FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENETAPAN PEMBEBASAN BIAYA PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TKS KINANTAN SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan pembebasan biaya pendidikan di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam yang dilakukan terhadap beberapa informan kunci yang terdiri dari Ketua TKS Kinantan, Ketua Yayasan Pendidikan Kinantan Surabaya, dan Pengurus Yayasan Pendidikan Kinantan Surabaya. Teknik analisis data dengan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 faktor yang mempengaruhi penetapan pembebasan biaya pendidikan di masa pandemi yang dilakukan TKS Kinantan Surabaya, yaitu kebermaknaan hidup, kondisi ekonomi masyarakat di masa pandemi, kemampuan ekonomi masyarakat, dan perkembangan jumlah siswa. Dari pertimbangan tersebut di atas diharapkan mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi baik oleh masyarakat maupun lembaga pendidikan selainnya yang mengalami hal yang sama di masa pandemi ini.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
BPS, “Upah Minimum Regional/Provinsi (UMR/UMP) per bulan (dalam rupiah)” dalam https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/917 diakses pada 15 Januari 2021
Choiron, Ah. (2017). Islam dan Masalah Kemanusiaan Perspektif Pendidikan Pembebasan. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 12(1): 94.
Cresswel, John, W. (2016). Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan Mixed. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Halal, Rizqon, Syah Aji. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Ketrampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. Vol. 7(5): 400.
Putria, Hil. Luthfi Hamdani Maulana, Din Azwar Ustwatun. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4.No. 4. Hlm. 861-872.
Jaka, Setiawan. Riswan, Djaenuddin. & Siti Fatimah. (2015). Pengaruh Biaya Pendidikan dan Fasilitas Pendidikan terhadap Hasil Belajar. Jurnal Profit. Vol. 2(1): 16.
Mastura, & Rustan Santaria. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Vol. 3(2): 293. doi: 10.30605/jsqp.3.2.2020.293.
Miller, Roger LeRoy. (1991) Economics Today 7th ed. Harper Collins Publishers. New York. Hlm. 6.
Nawawi, Ismail, Uha. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Dwi Putra Pustaka Jaya. Jakarta.
Ngadi. (2020). Survei Dampak Darurat Virus Corona terhadap Tenaga Kerja Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dilihat 7 Desember 2020. <http://lipi.go.id/siaranpress/survei-dampak-darurat-virus-corona-terhadap--tenaga-kerja-indonesia/22030>
Rahman, Afzalur. (1995). Doktrin Ekonomi Islam jilid 1. Dana Bhakti Wakaf. Yogyakarta. Hlm. 63.
Rahman, Afzalur. (1995). Doktrin Ekonomi Islam jilid 2. Dana Bhakti Wakaf. Yogyakarta. Hlm. 135.
So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education https://doi.org/10.1016Zj.iheduc.2016.06.001
Wahyu adji, (2004). Ekonomi SMK Untuk Kelas XI. Bandung: Ganeca exacta. Hlm. 3.