KINERJA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SANTRI (STUDI PONDOK PESANTREN SALARY ABDUSSALAM)

Main Article Content

Hasanatul Ahwal
Adi Rahmannur Ibnu

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui secara lebih mendalam terkait kinerja BMT Barokah Abdussalam yang turut andil dalam mendukung kesejahteraan santri ditinjau dari layanan dan pemanfaatan produk serta desain produk pada BMT. Sampel yang digunakan ialah santri yang berada di pondok pesantren berdasarkan ketentuan metode pengambilan sampel Issac and Michael dengan  menggunakan teknik Purposive Random Sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 205 santri. Adapun analisis data yang digunakan ialah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja memiliki pengaruh positif terhadap kesejahteraan santri di pondok. Kinerja memiliki pengaruh positif terhadap produk BMT. Produk  memiliki pengaruh positif kesejahteraan santri. Hasil tersebut juga didukung oleh perolehan nilai antar konstruk yang memiliki nilai yang positif dan signifikan.

Article Details

How to Cite
Ahwal, H., & Ibnu, A. R. (2019). KINERJA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SANTRI (STUDI PONDOK PESANTREN SALARY ABDUSSALAM). Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 5(1). https://doi.org/10.30997/jsei.v5i1.1362
Section
Articles

References

Abidah, A. (2013). Pemahaman Respon Santri Pesantren Terhadap Perbankan Syariah di Ponorogo. Jurnal Justitia Islamica Vol 10, No 1, 109.
Alhifni, A., & Huda, N. (2015). Kinerja LKMS Dalam Mendukung Kegiatan Ekonomi Rakyat Berbasis Pesantren (Studi Pondok Pesantren Darut Tauhid dan BMT Darut Tauhid . Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Vol 13, No 4, 598.
Andriansyah, Y. (2009). Kinerja keuangan perbankan Syariah di Indonesia dan Kontribusinya bagi pembangunan Nasional. Jurnal La_Riba Vol. III, No 2 , 183.
Artana Yasa, I. O., & Arka, S. (2015). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Disparitas Pendapatan Antardaerah terhadap Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Bali. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan Vol. 8, No. 1 ISSN : 2301-8698, 63-71.
Astuti, R. (2011). Penilaian Kesehatan Keuangan pada Kospin Jasa Syariah Pekalongan sebagai Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Penelitian Vol 8, No 1, 131-156.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2017). Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi. Jakarta: https://www.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Laporan-Bulanan-Data-Sosial-Ekonomi-September-2017.pdf.
R, B., & Mutlu, M. (2017). Financial Inclusion and Islamic Finance a Survey of Islamic Financial Literacy Index. Interational Journal of Islamic Economic and Finance Studies Vol 3, No 2 e-ISSN : 2149-8407, 36.
Masyitoh, N. D. (2014). Analisis Normatif Undang-Undang No. 1 Tahun 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Atas Status Badan Hukum Dan Pengawasan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Jurnal Conomica Vol V, Edisi 2, 17
Widyastuti, A. (2012). Analisis Hubungan antara Produktivitas Pekerja dan Tingkat Pendidikan Pekerja tehadap Kesejahteraan Keluarga di Jawa Tengah Tahun 2009. Economic Development Analysis Journal, 2
Prabowo, B. S. (2015). Pendidikan sebagai Investasi dan Konsumsi di MTS Negeri Godean. Jurnal El-Tarbawi Vol. VII, No. 2 , 177-194.
Rahayu, N. S. (2015). Konribusi Lembaga Keuangan Mikro Syariah terhadap Pemberdayaan Perempuan (Studi Kasus BMT di Kabupaten Sleman Yogyakarta). Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 165.
Retnaningsih, W. (2010). Analisis Manajemen Strategi terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Dampaknya bagi Kesejahteraan Masyarakat Kecil di Mojokerto. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 8, No 4, 1065.
Pramono, S. E. (2014). Kineja Guru Sejarah: Studi Kausal pada Guru-Guru SMA di Kota Semarang. Jurnal Paramita Vol. 24, No. 1 ISSN: 0854-0039, 114-125.
Kuncoro, A., & Husnurrosyidah . (2017). Kinerja Lembaga Keuangan Mikro Syariah dan Upaya untuk Mempertahankan Eksistensi Prilaku Masyarakat Pedesaan. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan Vol 1, No 1, 63-74.
Luthfi, R. R. (2013). Peran Pariwisata terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Sektor Lapangan Pekerjaan dan Perekonomian Tahun 2009-2013 (Studi Kasus: Kota Batu). Jurnal Ilmiah http://download.portalgaruda.org/article.php?article=Peran-Parawisata-Terhadap-Kesejahteraan-Masyarakat-di-Sektor-Lapangan-dan-Perekonomian-Tahun-2009-2013, 11
Hafidloh. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal JEBIS Vol 1, No 1. 1-20
R.A Y Prasetya, & S. Herianingrum. (2016). Peranan Baitul Mal Wa Tamwil Meningkatkan Usaha Mikro Melalui Pembiayaan Mudharabah. Jurnal Syarikah Vol 2, No 2 P-ISSN 2442-4420 e-ISSN 228-6935, 253.
Mi'raj, D. A., & H.R, M. N. (2015). Linkage Program Bank Syariah dengan BMT: Tinjauan Kritis bagi Pengembangan Sistem Keuangan yang Lebih Kaffah. Jurnal JESST Vol 2, No 10, 858.
Gina, W., & Effendi, J. (2015). Program Pembiayaan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) dalam Peningkatan Kesejahteraan Pelaku Usaha Mikro (Studi Kasus BMT Baitul Karim Bekasi). Jurnal Al-Muzara'ah Vol. 3. No. 1 ISSN p; 2337-6333; e: 2355-4363, 33-43.
Kara, M. (2013). Kontribusi Pembiayaan Perbankan Syariah terhadap Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal AHKAM Vol XIII, No 2, 316.
Muttaqin, A. (2012). Model Pembiayaan Baitul Mal Wa Tamwil dan Perannya dalam Keseahteraan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Humanity Vol. 7, No. 2 ISSN: 0216-8995, 35-45.
Bainus, A., & dkk. (2015). Imaging Welfare Development the Issues and Challenges in West Papua, Indonesia. Presented on The 19th International Symposium of the International Consortium for Social Development 7-11 July, 2015 -SIM University Singapore (hal. 1-13). Bandung: http://repository.unpad.ac.id/22784/.
Hamid, A. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren (Pelajar dan Santri dalam Era IT & Cyber Culture). Surabaya: Imtiyaz.
Hidayat, M. (2016). Model Komunikasi Kyai dan Santri di Pesantren. Jurnal Komunikasi Aspikom, Vol. 2, No. 6, ISSN: 2548-8309, 385-395.
Hermawan, A. (2005). Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.
Sodiq, A. (2015). Konsep Kesejahteraan dalam Islam. Jurnal Equiblirium Vol. 3, No. 2, 381-405.
Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi Vol. 17, No. 2 ISSN: 0854-3844, 114-126.
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol. 3, No. 1 ISSN 2301-8313, 1-22.
Yuliani , N., & dkk. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sisa Hasil Usaha Koperasi Syariah Masjid di Bandung. Jurnal Keuangan dan Perbankan Vol 13, No. 2 ISSN: 2579-485X, 110-119.
Anggoro, W. J., & Widhiarso, W. (2010). Konstruksi dan Identfiikasi Properti Psikonometris Instrumen Pengukuran Kebahagiaan Berbasis Pendekatan Indegenous Psychology studi Multitrait-Multimethod. Jurnal Psikologi
Luviana, Y. (2014). Pengaruh Variasi Produk dan Switching Barrier terhadap Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia http://repository.upi.edu/16033/1/S_MBS_0803082_Chapter1.pdf