PENGARUH PENGETAHUAN GENERASI Z, PERSEPSI, DAN FASILITAS TERHADAP PREFERENSI PADA BANK SYARIAH DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING THE EFFECT OF GENERATION Z KNOWLEDGE, PERCEPTIONS, AND FACILITIES ON SHARIA BANK PREFERENCES WITH ATTITUDE AS INTERVENING VARIABLES

Main Article Content

Abdul Jalal
Ahmad Perdana Indra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengetahuan generasi z, persepsi, dan fasilitas perbankan syariah terhadap preferensi pada bank syariah dengan sikap sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif. Sumber data dari penelitian ini merupakan data primer yang berasal dari sampel yaitu generasi z yang ada di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara yang beralamat di Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik non probability sampling terhadap 99 orang responden. Penelitian menggunakan metode analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menjukkan bahwa 1) variabel pengetahuan berpengaruh terhadap variabel preferensi. 2) variabel persepsi berpengaruh terhadap preferensi, 3) variabel fasilitas tidak berpengaruh terhadap preferensi, 4) variabel pengetahuan tidak berpengaruh terhadap variabel sikap, 5) variabel persepsi berpengaruh terhadap sikap, 6) variabel fasilitas tidak berpengaruh terhadap variabel sikap, 7) variabel preferensi berpengaruh terhadap sikap, 8) variabel pengetahuan tidak berpengaruh terhadap sikap melalui preferensi, 9) variabel persepsi berpengaruh terhadap variabel sikap melalui variabel preferensi, 10) variabel fasilitas tidak berpengaruh terhadap sikap melalui variabel preferensi

Article Details

How to Cite
Jalal, A., & Indra, A. P. (2022). PENGARUH PENGETAHUAN GENERASI Z, PERSEPSI, DAN FASILITAS TERHADAP PREFERENSI PADA BANK SYARIAH DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING: THE EFFECT OF GENERATION Z KNOWLEDGE, PERCEPTIONS, AND FACILITIES ON SHARIA BANK PREFERENCES WITH ATTITUDE AS INTERVENING VARIABLES. ISBAH: urnal erbankan yariah, 8(2), 115–126. https://doi.org/10.30997/jn.v8i2.7077
Section
Articles

References

Anderson, L.W dan Krathwol D.R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar S. (2010). Sikap Manusia Teori dan pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bilson Simamora. (2013). Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Indarto R.P. (2011). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Bundling Katu GSM dengan Smartphone, Jakarta: FE UI Jakarta Pustaka Utama.

Khoirunnisa, Aziz, I. A., & Brawijaya, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Bank Konvensional Pro Aktif Menggunakan Rekening Bank Syariah (Studi Kasus Nasabah Di Wilayah Belitung). NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 8(1).

Rahmawati, Yuke. 2019.Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Tangerang Selatan: UIN JAKARTA PRESS

Slamet. (2010). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Stillman, David dan Stillman Jonah. (2018). Generasi Z, Jakarta: PT Gramedia

Suwarman, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen, Bogor: Ghalia Indonesia.

Suwarman, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen, Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian), Yogyakarta: Andi Offset.

Walgito Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Offset.