ANALISIS PEMBIAYAAN KUR MIKRO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN NASABAH DI BSI KCP PULO BRAYAN DENGAN PRINSIP BAGI HASIL

Main Article Content

Ayuni Syafitri
Muhammad Lathief Ilhamy Nasution
Khairina Tambunan

Abstract

Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM) dalam studi kasus ini tidak memiliki modal yang cukup sehingga sangat sulit bagi mereka agar membangun usahanya. serta BSI menawarkan pinjaman modal usaha agar UMKM melalui pembiayaan mikro KUR BSI, yang didasarkan pada gagasan bagi hasil. Bank BSI juga menawarkan pinjaman KUR tanpa agunan, dengan limit pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp25 juta. KUR BSI juga menggunakan konsep bagi hasil dalam pembiayaan mikronya. Tujuan dari kasus ini adalah agar mempelajari bagaimana pendapatan nasabah berubah setelah mendapatkan pinjaman mikro dari BSI KCP Pulo Brayan, dengan gagasan bagi hasil sebagai variabel di antaranya. Penelitian ini menggunakan metode studi yang berorientasi praktik yang disebut studi kasus tunggal kualitatif. agar mengumpulkan sebagian besar materi mereka melalui observasi serta percakapan. Berdasarkan hasil kajian, rata-rata pendapatan nasabah mikro yang mendapat pinjaman dari BSI Kcp Pulo Brayan naik 30–60%. Namun ada beberapa nasabah yang pendapatan usahanya justru turun karena tidak menggunakan dananya agar modal usaha melainkan agar kebutuhan pribadi. Dalam hal bekerja dengan modal usaha yang terbatas, temuan studi kasus ini dapat dilihat sebagai hal penting baik bagi profesional perbankan syariah maupun UMKM.

Article Details

How to Cite
Syafitri, A. ., Nasution, M. L. I. ., & Tambunan, K. (2023). ANALISIS PEMBIAYAAN KUR MIKRO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN NASABAH DI BSI KCP PULO BRAYAN DENGAN PRINSIP BAGI HASIL. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 9(1), 53–65. https://doi.org/10.30997/jn.v9i1.9604
Section
Articles

References

Alpiyani, Yeni. 2019. Implementasi Akad Murabahah pada Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro Ib di PT. BRISyariah KCP Kebumen. Skripsi: Fakultas Ekonomi serta Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Amalia, Lisa. 2018. Implementasi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro Syariah dalam Pengembangan Usaha Mikro di BRI Syariah KCP Lamongan. Skripsi: Fakultas Ekonomi serta Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Anastasia Diana, Lilis Setiawati. 2017. Akuntansi Keuangan Menengah. Yogyakarta: ANDI.

Ilhamy Muhammad Lathief Nasution. 2018. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Medan : FEBI UI-NSU Press.

Ilhamy Muhammad Lathief. 2021 “Analisis Mekanisme Audit Pembiayaan Pada Bank Syariah”.Human Falah : Jurnal Ekonomi serta Bisnis Islam 8, No. 1

Julianus, Adrey Pinem. 2011. Implementasi Kredit Usaha Rakyat dalam Mengembangkan Usaha Kecil (Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Pekan Tolan, Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhan Batu Selatan).Skripsi : Universitas Sumatera Utara.

Khoirunnisa, Aziz, I. A., & Brawijaya, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Bank Konvensional Pro Aktif Menggunakan Rekening Bank Syariah (Studi Kasus Nasabah Di Wilayah Belitung) : Factors Influencing Conventional Bank Customers Pro Actively Using Sharia Bank Account (Case Study Of Customer In Belitung Region). NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 8(1), 50–56.

Muhammad Arif, dkk. 2020. Pengantar Bisnis.Medan : FEBI Uinsu Press.

Muhammad. 2005. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Nurlaila, Desi. 2022. Analisis Penyaluran Pembiayaan Kur Mikro Di Bank Syariah Indonesia Kcp Bondowoso A Yani. Skripsi : Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Nurnasrina, A. P., & Putra, P. A. (2018).Manajemen pembiayaan bank syariah. Pekannbaru: Publishing And Printing.

Sarah, T. A., & Rokan, M. K. (2022).Analisis Penerapan Sistem Bagi Hasil Pada Pembiayaan Mudharabah Di Bank Syariah Indonesia Cabang Perdagangan. Jurnal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 111-124.

UU RI Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan atas UU Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Vita, Desi Ivana. 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro iB: Implementasi Pada Akad Murabahah di BRI Syariah KC Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi serta Pembangunan, 19(1), 14-24.

Widodo Sugeng. 2014. Modal Pembiayaan Lembaga Keuangan Islam Perspektif Aplikatif. Yogyakarta: Kaukaba.

Yanti Nursantri. 2020. Peran Perbankan Syariah Terhadap Kesejahteraan Di Indonesia.Jurnal Riset Akuntansi serta Bisnis 20, No.1