ANALISIS PRINSIP KONSUMSI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM BERBELANJA ONLINE SHOP

Main Article Content

Muhammad Sahnan
Nurizal Ismail
Solahuddin Al-Ayyubi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip konsumsi Islami benar-benar telah diterapkan oleh Mahasiswa Hafidzpreneur Institut Agama Islam Tazkia dalam berbelanja online shop. Metode pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara dengan Mahasiswa Kampus Matrikulasi Hafidzpreneur Institut Agama Islam Tazkia dan menyukai berbelanja secara online shop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa dari berbagai angkatan telah menerapkan prinsip-prinsip konsumsi Islam, dengan mahasiswa angkatan 2020 menjadi yang paling banyak menerapkan prinsip konsumsi Islam dalam berbelanja online shop. Para mahasiswa menjalankan prinsip syariah dalam berbelanja, menghindari riba, memperhatikan maslahah (kebaikan dunia dan akhirat), dan menyalurkan pengeluarannya untuk di jalan Allah melaui infak, sedekah, dan wakaf. Selain itu, para mahasiswa juga menekankan prinsip kebersihan dalam berbelanja online, menghindari israf (pemborosan) dan gharar dalam transaksi online. Para mahasiswa juga telah menerapkan prinsip kemurahan hati dan moralitas dalam berbelanja online shop. Dengan demikian, hal ini sejalan dengan penerapan ilmu ekonomi syariah di kehidupan sehari-hari.

Article Details

How to Cite
Sahnan, M. ., Ismail, N., & Al-Ayyubi, S. . (2023). ANALISIS PRINSIP KONSUMSI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM BERBELANJA ONLINE SHOP . Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 278–288. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i2.11215
Section
Articles

References

Al-Ayubi, S., & Possumah, B. T. (2018). Examining the efficiency of zakat management: Indonesian zakat institutions experiences. International Journal of Zakat, 3(1), 37-55.

Al-Ayubi, S., Shalehanti, N., & Sakti, A. (2022). THE CONCEPT OF ZAKAT AND WAQF IN MIR'AT AL THULLAB. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 13(2), 194-208.

Al-Ayyubi, S., Herindar, E., & Perdana, M. N. (2023). MAQASID SHARIA IN TABARRU’CONTRACT LAWS. Jurnal Al-Dustur, 6(1), 28-49.

Al-Ayubi, S., & Halawatuddu’a, S. (2021). Maqasid Al-Sharia in Islamic Finance. Jurnal Al-Dustur Vol, 4(2).

Anwar, H. M., Rihfenti Ernayani, S. E., Ak, M., Taufik, M. I., SE, M., Subhan, M. N., ... & Ibnu Aswat, S. E. (2023). Manajemen Pengelolaan Keuangan Syariah. Cendikia Mulia Mandiri.

Afrina, D. (2019). Rasionalitas muslim terhadap perilaku israf dalam konsumsi perspektif ekonomi islam. EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 23-38.

Budiantoro, R. A., Sasmita, R. N., & Widiastuti, T. (2018). Sistem Ekonomi (Islam) dan Pelarangan Riba dalam Perspektif Historis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(01), 1-13.

Clara, N., & Beni, S. (2023). Online shop sebagai sarana berbelanja masyarakat masa kini. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 14(1), 15-19.

Damayanti, K. F., Santang, A. M., & Aulia, R. (2023). ANALISIS KONFORMITAS SHOPEE PAYLATER DENGAN PRINSIP-PRINSIP EKONOMI ISLAM DALAM MANAJEMEN KEUANGAN. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(4), 237-243.

Furqon, I. K. (2018). Teori konsumsi dalam islam. Adzkiya: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 6(1).

Habibi, M. (2022). TEORI KONSUMSI, PRODUKSI DAN DISTRIBUSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 2(1), 88-104.

Hisham et al. , (2013). Prinsip-Prinsip Halal Dan Haram Menurut Al-Qaradawi & Pandangan Ulama' Terhadap Penentuan Makanan Halal. Halal dan haram.

Hamdi, B. (2022). Prinsip dan Etika Konsumsi Islam (Tinjauan Maqashid Syariah). Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 23(1), 1-15.

Hamid, A. (2018). Teori konsumsi islam dalam peningkatan ekonomi umat. J-EBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 204-216.

Indrianto, S., & Supomo, B. (2014). Metodologi

Penelitihan Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen, yogyakarta. Yogyakarta, BPFE.

Kharismaputra, A. P. (2017, April). Praktik Riba Dalam Denda Keterlambatan Pembayaran. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 3, No. 1).

Martinelli, I. (2019). Ajaran Islam Tentang Prinsip Dasar Konsumsi Oleh Konsumen. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1).

Melis. (2015). Prinsip dan Batasan Konsumsi Islam. Islamic Banking, I (1). EBIS, III (2).

Mauludin, M. S. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di e-Commerce. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 108-123.

Menne, F. (2017). Nilai-nilai Spiritual dalam entitas bisnis syariah (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Muchtar, F. Y., & Nasrah, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520–5529

NUGROHO, M. A. (2022). Upah Dan Konsumsi Untuk Meningkatkan Kesejahtraan Dalam Islam. J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam, 1(01).

Oktaviani, D. (2019). Pengaruh media sosial terhadap gaya hidup mahasiswa IAIN metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Putra, M. D., Putri, D., & Amelia, F. (2019). Prinsip Konsumsi 4K+ 1M Dalam Perspektif Islam. ASY SYAR'IYYAH: JURNAL ILMU SYARI'AH DAN PERBANKAN ISLAM, 4(1), 23-45.

Putra, Y. D., & Aisah, S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Herbalife di Healthy Glow Skin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 13(02), 97–101. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EGMK/article/view/2364http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG MK/article/viewFile/2364/1751

Pujiyono, A. (2006). Teori Konsumsi Islami. Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP), 3(Nomor 2).

Pramesti, S. T., Ihwanudin, N., & Permana, I. (2022, January). Tinjauan Fatwa DSN-MUI Nomor. 04/DSN-MUI/IV/2000 Dan PBI Nomor. 07/46/PBI/2005 Terhadap Akad Murabahah Bil Wakalah. In Bandung Conference Series: Sharia Economic Law (Vol. 2, No. 1, pp. 135-141).

Rahmat Ilyas. (2016). Etika Konsumsi Dan Kesejahteraan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal At-Tawassuth, 1(2), 152–172.

Rohim, A. N., & Priyatno, P. D. (2021). Pola Konsumsi Dalam Implementasi Gaya Hidup Halal. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 4(2), 26-35.

Siska Mandalia, S. S. Pengantar Bisnis dan Industri Pariwisata Syariah. Penerbit K-Media.

Sari, T. (2021). Eksistensi Diri Pelanggan Online Shop. Univeristas Komputer Indonesia

Saefuloh, A. (2019). Analisis Perilaku Konsumen Muslim Dalam Belanja Fashion Di Online Shop (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Angkatan 2014-2018). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Septiana, A. (2015). Analisis Perilaku Konsumsi Dalam Islam. Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(1).

Suprayitno, Eko, Ekonomi Islam: Pendekatan Ekonomi Makro Islam dan Konvensional. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

Utami, A. R. H. S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 79-93.

Yusanto. Ismail. 1999. Islam Ideologi. Bangil: Al –Izzah.

Zaimsyah, A. M., & Herianingrum, S. (2019). Tinjauan Maqashid Syariah Terhadap Konsumsi. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 22-33.

Zakiah, S. (2022). Teori Konsumsi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(2), 180-194.