FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENETAPAN PEMBEBASAN BIAYA PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TKS KINANTAN SURABAYA

Main Article Content

Amin Kurniawan
Achmad Fageh

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan pembebasan biaya pendidikan di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam yang dilakukan terhadap beberapa informan kunci yang terdiri dari Ketua TKS Kinantan, Ketua Yayasan Pendidikan Kinantan Surabaya, dan Pengurus Yayasan Pendidikan Kinantan Surabaya. Teknik analisis data dengan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 faktor yang mempengaruhi penetapan pembebasan biaya pendidikan di masa pandemi yang dilakukan TKS Kinantan Surabaya, yaitu kebermaknaan hidup, kondisi ekonomi masyarakat di masa pandemi, kemampuan ekonomi masyarakat, dan perkembangan jumlah siswa. Dari pertimbangan tersebut di atas diharapkan mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi baik oleh masyarakat maupun lembaga pendidikan selainnya yang mengalami hal yang sama di masa pandemi ini.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A., & Fageh, A. . (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENETAPAN PEMBEBASAN BIAYA PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TKS KINANTAN SURABAYA. JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM, 8(1), 89–97. https://doi.org/10.30997/jsei.v8i1.4634
Section
Articles

References

BPS, “Upah Minimum Regional/Provinsi (UMR/UMP) per bulan (dalam rupiah)” dalam https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/917 diakses pada 15 Januari 2021

Choiron, Ah. (2017). Islam dan Masalah Kemanusiaan Perspektif Pendidikan Pembebasan. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 12(1): 94.

Cresswel, John, W. (2016). Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan Mixed. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Halal, Rizqon, Syah Aji. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Ketrampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. Vol. 7(5): 400.

Putria, Hil. Luthfi Hamdani Maulana, Din Azwar Ustwatun. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4.No. 4. Hlm. 861-872.

Jaka, Setiawan. Riswan, Djaenuddin. & Siti Fatimah. (2015). Pengaruh Biaya Pendidikan dan Fasilitas Pendidikan terhadap Hasil Belajar. Jurnal Profit. Vol. 2(1): 16.

Mastura, & Rustan Santaria. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Vol. 3(2): 293. doi: 10.30605/jsqp.3.2.2020.293.

Miller, Roger LeRoy. (1991) Economics Today 7th ed. Harper Collins Publishers. New York. Hlm. 6.

Nawawi, Ismail, Uha. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Dwi Putra Pustaka Jaya. Jakarta.

Ngadi. (2020). Survei Dampak Darurat Virus Corona terhadap Tenaga Kerja Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dilihat 7 Desember 2020. <http://lipi.go.id/siaranpress/survei-dampak-darurat-virus-corona-terhadap--tenaga-kerja-indonesia/22030>

Rahman, Afzalur. (1995). Doktrin Ekonomi Islam jilid 1. Dana Bhakti Wakaf. Yogyakarta. Hlm. 63.

Rahman, Afzalur. (1995). Doktrin Ekonomi Islam jilid 2. Dana Bhakti Wakaf. Yogyakarta. Hlm. 135.

So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education https://doi.org/10.1016Zj.iheduc.2016.06.001

Wahyu adji, (2004). Ekonomi SMK Untuk Kelas XI. Bandung: Ganeca exacta. Hlm. 3.