KOLABORASI FINTECH PERBANKAN DAN IMPLIKASI PADA UMKM HALAL DI INDONESIA

Authors

  • Novi Primita Sari Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsei.v8i1.4087

Keywords:

Bank, Fintech, Industri Halal, UMKM, SWOT

Abstract

Keberadaan layanan fintech membuka peluang dan akses yang lebih besar pada layanan keuangan formal, sehingga hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi serta pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurai bentuk kolaborasi yang dapat dilakukan dengan keberadaan Fintech pada UMKM dengan menggunakan analisis SWOT dan bantuan aplikasi N-Vivo khususnya UMKM Halal agar dapat diambil strategi lebih lanjut guna optimalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak sekali peluang yang bisa dimanfaatkan guna memberikan keberlanjutan dan pengembangan sektor UMKM, diantaranya adalah kemudahan akses layanan keuangan dari segi pembiayaan dan pencarian serta penentuan supplier produk halal bagi mereka sehingga memberikan dampak yang besar bagi keberlanjutan UMKM. Sedangkan hal yang masih harus diperhatikan dalam penggunaan fintech adalah kemungkinan pencurian data dan kebijakan-kebijakan pemerintah untuk melindungi keamanan para pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi teknologi keuangan digital (fintech).

Author Biography

Novi Primita Sari, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Studi Ekonomi Pembangunan lt 4 GKB II Kampus III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhamamdiyah Malang

References

Adhitya, I., Chrismastianto, W., Pendidikan, F. I., Pelita, U., & Tangerang, H. (2017). Analisis swot implementasi teknologi finansial terhadap kualitas layanan perbankan di indonesia. 20(1), 133–144.

Dalimunthe, Muhammad Irzan Fikri. (2019). Implementasi Fintech terhadap UMKM di Kota Medan dengan Analisis SWOT. Ekonomi, Fakultas Bisnis, D A N Negeri, Universitas Islam Utara, Sumatera.

Farraz, I. Al. (2019). Studi Dampak Fintech P2P Lending terhadap Perekonomian Nasional. 1–13. https://indef.or.id/research/download/74+&cd=2&hl=en&ct=clnk&gl=id

Ghazali, N. H., & Yasuoka, T. (2018). Awareness and Perception Analysis of Small Medium Enterprise and Start-up Towards FinTech Instruments : Crowdfunding and Peer-to-Peer Lending in Awareness and Perception Analysis of Small Medium Enterprise and Start-up Towards FinTech Instruments : Crowdf. March. https://doi.org/10.11648/j.ijfbr.20180401.12

Kolis, N. (2018). Perbankan Dalam Era Baru Digital. Economicus, 9(1), 80–88.

Muslim, M. (2019). Millenial Muslim in The Era Of Revolution 4.0.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2019). Perusahaan Fintech Lending Berizin dan Terdaftar di OJK.

Purnama, I. K. E., Ariastita, P. G. A., Handayeni, K. D. M. E., & Nugroho, S. M. S. (2019). Penerapan E-Commerce Untuk Penguatan UMKM Berbasis Konsep One Village One Product di Kabupaten Karangasem. Sewagati, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.12962/j26139960.v2i2.4612

Qomaro, G. W., Hammam, H., & Nasik, K. (2019). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Pangan dalam Meningkatkan Perekonomian Lokal Melalui Pendampingan Sertifikasi Halal di Kecamatan Tragah Bangkalan. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 5(2), 137–142. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v5i2.6116

Rizal Muhammad, Maulina erna, K. nenden. (2018). Fintech As One of The Financing Solutions For SMEs. 3(2), 89–100.

Roseline Nyakerario Misati, Kamau anne, Kipyegon Leonard, W. L. (2015). Is the Revolution of Fintech/Digital Financial Services Complementary To Bank Performance in Kenya. Financial Times, 1–29.

Taufiq, T. (2016). ETIKA PERDAGANGAN DALAM AL- QUR’AN Oleh: Taufiq (Dosen IAIN Lhokseumawe). Al-Muamalat Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, III(1), 112–124.

Vicar, M. L. A. Mac, & Program, O. (2018). Fintech As One Of The Financing Solutions For SMEs. 74(4), 55–61

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Sari, N. P. (2022). KOLABORASI FINTECH PERBANKAN DAN IMPLIKASI PADA UMKM HALAL DI INDONESIA. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/jsei.v8i1.4087
Abstract viewed = 180 times