STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA HALAL KOTA BOGOR DENGAN MENGOPTIMALKAN INDUSTRI KREATIF
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi wisata halal yang ada di kota Bogor, dan mencari strategi pengembangan industri kreatif yang bisa digunakan dalam pengembangan wisata halal di kota Bogor terutama di kawasan Bangbarung. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan tehnik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan kawasan Bangbarung siap menjadi kawasan wisata halal di Bogor. Kawasan Bangbarung didukung dengan beberapa industri kreatif seperti kuliner, fesyen dan spa yang sudah mengikuti persyaratan pariwisata Halal seperti ketersediaan Logo atau sertifikasi Halal, ketersediaan ruang sholat dan wudhu, toilet yang bersih, pakaian pelayan yang sesuai Strategi untuk pengembangan produk di daerah Bangbarung masuk ke dalam kesadaran untuk menjaga dan mempertahankan. Meskipun daerah Bangbarung siap menjadi tujuan wisata halal di Bogor tetapi masih membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah untuk sertifikasi halal karena masih ada restoran dan tempat makan di daerah itu yang tidak memiliki sertifikasi halal atau logo dan membuat paket wisata halal untuk menambah jumlah wisatawan muslim ke daerah Bangbarung. Peran masyarakat juga penting untuk menjaga dan mempertahankan pengembangan pariwisata halal di daerah Bangbarung.
Kata Kunci: Wisata Halal, Bogor, Industri Kreatif
Article Details
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Butler, R. W. 1980. The concept of a tourist area cycle of evolution: Implications for management of resources. The Canadian Geographer, 24(1), 5–12.
Cooper, D.R.& Schindler, P.S. (2000). Business Research Methods. 7 th edition. New York: MacGraw-Hill/Irwin
Crescent Rating. 2017. Global Moslem Travel Index 2017. Diunduh dari : https://www.crescentrating.com/reports/global-muslim-travel-index-2017.html
Crescent Rating. 2019. Global Moslem Travel Index 2019. Diunduh dari : https://www.crescentrating.com/reports/global-muslim-travel-index-2019.html
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor. 2018. Data Kepariwisataan Kota Bogor.
Hariani, Dina. 2017. Pengaruh Ketersedian Fasilitas Moslem Friendly Terhadap Minat Kunjungan Kembali Wisatawan Moslem Indonesia Ke Jepang. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
Howkins, John. 2001. The Creative Economy How People Make Money from Ideas. Penguin Grup (USA) Incorporated.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2012. Rencana Strategis 2012 - 2014 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Diunduh dari : http://www.kemenpar.go.id/post/rencana-strategis-2012-2014-kementerian-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif
Marlina, Leni. 2017. Industri Kreatif dalam Menopang Pariwisata Syariah. Diunduh dari : http://www.jabarpos.id/industri-kreatif-dalam-menopang-pariwisata-syariah/
Ridwan. 2012. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: PT. Soft Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swarbrooke, John. 2012. The Development and Management of Visitor Atrraction. 2nd Ed. Butterworth-Heinemann.
Takayuki Mori. The present condition and the subject of Halal in Japan, In comparison with Malaysia. Diunduh dari :http://www.cai.ku.ac.th/Paper-ARD/paper34.pdf.