PENGARUH BRAND IMAGE, LOKASI DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET “KEDAI YATIM”
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, lokasi dan store atmosphere terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim". Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data penelitian ini merupakan data primer yang berasal dari sampel yaitu konsumen minimarket "Kedai Yatim". Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi Berganda. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) brand image berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim" (2) lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim" (3) store atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim", dan (4) brand image, lokasi dan store atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim".
Kata Kunci : Brand Image, Lokasi, Store Atmosphere, Proses Keputusan PembelianArticle Details
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
______, _____ dan ______. Retail Management, Prentice Hall, New Jersey. 2007.
______, _____ dan ______. Retail Management: A Strategic Approach, 11th edition, Prentice Hall, New Jersey. 2010.
Eka Syahputra, Denny. Pengaruh Store Atmosphere, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian ORE PREMIUM STORE . Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 11, November 2015.
Gendro,Wiyono. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Percetakan STIM YKPM, Yogyakarta. . 2011.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19, Edisi 5, Penerbit: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. 2011.
Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2016.
Gujarati, Damodar. Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain. Erlangga, Jakarta. 2003.
Isaac Oladep Ph.D, Onigbinde dan Samuel Abimbola M.Sc, Odunlami, 2015, Journal The Influence Of Brand Image and Promotional Mix on Consumer Buying Decision – A Study of Beverage Consumers in Lagis State, Nigeria, Department of Business Administration, McPherson University dan Southwestern University Nigeria, Nigeria.
Keller, Kevin Lane. Strategy Brand Management (Building, Measuring and Managing Brand Equity) Global Edition. Fourth Edition. United States: Pearson. 2013.
Kotler, Philip &Amstrong, Gerry. Dasar-Dasar Pemasaran, Alih Bahasa Oleh: Sindoro dan Markplus, Jilid 1, Indeks, Jakarta. 2003.
_________________________________ 2014, Principle of Marketing, 15th edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.
_________, Philip & Armstrong, Gary. Principles Of Marketing. 16th edition, Pearson. 2016.
_________, Philip & Keller, Kevin L. Manajemen Pemasaran, Jilid Pertama, Edisi ke-12, Indeksia, Jakarta. 2009.
______________________________. Marketing Management, 14thEdisiGlobal Edition, Pearson Education Limited, New Jersey. 2012.
Levy, Michael and Weitz, A.Barton, Retailing Management, Sixth Edition, Published by McGraw-Hill/Irwin, New York, 2007.
Levy, Michael & Weitz, Barton A. Retailing Management,7thEdition, McGraw-Hill Irwin, New York. 2009.
Ma'ruf, Hendri, Pemasaran Ritel, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2006.
Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya
Ilmiah. Kencana, Jakarta. 2011.
Schiffman, L & Kanuk, L. L. Perilaku Konsumen Edisi 7, Indeks, Jakarta. 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung, 2011.
________, Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung. 2013.
________, Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development, CV. Alfabeta, Bandung, 2016.
Surachman. Dasar-dasar Manajemen Merek, Bayumedia Publishing, Malang. 2008.
Tjiptono, Fandy. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Edisi 1, Andi Offset, Yogyakarta. 2008.
_______. Manajemen dan Strategi Merek, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta. 2011.
Utami, Christina, Strategi Pemasaran Ritel, Edisi Pertama, Indeks, Indonesia, 2008.
Wibowo, Ari. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di ”D’STUPID BAKER” Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 12. 2014.
Yuliana, Imelda. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 5, Nomor 6, Juni 2016.