ANALISIS PRINSIP KONSUMSI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM BERBELANJA ONLINE SHOP
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip konsumsi Islami benar-benar telah diterapkan oleh Mahasiswa Hafidzpreneur Institut Agama Islam Tazkia dalam berbelanja online shop. Metode pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara dengan Mahasiswa Kampus Matrikulasi Hafidzpreneur Institut Agama Islam Tazkia dan menyukai berbelanja secara online shop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa dari berbagai angkatan telah menerapkan prinsip-prinsip konsumsi Islam, dengan mahasiswa angkatan 2020 menjadi yang paling banyak menerapkan prinsip konsumsi Islam dalam berbelanja online shop. Para mahasiswa menjalankan prinsip syariah dalam berbelanja, menghindari riba, memperhatikan maslahah (kebaikan dunia dan akhirat), dan menyalurkan pengeluarannya untuk di jalan Allah melaui infak, sedekah, dan wakaf. Selain itu, para mahasiswa juga menekankan prinsip kebersihan dalam berbelanja online, menghindari israf (pemborosan) dan gharar dalam transaksi online. Para mahasiswa juga telah menerapkan prinsip kemurahan hati dan moralitas dalam berbelanja online shop. Dengan demikian, hal ini sejalan dengan penerapan ilmu ekonomi syariah di kehidupan sehari-hari.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Al-Ayubi, S., & Possumah, B. T. (2018). Examining the efficiency of zakat management: Indonesian zakat institutions experiences. International Journal of Zakat, 3(1), 37-55.
Al-Ayubi, S., Shalehanti, N., & Sakti, A. (2022). THE CONCEPT OF ZAKAT AND WAQF IN MIR'AT AL THULLAB. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 13(2), 194-208.
Al-Ayyubi, S., Herindar, E., & Perdana, M. N. (2023). MAQASID SHARIA IN TABARRU’CONTRACT LAWS. Jurnal Al-Dustur, 6(1), 28-49.
Al-Ayubi, S., & Halawatuddu’a, S. (2021). Maqasid Al-Sharia in Islamic Finance. Jurnal Al-Dustur Vol, 4(2).
Anwar, H. M., Rihfenti Ernayani, S. E., Ak, M., Taufik, M. I., SE, M., Subhan, M. N., ... & Ibnu Aswat, S. E. (2023). Manajemen Pengelolaan Keuangan Syariah. Cendikia Mulia Mandiri.
Afrina, D. (2019). Rasionalitas muslim terhadap perilaku israf dalam konsumsi perspektif ekonomi islam. EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 23-38.
Budiantoro, R. A., Sasmita, R. N., & Widiastuti, T. (2018). Sistem Ekonomi (Islam) dan Pelarangan Riba dalam Perspektif Historis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(01), 1-13.
Clara, N., & Beni, S. (2023). Online shop sebagai sarana berbelanja masyarakat masa kini. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 14(1), 15-19.
Damayanti, K. F., Santang, A. M., & Aulia, R. (2023). ANALISIS KONFORMITAS SHOPEE PAYLATER DENGAN PRINSIP-PRINSIP EKONOMI ISLAM DALAM MANAJEMEN KEUANGAN. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(4), 237-243.
Furqon, I. K. (2018). Teori konsumsi dalam islam. Adzkiya: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 6(1).
Habibi, M. (2022). TEORI KONSUMSI, PRODUKSI DAN DISTRIBUSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 2(1), 88-104.
Hisham et al. , (2013). Prinsip-Prinsip Halal Dan Haram Menurut Al-Qaradawi & Pandangan Ulama' Terhadap Penentuan Makanan Halal. Halal dan haram.
Hamdi, B. (2022). Prinsip dan Etika Konsumsi Islam (Tinjauan Maqashid Syariah). Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 23(1), 1-15.
Hamid, A. (2018). Teori konsumsi islam dalam peningkatan ekonomi umat. J-EBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 204-216.
Indrianto, S., & Supomo, B. (2014). Metodologi
Penelitihan Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen, yogyakarta. Yogyakarta, BPFE.
Kharismaputra, A. P. (2017, April). Praktik Riba Dalam Denda Keterlambatan Pembayaran. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 3, No. 1).
Martinelli, I. (2019). Ajaran Islam Tentang Prinsip Dasar Konsumsi Oleh Konsumen. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1).
Melis. (2015). Prinsip dan Batasan Konsumsi Islam. Islamic Banking, I (1). EBIS, III (2).
Mauludin, M. S. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Di e-Commerce. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 108-123.
Menne, F. (2017). Nilai-nilai Spiritual dalam entitas bisnis syariah (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Muchtar, F. Y., & Nasrah, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520–5529
NUGROHO, M. A. (2022). Upah Dan Konsumsi Untuk Meningkatkan Kesejahtraan Dalam Islam. J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam, 1(01).
Oktaviani, D. (2019). Pengaruh media sosial terhadap gaya hidup mahasiswa IAIN metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Putra, M. D., Putri, D., & Amelia, F. (2019). Prinsip Konsumsi 4K+ 1M Dalam Perspektif Islam. ASY SYAR'IYYAH: JURNAL ILMU SYARI'AH DAN PERBANKAN ISLAM, 4(1), 23-45.
Putra, Y. D., & Aisah, S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Herbalife di Healthy Glow Skin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 13(02), 97–101. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EGMK/article/view/2364http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG MK/article/viewFile/2364/1751
Pujiyono, A. (2006). Teori Konsumsi Islami. Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP), 3(Nomor 2).
Pramesti, S. T., Ihwanudin, N., & Permana, I. (2022, January). Tinjauan Fatwa DSN-MUI Nomor. 04/DSN-MUI/IV/2000 Dan PBI Nomor. 07/46/PBI/2005 Terhadap Akad Murabahah Bil Wakalah. In Bandung Conference Series: Sharia Economic Law (Vol. 2, No. 1, pp. 135-141).
Rahmat Ilyas. (2016). Etika Konsumsi Dan Kesejahteraan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal At-Tawassuth, 1(2), 152–172.
Rohim, A. N., & Priyatno, P. D. (2021). Pola Konsumsi Dalam Implementasi Gaya Hidup Halal. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 4(2), 26-35.
Siska Mandalia, S. S. Pengantar Bisnis dan Industri Pariwisata Syariah. Penerbit K-Media.
Sari, T. (2021). Eksistensi Diri Pelanggan Online Shop. Univeristas Komputer Indonesia
Saefuloh, A. (2019). Analisis Perilaku Konsumen Muslim Dalam Belanja Fashion Di Online Shop (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Angkatan 2014-2018). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Septiana, A. (2015). Analisis Perilaku Konsumsi Dalam Islam. Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(1).
Suprayitno, Eko, Ekonomi Islam: Pendekatan Ekonomi Makro Islam dan Konvensional. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.
Utami, A. R. H. S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 79-93.
Yusanto. Ismail. 1999. Islam Ideologi. Bangil: Al –Izzah.
Zaimsyah, A. M., & Herianingrum, S. (2019). Tinjauan Maqashid Syariah Terhadap Konsumsi. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 22-33.
Zakiah, S. (2022). Teori Konsumsi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(2), 180-194.