PENGARUH PDB, INFLASI, FAR, DAN BOPO TERHADAP TINGKAT NPF PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2016-2019

Main Article Content

Prio Bagus Laksono

Abstract

Abstrak

Bank adalah suatu lembaga keuangan yang berfungsi sebagai lembaga intermediasi antara surplus spending unit dan deficit spending unit. Hal ini tentu menjadikan bank menghadapi risiko dalam kegiatan operasional bank yang dilakukan antara lain NPF. Dua faktor eksternal bank syariah antara lain, yaitu PDB dan Inflasi. Risiko internal berdasarkan kinerja keuangan antara lain, yaitu FAR dan BOPO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan melakukan analisis empiris dalam penelitian menggunakan data time series dan cross section triwulanan Bank Umum Syariah, dimulai dari Januari 2016 sampai Desember 2019. Sumber data yang digunakan berasal dari publikasi Laporan BPS, Laporan Publikasi Perbankan Syariah, dan SPS OJK. Model yang digunakan sebagai alat analisis adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa PDB dan FAR tidak berpengaruh terhadap NPF, Inflasi dan BOPO berpengaruh terhadap NPF dan semua variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap NPF. Berdasarkan hasil tersebut, Bank Umum Syariah diharapkan melakukan kebijakan preventif dan korektif. Kebijakan tersebut dapat dilaksanakan dengan cara menganalisis setiap pengajuan pembiayaan secara ketat, menerapkan peringatan dan punishment bagi debitur yang wanprestasi, mengupayakan penyelamatan pembiayaan, pengelolaan yang baik dari sisi likuiditas, dan efisiensi operasional.

Article Details

How to Cite
Laksono, P. B. (2021). PENGARUH PDB, INFLASI, FAR, DAN BOPO TERHADAP TINGKAT NPF PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2016-2019. JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM, 7(1), 11–17. https://doi.org/10.30997/jsei.v7i1.4047
Section
Articles
Author Biography

Prio Bagus Laksono, Politeknik Negeri Jakarta

Sarjana Akuntansi Terapan dengan fokus Program Studi Perbankan dan Keuangan Syariah Politeknik Negeri Jakarta dengan IPK 3,46. Saya memiliki beberapa sertifikat kompetensi yaitu Manajemen Risiko Bank Syariah, Akuntansi MYOB, TOEIC, dan Kompetensi Akuntansi.

References

Akbar, Dinnul Alfian. (2016). Inflasi, Gross Domesctic Product (GDP), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Finance To Deposit Ratio (FDR) Terhadap Non Performing Financing (NPF) Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. I-Economic. Vol. 2 No.2.

Basuki, Agus Tri and Prawoto. 2016. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis : Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS. Depok : PT Rajagrafindo Persada

Firmansari, Daisy dan Noven Suprayogi. (2015). Pengaruh Variabel Makroekonomi Dan Variabel Spesifik Bank Terhadap Non Performing Financing Pada Bank Umum Syariah Dan Unit Usaha Syariah Di Indonesia Periode 2003-2014. JESTT. Vol. 2 No. 6.

Indrajaya. (2019). Determinan Non-Performing Financing Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 5 No. 1.

Jusmansyah, Muhamad dan Agus Sriyanto. (2013). Analisis Pengaruh CAR, BOPO Dan ROA Terhadap Non Performance Loan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 2 No. 1.

Karim, Adiwarman. 2013. Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lidyah, Rika. (2016). Dampak Inflasi, BI Rate, Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Non Performing Financing (NPF) Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. J-Finance. Vol. 2 No. 1.

Mutamimah dan Chasanah, Siti Nur Zaidah Chasana. (2012). Analisis Eksternal Dalam Menentukan Non Performing Financing Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 19 No. 1.

Poetry, Zakiyah Dwi dan Y. D. Sanrego. (2011). Pengaruh Variabel Makro Dan Mikro Terhadap NPL Perbankan Konvensional Dan NPF Perbankan Syariah. TAZKIA. Vol. 6 No. 2.

Pradana, M.N.R.. (2018). Pengaruh Likuiditas dan Variabel Eksternal Terhadap Non Performing Financing Pada Bank Syariah. EKSIS. Vol. 13 No. 2.

Rianto, M.N., & Yuke, R. 2018. Manajemen Risiko Perbankan Syariah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Vanni, Kartika Marella dan Wahibur Rokhman. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Performing Financing Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Tahun 2011-2016. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah. Vol. 5 No. 2

Wibowo, S.A. dan Wahyu Saputra. (2017). Pengaruh Variabel Makro Dan Mikro Ekonomi Terhadap Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Akuntansi. Vol. 2 No. 1.

Yusuf, Muhammad. (2017). Dampak Indikator Rasio Keuangan Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Keuangan Dan Perbankan. Vol. 13 No. 2