ALTERNATIF SOLUSI ATAS PROBLEMATIKA PEMBIAYAAN MUDHARABAH

Main Article Content

Rafidah Rafidah

Abstract

Bank Islam atau yang di Indonesia terkenal dengan bank Syari’ah, adalah sebuah bank yang didirikan untuk menghindari persoalan bunga uang yang terus menjadi perdebatan berkepanjangan, yang dikhawatirkan mengandung unsur riba. Oleh karena itu setiap aktivitas bank Syari’ah harus menghindari kekhawatiran adanya unsur-unsur riba. Usaha menghindari kekhawatiran ini dilaukan antara lain dengan cara mengganti bunga dengan bagi hasil.

Article Details

How to Cite
Rafidah, R. (2017). ALTERNATIF SOLUSI ATAS PROBLEMATIKA PEMBIAYAAN MUDHARABAH. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 391–402. https://doi.org/10.30997/jsei.v3i1.724
Section
Articles

References

Ardiansyah, Misnen. 2014. “Bayang-Bayang Teori Keagenan dalam Produk Pembiayaan Bank Syariah”, Jurnal Itihad, Vol. 14. No. 2.
Ascarya dan Diana Yumanita. 2000. “Mencari Solusi Rendahnya Pembiayaan Bagi Hasil di Perbankan Syari’ah”, Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan.
Baiq, Irfan Sauqi. 2006. Bank Syariah dan Pengembangan Sektor Riil, Jakarta: Republika.
Biro Perbankan Syariah Bank Indonesia, Kajian Awal Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariahh Di Indonesia, Jakarta.
Burhanudin, Harahap. 2006. “Kedudukan, Fungsi dan Problematika aminan dalam Perjanian Pembiayaan Muḍarabah pada Perbankan Syariah”, Jurnal Yustisia, No. 69.
Eisenhardt, K.M. 1989. “Agency Theory: An Assessment and Review”, Academic of Management Review. Vol. 14, No. 1.
Fatwa Dewan Syari'ah Nasional No: 07/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Pembiayaan Muḍarabah.
Harrison, Paul D. dan Adrian Harrell. 1993. Impact of “Adverse Selection” on Project Evaluation Decisions, Academy of Manajement Journal, Vol.36, No.3, hl. 637
Jensen, M.C., dan W.H. Meckling. 1976. “Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure,” Journal of Financial Economics.
Kettel, Brian. 2008. Introducting to Islamic Banking and Finance, London:NW3 2PT.
Kuncoro, Mudrajat. 2003. Manajemen Perbankan, Yogyakarta: BPFE.
Kurniawati. 2008. “Masalah Keagenan (Agency Problem) Dalam Kontrak Muḍarabah Di Bank Syari’ah”, Tesis Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Dan Keuangan Syari’ah Kajian Timur Tengah Dan Islam Universitas Indonesia.
Maharani, Satia Nur. 2008. “Menyibak Agency Problem Pada Kontrak Muḍarabah Dan Alternatif Solusi”, Jurnal Keuangan dan Perbankan Universitas Negeri Malang, Vol. 12:3.
Muhammad. 2011. Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Muhammad. 2006. Permasalahan Agency dalam Pembiayaan Mudharabah pada Bank Syariah di Indonesia, Disertasi Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Musolin, Muhammad. 2005. Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Musyarakah, Yogyakarta: STEI
Nabawi, Imam. 2012. “Pengaruh Asymetric Information Dan Atribut Proyek Terhadap Agency Contractual Dalam Kontrak Pembiayaan Muḍarabah Pada Bank Syariah Di D.I.Yogyakarta”, Skripsi Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Prasetyo, Pamungkas Aji. 2013. “Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Pembiayaan Bagi Hasil Perbankan Syari’ah (Studi Kasus PT. BRI Syari’ah Kantor Cabang Malang), Jurnal Ilmiah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Brawijaya Malang.
Rahman, Afzalur. 1995. Doktrin Ekonomi Islam, Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf.
Rivai, Veithzal dan Andria Permata Veithzal. 2008. Credit Managemnt Handbook: Konsep, Prosedur dan Aplikasi Panduan Praktis Mahasiswa, Bankir dan Nasabah, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Saeed, Abdullah. 2003. Bank Islam Dan Bunga Bank, Studi Kritis dan Interpretasi Kontemporer tentang Riba dan Bunga, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Siddiqi, Muhammad Nejatullah. 1985. Partnership and Profit Sharing in Islamic Law, Leicester: The Islamic Foundation.
Sundjaja, Ridwan dan Inge Barlian. 2002. Manajemen Keuangan, Jakarta: Litera Lintas Media, 2002.
Tarsidin. 2010. Bagi Hasil: Konsep dan Analisi, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi.
Widodo, Sugeng. 2014. Moda Pembiayaan Lembaga Keuangan Islam Perspektif Aplikatif. Yogyakarta: KAUKAB.
Wiroso. 2011. Produk Perbankan Syariah, Jakarta:LPFE Usakti.
Zharfan, Refaat. 2012. “Optimalisasi Skema Bagi Hasil Sebagai Solusi Permasalahan Principal-Agent Dalam Pembiayaan Muḍarabah Pada PT. Bank BNI Syari’ah Cabang Makassar”, Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar