STRATEGI EKONOMI PEMBANGUNAN PARIWISATA DI WILAYAH MAYORITAS MUSLIM UNTUK PARIWISATA BERKELANJUTAN
Main Article Content
Abstract
Pariwisata telah menjadi kontributor signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di banyak negara. Namun, penting untuk memastikan bahwa pembangunan pariwisata berkelanjutan, dengan mempertimbangkan aspek budaya, sosial, dan lingkungan di destinasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi strategi ekonomi yang diterapkan di wilayah mayoritas Muslim untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-etnografi, yang melibatkan analisis data penelitian pariwisata di Indonesia antara tahun 2014 hingga 2022. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa strategi ekonomi penting, termasuk identifikasi dan pengembangan daya tarik wisata yang menarik bagi wisatawan Muslim, aksesibilitas dan keamanan menuju lokasi wisata, perawatan dan pemeliharaan daya tarik wisatawan, promosi efektif, dan penyediaan sarana ibadah. Hasil penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya memperhatikan nilai-nilai dan kepekaan budaya Muslim setempat dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan. Pengembangan ekonomi pariwisata dalam konteks mayoritas Muslim mencakup aspek etika, moralitas, dan nilai-nilai yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman baru tentang strategi pembangunan ekonomi pariwisata di wilayah mayoritas Muslim.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Adwitya Sanjaya, P. K., M. Rudi Irwansyah, null, & I Putu Arya Dharmayasa, null. (2023). Pengembangan Tanah Lot Sebagai Wisata Spiritual: Suatu Kreasi Model Pembangunan Berkelanjutan. Edunomics Journal, 4(1), 87–94. Retrieved from https://doi.org/10.37304/ej.v4i1.8276
Daud, R. F., & Novrimansyah, E. A. (2022). Strategi Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal Pada Daerah Wisata Di Provinsi Lampung. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 3(2), 13. Retrieved from https://doi.org/10.24853/independen.3.2.13-28
Evalinda, null, & Fareis Althalets, null. (2022). Pengembangan Ekowisata Mangrove Belagaone Karya sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Nunukan. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 3(1), 23–33. Retrieved from https://doi.org/10.53356/diparojs.v3i1.64
Firdaus, N., & Endah, N. H. (2016). Accelerating the Development of Bangka Island through Sustainable Tourism by Strengthening the Roles of Multi-stakeholder. Bisnis & Birokrasi Journal, 22(3), 169–179. Retrieved from https://doi.org/10.20476/jbb.v22i3.6611
Gistha Rosardi, R. (2020). MODEL PENTAHELIX DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 4(2), 7–17. Retrieved from https://doi.org/10.55686/ristek.v4i2.74
Hidayati, K., & Tangkudung, A. (2021). Harmonisasi Pariwisata dengan Konservasi: Suatu Upaya Membangun Pariwisata yang Berkelanjutan Di Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Syntax Transformation, 2(1), 105–114. Retrieved from https://doi.org/10.46799/jst.v2i1.205
Oktaviani, A. B., & Yuliani, E. (2023). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat. Jurnal Kajian Ruang, 3(1), 1. Retrieved from https://doi.org/10.30659/jkr.v3i1.22574
Purba, B., Rahmadana, M. F., Basmar, E., Sari, D. P., Klara, A., Damanik, D., … Nugraha, N. A. (2021). Ekonomi Pembangunan. (Y.K. Menulis,Ed.).
Puspa, I. A. T. (2019). Ngaben sebagai Daya Tarik Pariwisata. PARIWISATA BUDAYA: JURNAL ILMIAH AGAMA DAN BUDAYA, 4(1), 37. Retrieved from https://doi.org/10.25078/pba.v4i1.776
Puspita, Y., & Nugroho, M. A. (2021). Model dan Strategi Kebijakan Investasi Sektor Pariwisata Untuk Pemerataan Pembangunan di Kabupaten Probolinggo. Journal of Tourism and Creativity, 5(2), 129. Retrieved from https://doi.org/10.19184/jtc.v5i2.27482
Putro, H. P. H., Perdana, M. A., & Farag, A. (2022). PENGEMBANGAN PRODUK PAKET WISATA BERBASIS MASYARAKAT DI DESA WISATA SELASARI, KECAMATAN PARIGI, KABUPATEN PANGANDARAN. Warta Pariwisata, 19(1). Retrieved from https://doi.org/10.5614/wpar.2021.19.1.13
Rachmad, T. H., & Sasongko, Y. P. D. (2023). Kearifan Lokal dan Tourist Sebagai Komunikasi Kolaboratif Pariwisata Berkelanjutan di Banyuwangi. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 178–194. Retrieved from https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.60
Sandra, A., Hairunnisa, H., & Althalets, F. (2020). Strategi Komunikasi dalam Upaya Penerapan Sustainable Tourism Development di Pulau Derawan. Jurnal Komunikasi Korporasi Dan Media (JASIMA), 1(1), 71–87. Retrieved from https://doi.org/10.30872/jasima.v1i1.19
Setijawan, A. (2018). Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan dalam Perspektif Sosial Ekonomi. Jurnal Planoearth, 3(1), 7–11. Retrieved from https://doi.org/10.31764/jpe.v3i1.213
Sudiarta, I. W. (2021). Konsep Tri Hita Karana Dalam Pelaksanaan Pariwisata Budaya Hindu. Cultoure: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu, 2(1), 12–23. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.55115/cultoure.v2i1.1179
Susilawati, S. (2016). PENGEMBANGAN EKOWISATA SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PEMBERDAYAAN SOSIAL, BUDAYA DAN EKONOMI DI MASYARAKAT. Jurnal Geografi Gea, 8(1), 43–50. Retrieved from https://doi.org/10.17509/gea.v8i1.1690
Todaro, M., & Smith, S. C. (2006). Pembangunan Ekonomi (9 Jilid 1). Erlangga.
Wibowo, E. Y. (2023). STRATEGI EKONOMI HAJI DI HINDIA BELANDA AWAL ABAD 19. Al-Isnad: Journal of Islamic Civilization History and Humanities, 4(1), 77–89. Retrieved from https://doi.org/10.22515/isnad.v4i1.7430
Wicaksono, W. A., & Idajati, H. (2020). Identifikasi Karakteristik Obyek Daya Tarik Wisata Makam Sunan Bonang Berdasarkan Komponen Wisata Religi. Jurnal Teknik ITS, 8(2), 156–161. Retrieved from https://doi.org/10.12962/j23373539.v8i2.48705
Widiati, I. A. P., & Permatasari, I. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism Development) Berbasis Lingkungan Pada Fasilitas Penunjang Pariwisata di Kabupaten Badung. KERTHA WICAKSANA, 16(1), 35–44. Retrieved from https://doi.org/10.22225/kw.16.1.2022.35-44