PERANAN BAITUL MAAL WA TAMWIL MENINGKATKAN USAHA MIKRO MELALUI PEMBIAYAAN MUDHARABAH

Renata Agung Prasetya, Sri Herianingrum

Abstract

Perusahaan mikro adalah salah satu pilar ekonomi terbesar bagi Indonesia, masalah modal menjadi ancaman terbesar bagi setiap pengusaha mikro yang ingin mengembangkan bisnis mereka lebih lanjut. Baitul Maal wa Tamwil dapat menjadi solusi alternatif bagi pengusaha mikro yang membutuhkan beberapa bantuan modal yang bebas dari riba, agunan, dan mudah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai intinya. Deskriptif naratif digunakan untuk menjelaskan peran Baitul Maal wat Tamwil dalam peningkatan usaha mikro yang berbasis pada pengembangan di aset bisnis, pendapatan bisnis, laba usaha, dan stabilitas bisnis melalui sistem keuangan mudharabah. Representasi dan waktu adalah dua indikator yang digunakan untuk memilih 10 responden kunci, dari orang-orang yang telah menggunakan produk Mudharabah Mikro di BMT Asy-Syifa, Sidoarjo. Hasil penelitian menemukan bahwa BMT memiliki peran penting untuk meningkatkan usaha mikro dari pelanggan.
Keyword: Perusahaan Mikro. Mudharabah, Baitul Maal Wa Tamwil, Peningkatan Bisnis

Full Text:

PDF

References

Bungin, M. Burhan. 2005. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chaniago, Arifinal dkk. 1995. Ekonomi 2. Bandung: Angkasa

Diola, Alfa. 2011. Peran BMT dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota pada BMT-UGT Sidogiri Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga Surabaya.

Falihah, Ety Ihda. 2007. Peran Baitul Maal Wat Tamwil dalam Upaya Pemberdayaan Usaha Mikro pada BMT-MMU kraton Sidogiri Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Islam Malang.

Hidayat, Mohamad. 2010. An Introduction to the Sharia Economic. Jakarta: Zikrul Hakim.

Huda, Nurul & Mohamad Heykal. 2010. Lembaga Keuangan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana

Ikatan Akuntan Indonesia. 2002. PSAK No.59 Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Karim, Adiwarman. 2011. Bank Islam, Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khaeli, Dhita Normaliza. 2012. Peran Pembiayaan dalam Peningkatan Kemampuan Konsumsi Anggota Baitut Tamwil Muhammadiyah di Kabupaten Jombang. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga Surabaya.

Moleong, Lexy.J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad. 2000. Lembaga-Lembaga Keuangan Umat Kontemporer. Yogyakarta: UII Press

Munawir. 2010. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty

Nazir, Muhammad. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahmi, Nadia Puspa. 2011. Peran Pembiayaan Mudharabah dan Murabahah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil pada BMT Nurul Jannah Gresik. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Airlangga, Surabaya.

Sholihin, Ahmad Ifham. 2010. Buku Pintar Ekonomi Syariah. Jakarta: Gramedia.

Suhendri. 2011. Manajemen Qardhul Hasan dalam Pembiayaan Usaha Kecil Menengah di BAZ Kota Depok. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri, Jakarta.

Syafi’i, Muhammad Antonio. 2009. Bank Syariah, Dari Teori ke Praktek. Depok: Gema Insani.

Yin, Robert K. 2012. Studi Kasus, Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.