PENURUNAN DAYA BELI VS PANIC BUYING DI TENGAH PANDEMI COVID-19. BAGAIMANA TINJAUAN SYARIAHNYA?

Main Article Content

Khusnul Fikriyah
http://orcid.org/0000-0001-9528-2714

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumsi masyarakat di saat mengahadapi pandemi covid-19. Data menunjukkan bahwa pandemi ini berdampak sistemik tak terkecuali di bidang ekonomi. Di satu sisi sebagian masyarakat mengalami penurunan daya beli karena menurunannya penghasilan dan PHK, di sisi lain terjadi panic buying. Panic buying dan pile up terjadi selama pandemi covid-19, tak terkecuali di Indonesia. Panic buying dan pile up dilakukan dengan berbagai alasan, yg secara umum adalah untuk proteksi diri dari penularan virus covid-19. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif analitis, dengan mempelajari perilaku (behavioral analitic) masyarakat dalam mengkonsumsi pada masa pandemi. Kemudian mengulas tinjauan secara syariah.

Kata kunci: perilaku konsumen, panic buying, pandemi covid-19

Article Details

How to Cite
Fikriyah, K. (2021). PENURUNAN DAYA BELI VS PANIC BUYING DI TENGAH PANDEMI COVID-19. BAGAIMANA TINJAUAN SYARIAHNYA?. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.30997/jsei.v7i1.4151
Section
Articles

References

Al-Quran. Kenentrian Agama. https://quran.kemenag.go.id/ Online. Diakses 12 Agustus 2020.
Hall, Michael C. dkk. 2020. Beyond Panic buying: Consumption Displacement and COVID-19. Journal of Service Management Vol. 32 No. 1, 2021 pp. 113-128
https://covid19.who.int/. Online. Diakses 18 Agustus 2020.
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200610141546-4-164394/siap-siap-ekonomi-ri-diramal-minus-4-di-kuartal-ii-2020. Online. Diakses 30 Agustus 2020.
https://www.kompasiana.com/julidanleo/5efb11a6d541df6f1d479ad5/perilaku-cerdas-satu-satunya-yang-boleh-kita-tularkan-saat-ini?page=all. Online. Diakses 07 September 2020.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran. New Jersey: Prentice Hall
Peter dan Olson. Perilaku dan Strategi Pemasaran. D. Sihombing (Penterjemah). Consumen Behaviour. Jakarta: Gelora Pertama. 1996.
Prentice, Chaterine dkk. Timed intervention in COVID-19 and panic buying. Journal of Retailing and Consumer Services 57 (2020) 102203., 1.
Priansa, Donni. 2016. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Penerbit Alfabeta
Shadiqi, M.A., dkk. 2020. Panic buying pada pandemi COVID-19: Telaah literatur dari perspektif psikologi. Jurnal Psikologi Sosial. Special Edition COVID-19 Vol. 18
Su, Xuanming. 2010. Intertemporal Pricing with Strategic Customer Behavior. Journal. MANAGEMENT SCIENCE Vol. 53, No. 5, May 2007, pp. 726–74.
Worldmeter.info. Online. Diakses 18 Agustus 2020.
www.covid-19.go.id. Online. Diakses 18 Agustus 2020.
Yuniarti. 2015. Perilaku Konsumen: Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.
Zheng, dkk. Supply Disruption Management Under Consumer Panic buying and Social Learning Effects. Jurnal. Omega. 2020,1.