EVALUASI KERJASAMA DALAM PERSPEKTIF SYARIAH: KASUS PERHUTANI DESA KEBONDALEM KECAMATAN BEJEN KABUPATEN TEMANGGUNG

Main Article Content

Yasri Martatatina
Purbayu Budi Santosa

Abstract

Permintaan kopi yang semakin meningkat akhir-akhir ini namun ketersediaan bahan baku belum tercukupi, maka pemerintah bekerjasama dengan pihak Perhutani yaitu Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan sistem bagi hasil mukhabarah, menganalisis secara parsial dan simultan pengaruh luas lahan, umur, pendidikan, pengalaman dan jenis kelamin terhadap pendapatan petani penggarap kopi Perhutani di Desa Kebondalem. Sempel dalam penelitian ini sebanyak 93 responden dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa sistem bagi hasil yang dilakukan antara masyarakat desa hutan dan Perhutani mempunyai kesamaan dengan sistem mukhabarah. Secara parsial luas lahan dan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani penggarap kopi. Sedangkan umur, pengalaman dan jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani penggarap kopi. Secara simultan luas lahan, umur, pendidikan, pengalaman dan jenis kelamin berpengaruh terhadap pendapatan petani penggarap kopi Perhutani di Desa Kebondalem Kecamatan Bejen Kabupeten Temanggung.

Article Details

How to Cite
Martatatina, Y., & Santosa, P. B. (2021). EVALUASI KERJASAMA DALAM PERSPEKTIF SYARIAH: KASUS PERHUTANI DESA KEBONDALEM KECAMATAN BEJEN KABUPATEN TEMANGGUNG. urnal yarikah urnal konomi slam, 7(1), 58–67. https://doi.org/10.30997/jsei.v7i1.3495
Section
Articles

References

Duwila, U. 2015. Pengaruh Produksi Padi Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru. Jurnal Ekonomi. Vol. IX, No. 2, h. 150.

Ghazaly, A. R. 2010. Fiqh Muamalah. Jakarta: Kencana.

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariante dengan Program IBM SPSS 23. 7 ed. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hendi Suhendi. 2016. Fiqh Muamalah. Jakarta: Raja Wali Pers.
Karmini. 2018. Ekonomi Produksi Pertanian. Samarinda: Mulawarman University Press.

Miller, Roger Le Roy, Meiners, R. E. 2000. Teori Ekonomi Intennediate. Terjemahan Hans Munandar, ed. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Perindustrian, K. 2017. Peluang Usaha IKM kopi. Jakarta.:
Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Supranto. 2001. Ekonometrika. Jakarta: BPFE-UI.