FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MENYALURKAN DONASI MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING BERBASIS ONLINE

Main Article Content

Imam Abdul Aziz
Nurwahidin Nurwahidin
Irwan Ch

Abstract

Penggalangan donasi berbasis online dengan sistem crowdfunding lebih mampu menarik perhatian masyarakat karena cangkupannya yang luas dan dinilai lebih mudah digunakan untuk menggalang dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam menyalurkan donasi secara online. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji faktor-faktor tersebut berupa deskriptif kuantitatif dengan Structural Equation Modelling (SEM). Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian bahwa faktor religiusitas, efektifitas kampanye dan inovasi platform berpengaruh positif sedangkan faktor jiwa sosial masyarakat berpengaruh negatif. Secara keseluruhan, semua faktor cukup signifikan dalam mempengaruhi masyarakat untuk berdonasi melalui crowdfunding berbasis online. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor jiwa sosial masyarakat berpengaruh negatif karena masyarakat berpendapat bahwa jika seseorang memiliki jiwa sosial tinggi, maka lebih cenderung memilih untuk menyalurkan bantuan atau berdonasi secara langsung dan tanpa menggunakan sistem online.

Article Details

How to Cite
Aziz, I. A., Nurwahidin, N., & Ch, I. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MENYALURKAN DONASI MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING BERBASIS ONLINE. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 5(1). https://doi.org/10.30997/jsei.v5i1.1835
Section
Articles

References

Andriansyah, Miftah, Teddy Oswari, Budi Prijanto. (2009). Crowdsourcing: Konsep Sumber Daya Kerumunan dalam Abad Partisipasi Komunitas Internet. Jurnal Politeknik Telkom Bandung
Aprilia, Lady. Wibowo S. Sigit . (2017). The impact of social capital on crowdfunding performance. The South East Asian Journal of Management.
Berglin, Henrik, Strandberg, C. (2013). Leveraging Customers As Investors: The Driving Forces Behind Crowdfunding. Tesis tidak dipublikasikan: Uppsala University, Swedia.
Bram, Yudi Farola. 2005 . Analisis Efektivitas Iklan sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Perusahaan Percetakan dan Penerbitan PT. Rambang dengan Menggunakan Metode EPIC Model. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya Vol 3 No. 6 ( hal 1-23).
Boeuf, Benjamin., Darveau, Jessica., and Legoux, Renaud. (2014). Crowdfunding as a New Approach for Theatre Projects. International Journal of Arts Management.
Effendi, Ratna Mufidha. (2008). Hubungan Religiusitas Dengan Perilaku Agresi Remaja Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri Batu (Skripsi Sarjana). Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri, Malang.
Fauzia, Nurul. (2017). Internet Sebagai Media Fundarising. Skripsi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen : Metode Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi ke-4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gleasure, R., Feller, J. (2016). Emerging technologies and the democratisation of financial services: A metatriangulation of crowdfunding research. Information and Organization.
Gobble, M. A. M. (2012). Everyone is a venture capitalist: the new age of crowdfunding. Research technology management
Hemer, Joachim. (2011). A Snapshot on Crowdfunding. Karlsruhe, Jerman: Working Papers Firms and Region, Fraunhover Institute for System and Innovation Research ISI
Hermawan, A. d. (2013). E-Bussines & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.
Indriantoro, N. S. (1999). Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Jugiyanto, Hartono. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. Yogyakarta: Penerbit BPFE
Koren, G. (2010, October 12). A History of Crowdfunding. Retrieved from Crowdsourcing and Crowdfunding - The Industry
Lambert, T. dan A. Schwienbacher. (2010). An Empirical Analysis of Crowdfunding, diakses dari http://ssrn.com/abstract=1578175.
Mustafa dan Usman H (2007). Proses Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Ordanini, A. (2009), “Crowd funding: customers as investors”, The Wall Street Journal.
Ordanini, A., Miceli, L., Pizzetti, M., & Parasuraman, A. (2011). Crowd-funding: Transforming customers into investors through innovative service platforms. Journal of Service Management.
Parasuraman, A. dan G. M. Zinkhan. (2002). Marketing to and serving customers through the Internet: An overview and research agenda. Journal of The Academy of Marketing Science.
Rahayu, C. C. (2013). Penggalangan Dana Model Crowdfunding di Indonesia. Depok: Universitas Indonesia.
Rangkuti, F. (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ratna, N. K. (2011). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strkturalisme Hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ries, Eric. (2011). The Lean Startup: How Today's Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses. New York, USA: Fletcher & Company
Ries, Eric. (2013). The Lean Startup. Yogyakarta: Bentang.
Rizky, M.F. & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi dna Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Binsis, Vol. 14(2), hal. 135-143.
Santoso, Singgih. (2014). Statistik Multivariat Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sarwono, Jonathan. (2012). Metode Riset Online: Teori, Praktek dan pembuatan Aplikasi Menggunakan HTML, PHP dan CSS. Jakarta: Elex Media Komputindo
Sitanggang, March Hot Asi. (2017). Memahami Mekanisme Crowdfunding Dan Motivasi Berpartisipasi Dalam Platform Kitabisa.com. Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro
Sri, Yunita dkk. (2012). Religiusitas Pada Hijabbers Community Bandung. Prosiding Seminar Nasional Penelitian PKM: Sosial Ekonomi dan Humaniora
Sugiyono., P. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Cetakan ke-22 . Bandung: CV Alfa Beta.
Sunarti. (2003). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Perumahan secara kelompok. Jurnal Tata Loka.
Suryawan, A. (2004). Studi partisipasi Masyarakat dalam Pelestarian dan Pengembangan Kawasn Alun-alun Surakarta. Skripsi Pendidikan Program Sarjana Jurusan teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, 37.
Sunyoto, D., dan Setiawan, A. (2013). Statistika Kesehatan : Paramatrik, Non paramatik, Validitas, dan Reliabilitas. Yogyakarta: Nuha medika.
Thomas W Zimmerer, Norman M Scarborough. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta. Salemba Empat.
Tridanatna, Nia Utami. Vina Gerogina dan Yen Sun. (2014). Evaluasi Good Corporate Governance Atas Kebutuhan Donatur Pada Penerapan Crowdfunding Di Indonesia: Studi Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Efekrumahkaca.Net, Patungan.Net, Dan Wujudkan.Com. Jurnal ComTech Vol. 5 No. 1 Juni (2014)
Wheat, R.E., Wang, Y., Byrnes, J.E, Ranganathan, J. (2013) 'Raising money for sctientific research through Crowdfunding, Trends in Ecology & Evolution, Vol. 28, No. 2
Wicks, Mike. (2013). Crowdfunding - An Introductuon. Victoria: Blue Beetle Books.
Widarjono, Agus. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Edisi pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Widiyanto, I. (2008). Pointers: Metodologi Penelitian. Semarang: PB Undip.
Wijayanto. (2008). Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8 : Konsep & Tutorial. Jakarta. Graha Ilmu.
Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al Imam Abu Zakaria. (1999). Terjemahan Riyadhus Shalihin. Jakarta: Pustaka Amani.
Yaqin, Mohammad Ainol Tijaniyah. (2017). Sinergitas E-Crowdfunding Dengan E-Commerce Dalam Membantu Pendanaan Sosial Berbasis Web Bootstrap. Prosiding SNATIF ke-4
Young, T. E. 2012. The Everything Guide to Crowdfunding: Learn how to use social media for small-business funding. Adams Media