PENURUNAN DAYA BELI VS PANIC BUYING DI TENGAH PANDEMI COVID-19. BAGAIMANA TINJAUAN SYARIAHNYA?
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumsi masyarakat di saat mengahadapi pandemi covid-19. Data menunjukkan bahwa pandemi ini berdampak sistemik tak terkecuali di bidang ekonomi. Di satu sisi sebagian masyarakat mengalami penurunan daya beli karena menurunannya penghasilan dan PHK, di sisi lain terjadi panic buying. Panic buying dan pile up terjadi selama pandemi covid-19, tak terkecuali di Indonesia. Panic buying dan pile up dilakukan dengan berbagai alasan, yg secara umum adalah untuk proteksi diri dari penularan virus covid-19. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif analitis, dengan mempelajari perilaku (behavioral analitic) masyarakat dalam mengkonsumsi pada masa pandemi. Kemudian mengulas tinjauan secara syariah.
Kata kunci: perilaku konsumen, panic buying, pandemi covid-19
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Hall, Michael C. dkk. 2020. Beyond Panic buying: Consumption Displacement and COVID-19. Journal of Service Management Vol. 32 No. 1, 2021 pp. 113-128
https://covid19.who.int/. Online. Diakses 18 Agustus 2020.
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200610141546-4-164394/siap-siap-ekonomi-ri-diramal-minus-4-di-kuartal-ii-2020. Online. Diakses 30 Agustus 2020.
https://www.kompasiana.com/julidanleo/5efb11a6d541df6f1d479ad5/perilaku-cerdas-satu-satunya-yang-boleh-kita-tularkan-saat-ini?page=all. Online. Diakses 07 September 2020.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran. New Jersey: Prentice Hall
Peter dan Olson. Perilaku dan Strategi Pemasaran. D. Sihombing (Penterjemah). Consumen Behaviour. Jakarta: Gelora Pertama. 1996.
Prentice, Chaterine dkk. Timed intervention in COVID-19 and panic buying. Journal of Retailing and Consumer Services 57 (2020) 102203., 1.
Priansa, Donni. 2016. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Penerbit Alfabeta
Shadiqi, M.A., dkk. 2020. Panic buying pada pandemi COVID-19: Telaah literatur dari perspektif psikologi. Jurnal Psikologi Sosial. Special Edition COVID-19 Vol. 18
Su, Xuanming. 2010. Intertemporal Pricing with Strategic Customer Behavior. Journal. MANAGEMENT SCIENCE Vol. 53, No. 5, May 2007, pp. 726–74.
Worldmeter.info. Online. Diakses 18 Agustus 2020.
www.covid-19.go.id. Online. Diakses 18 Agustus 2020.
Yuniarti. 2015. Perilaku Konsumen: Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.
Zheng, dkk. Supply Disruption Management Under Consumer Panic buying and Social Learning Effects. Jurnal. Omega. 2020,1.