PENGARUH LABEL HALAL, PENDAPATAN, HARGA PRODUK, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HAND BODY LOTION (STUDI PADA MAHASISWI MUSLIM DI KOTA MALANG)

Main Article Content

Cindy Ayu Prasasti
Marlina Ekawaty

Abstract

Di era sekarang ini, konsumen dalam keputusan pembeliannya tidak hanya mempertimbangkan faktor harga, kualitas ataupun merk saja, tetapi juga mulai mempertimbangkan faktor kehalalan produk yang ditunjukkan dengan adanya label halal dalam produk. Namun, meskipun konsumen mulai mempertimbangkan faktor kehalalan produk, masih banyak masyarakat muslim yang belum menyadari pentingnya memperhatikan label halal pada kosmetik. Padahal kosmetik juga sama pentingnya diperhatikan kehalalannya karena menempel di kulit dan akan terbawa saat ibadah, sehingga akan mempengaruhi kualitas ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal, pendapatan, harga produk, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian produk kosmetik, dan produk kosmetik yang dipilih adalah hand body lotion. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor utama yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian produk hand body lotion. Dengan menggunakan metode uji regresi logistik, hasil menunjukkan bahwa label halal, pendapatan, harga produk, dan religiusitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hand body lotion sebesar 71,9%. Sementara secara individual, label halal, pendapatan, dan religiusitas berpengaruh positif signifikan, sedangkan harga produk berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian hand body lotion. Hal ini menunjukkan bahwa label halal, pendapatan, harga produk, dan religiusitas memiliki pengaruh dalam keputusan pembelian hand body lotion berlabel halal oleh mahasiswi muslim di Kota Malang.

Article Details

How to Cite
Prasasti, C. A., & Ekawaty, M. . (2022). PENGARUH LABEL HALAL, PENDAPATAN, HARGA PRODUK, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HAND BODY LOTION (STUDI PADA MAHASISWI MUSLIM DI KOTA MALANG). JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM, 8(1), 140–155. https://doi.org/10.30997/jsei.v8i1.4437
Section
Articles

References

Adiba, E. M., & Wulandari, D. A. (2018). Pengaruh halal knowledge, islamic religiosity, dan attitude terhadap behavior konsumen Muslim generasi Y pengguna kosmetik halal di Surabaya. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia. Vol.1(3): 357-369.

Ancok, J. & Suroso, F. A. (2001). Psikologi Islam : Solusi Islam Atas Problema-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arianti, B. F. (2018). The Influence of Financial Literacy, Financial Behaviour and Income on Investment Decision. Economic Accounting Journal, Vol. 1(1): 1-10.

Aspan, H., dkk. (2017). The Effect of Halal Label, Halal Awareness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing Decision on Cosmetic Products. International Journal of Global Sustainability. Vol. 1(1): 55-66

BPOM RI. (2015). Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI Nomor 18 tahun 2015 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika. Jakarta.

Chaudry, M. S. (2012). Sistem Ekonomi Islam Prinsip Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dharmmesta, B., & Handoko, T. (2008). Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Ernawati, T. (2015). Pengaruh Label Halal dan Tingkat Harga terhadap Keputusan Menggunakan Produk Kosmetik (Studi Kasus: Mahasiswi Universitas Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta). Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (5 ed.). Semarang: Badan Penerbit Diponegoro.

Hidayati, N., & Yuliandani, L. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek Dan Label Halal terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah. JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi), Vol. 12(1): 65-76.

Hoetoro, A. (2018). Ekonomi Mikro Islam Pendekatan Integratif. Malang: UB Press.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2004). Dasar-dasar pemasaran (9 ed., Vol. 1). Jakarta: PT Indeks

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (12 ed., Vol. 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Kurniasari, I. (2017). Pengaruh Country Image dan Beauty Vlogger Review terhadap Purchase Intention Konsumen Kosmetik Korea. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Madjid, N. (1992). Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, dan Kemodernan. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina.

Maharani, N. K., & Silvia, A. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan dan Religiusitas terhadap Niat Pembelian Produk Kosmetik Halal. AL-URBAN: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, Vol. 3(1), 81-94.

Mahendra, M. M., & Ardani, I. G. A. K. S. (2013). Pengaruh Umur, Pendidikan dan Pendapatan Terhadap Niat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik The Body Shop di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen. Vol. 4(2): 442-456

Mansyuroh, F. A. (2020). Pengaruh Persepsi dan Religiusitas terhadap Pembelian Skin Care Tanpa Label Halal pada Muslim Generasi Z Di Banjarmasin. Proceeding Antasari International Conference, Vol. 1(1): 25-54.

Muhyiddin, N. T., Tarmizi, M. I., & Yulianita, A. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi & Sosial Teori, Konsep, dan Rencana Proposal. Jakarta: Salemba Empat.

Poerbosunyoto, H. H. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Pendapatan, dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik Halal (Studi pada Wilayah Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Vol. 8(2): 2-11

Prastiwi, Y. N. (2018). Pengaruh Label Halal dan Citra Merek terhadap Perilaku Pembelian Kosmetik Sariayu dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Sahir, S. H., Ramadhani, A., & Tarigan, E. D. S. (2016). Pengaruh gaya hidup, label halal dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi universitas medan area medan. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN). Vol.3(1): 1-15

Simamora, H. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Stanton, W. J. (2001). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, S. (2013). Mikroekonomi Teori Pengantar (3rd ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widyaningrum, P. W. (2016). Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wardah di Ponorogo. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol. 6(2), 83-98