan dalam meningkatkan daya tarik nasabah untuk menabung, terutama inovasi layanan yang dimiliki BMT Mu’allimin yaitu mesin EDC dan SMS Banking.

Article Details

How to Cite
Firdaus, S. A. (2018). PERAN INOVASI PRODUK DAN LAYANAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK NASABAH MENABUNG DI BMT MU’ALLIMIN. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 3(2). https://doi.org/10.30997/jsei.v3i2.807
Section
Articles

References

Abdullah, Ma’ruf. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Ekonomi, Manajemen, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Damayanti, Nurul Farida dan Herianingrum, Sri. Pengaruh Pembiayaan Dana Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Teladan terhadap Kinerja Usaha Mikro di Pasar Semolowaru Surabaya. JESTT, Vol. 1 No. 3. Daud, Anshar. 2016. Pengaruh Inovasi Layanan dan Keunggulan Posisional Pada Kinerja Pemasaran. Jurnal Siasat Bisnis, Vol 20, No. 1. Firdausi, Intan. 2016. Pengaruh Inovasi Produk, Daya Tarik Iklan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe dengan Menu Unik. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Mardikawati, Woro dan Farida, Naili. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan Bus Efisiensi (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 2, Nomor 1. Otoritas Jasa Keuangan. 2015. Statistik Perbankan Indonesia. Diakses dari http://www.bi.go.id/id/statistik/perbankan/indonesia/Documents/SPI%20Agustus%202015.pdf pada tanggal 09 Januari 2017. Otoritas Jasa Keuangan. 2016. Statistik Perbankan Indonesia. Diakses dari http://www.bi.go.id/id/statistik/perbankan/indonesia/Documents/SPI%20Agustus%202015.pdf pada tanggal 19 Maret 2017. Riduwan dan sunarto. 2014. Pengantar Statistika Pendidikan Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta. Setyawan, Dodiet Aditya. 2013. Distribusi Frekuensi. Surakarta: Poltekes Kemenkes Sofiah, Neng Siti. 2016. Pengaruh Nisbah Bagi Hasil, Deposito terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Syarikah Jurnal Ekonomi Islam, Volume 2, Nomor 2. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi : Mixed Methods. Bandung: Alfabeta. Swityastuti, Budi dan Sutrisno, Budi. 2014. Manajemen Unit Produksi Berbasis Inovasi Produk (Studi pada SMK Negeri 7 Purworejo). Varia Pendidikan, Vol. 26, No. 2. Wadah, Rohmatul. 2016. Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 terhadap Kinerja Amilin di BAZNAS. Jurnal Syarikah Jurnal Ekonomi Islam, Volume 2, Nomor 1.