FAKTOR MEMPENGARUHI NIAT MENGGUNAKAN QRIS PADA SHARIA MOBILE BANKING SAAT PANDEMI COVID-19 (MODIFIKASI MODEL UTAUT 2) FACTORS AFFECTING THE INTENTION OF USING QRIS IN SHARIA MOBILE BANKING DURING COVID-19 PANDEMIC (MODEL MODIFICATION OF UTAUT 2)

Main Article Content

Defi Insani Saibil
Fajar Sodik
Andi Ainun Mardiah

Abstract

Analisis faktor yang mempengaruhi niat dalam menggunakan QRIS  dimasa pandemi Covid-19 merupakan tujuan dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang didukung data kualitatif. Ada dua fokus penelitian ini, pertama menguji faktor yang mempengaruhi dan mendorong niat untuk menggunakan. Kedua, melihat faktor lain yang mempengaruhi niat dalam menggunakan. Penelitian mengadopsi model modifikasi teori UTAUT 2. Pengumpulan data dilakukukan  melalui survei menggunakan penyebaran kuesioner dengan pertanyaan terbuka dan pertanyaan    tertutup. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 134 responden. Metode non-probability sampling dengan menerapkan teknik purposive sampling digunakan. Sedangkan teknik SEM-PLS digunakan pada analisis data, aplikasi WarpPLS 6.0 untuk uji hipotesis dan SPSS 26 untuk analisis deskriptif dan exploratory. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa sebanyak delapan  hipotesis yang diajukan semuanya diterima sehingga mengindikasikan bahwa masyarakat memiliki  niat yang baik dan merasa kemudahan menggunakan QRIS  pada masa pandemi. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa  menjadi masukan untuk industri perbankan syariah untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan QRIS mobile  dalam hal transaksi keuangan secara digital.

Article Details

How to Cite
Saibil, D. I., Sodik, F., & Mardiah, A. A. (2022). FAKTOR MEMPENGARUHI NIAT MENGGUNAKAN QRIS PADA SHARIA MOBILE BANKING SAAT PANDEMI COVID-19 (MODIFIKASI MODEL UTAUT 2): FACTORS AFFECTING THE INTENTION OF USING QRIS IN SHARIA MOBILE BANKING DURING COVID-19 PANDEMIC (MODEL MODIFICATION OF UTAUT 2). NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 8(2), 75–92. https://doi.org/10.30997/jn.v8i2.6353
Section
Articles

References

Alalwan, A. A., Dwivedi, Y. K., & Rana, N. P. (2017). Factors influencing adoption of mobile banking by Jordanian bank customers: Extending UTAUT2 with trust. International Journal of Information Management, 37(3), 99–110. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2017.01.002

Amir, Md. K. bin, & bin Amir, M. Z. (2020). COVID-19 Pandemic: Socio-Economic Response, Recovery and Reconstruction Policies on Major Global Sectors. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3629670

Andrianto, A. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Behavior Intention Untuk Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Model UTAUT2. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 111–122. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i2.2412

Bank Indonesia. (2019). PADG No.21/18/2019.

Baptista, G., & Oliveira, T. (2017). Why so serious? Gamification impact in the acceptance of mobile banking services. Internet Research, 27, 118–139. https://doi.org/10.1108/IntR-10-2015-0295

Bhatiasevi, V. (2016). An extended UTAUT model to explain the adoption of mobile banking. Information Development, 32(4), 799–814. https://doi.org/10.1177/0266666915570764

Bhatnagar, A., & Ghose, S. (2004). Segmenting Consumers Based on the Benefits and Risks of Internet Shopping. Journal of Business Research, 57, 1352–1360. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(03)00067-5

Chiu, J. L., Bool, N. C., & Chiu, C. L. (2017). Challenges and factors influencing initial trust and behavioral intention to use mobile banking services in the Philippines. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 11(2), 246–278. https://doi.org/10.1108/APJIE-08-2017-029

Darmawan, D., & Latifah, P. (2013). Metode penelitian kuantitatif (P. Latifah, Ed.). Remaja Rosdakarya.

Datta, P., & Nwankpa, J. K. (2021). Digital transformation and the COVID-19 crisis continuity planning. Journal of Information Technology Teaching Cases, 11(2), 81–89. https://doi.org/10.1177/2043886921994821

Deb, M., & Lomo-David, E. (2014). An empirical examination of customers’ adoption of m-banking in India. Marketing Intelligence & Planning, 32(4), 475–494. https://doi.org/10.1108/MIP-07-2013-0119

Gayatrie, M. S., Kusyanti, A., & Saputra, M. C. (2017). Analisis Penerimaan Os Windows 10 Dengan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2) (Vol. 1, Issue 6). http://j-ptiik.ub.ac.id

Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model. MIS Quarterly, 27(1), 51–90. https://doi.org/10.2307/30036519

Handayani, T., & Sudiana. (2017). Analisis Penerapan Model UTAUT (Unified Theory O f Acceptance And Use O f Technology). Jurnal Angkasa, 7(02), 165–180.

Husien, A. H. (2021). Pengaruh Penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Terhadap Kepuasan Nasabah BSI Kc 2 Palangka Raya.

Hutamargo, C. T., Andajani, E., & Trisnawati, J. D. (2021). Pengaruh Food Quality, Service Quality, Price-Value Ratio Terhadap Customer Satisfaction Dan Behavioral Intention. Jurnal SMART (Studi Manajemen Dan Riset Terapan), 1(1), 36–042. https://doi.org/https://doi.org/10.224887/j26849089.2021.v1.i1.pp036-042

Jambulingam, M. (2013). Behavioural Intention to Adopt Mobile Technology among Tertiary Students.

Kosim, P. K., & Legowo, N. (2021). Factors Affecting Consumer Intention on QR Payment of Mobile Banking: A Case Study in Indonesia. Journal of Asian Finance, 8(5), 391–0401. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no5.0391

Kurniawati, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 05(01), 23–30. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/skie

Mulia, I. (2019). Analisis faktor penerimaan implementasi cashless society dengan menggunakan framework UTAUT. Bina Nusantara.

Musyaffi, A. M., Johari, R. J., Rosnidah, I., Sari, D. A. P., Amal, M. I., Tasyrifania, I., Ayu Pertiwia, S., & Sutanti, F. D. (2021). Digital Payment During Pandemic: An Extension of The Unified Model of QR Code. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(6), 213. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0166

Siregar, D. S. (2021). Determinan Minat Menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS). IAIN Padang Sidempuan.

Natalina, A., Zunaidi, A., Rahmah, R., & Kediri, I. (2021). Quick Response Code Indonesia Standard (Qris) Sebagai Strategi Survive Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Masa Pandemi Di Kota Kediri. ISTITHMAR: Journal of Islamic Economic Development, 5(2). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/umkm-pengguna-qris-meningkat-316-

Nawaz, S. S., Hilmy, H. M. A., & Gunapalan, S. (2020). Islamic banking customers’ intention to use mobile banking services: A Sri Lankan study. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(2), 1610–1626. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I2/S20201200

Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1).

Nugroho, P., Winarno, W. W., & Hartanto, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Mobile payment Dengan Pendekatan Extended The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Departemen Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, FT UGM.

Philip Kotler, Kevin Lane Keller, & penerjemah, B. S. (2009). Manajemen pemasaran (A. Maulana & W. Hardani, Eds.). Erlangga.

Putri, N. K. R. D., & Suardikha, I. M. S. (2020). Penerapan Model UTAUT 2 Untuk Menjelaskan Niat Dan Perilaku Penggunaan E-Money di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 30(2), 540. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i02.p20

Rahmayanti, S., Misral, M., & Wahyuni, W. A. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau Pada Bank Layanan Gerak BNI Syariah. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(2), 271–280. https://doi.org/10.37859/jae.v10i2.2343

Saibil, D. I. (2020). Does The Banking Information System Affect Customer Satisfaction and Loyalty? EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 353. https://doi.org/10.14421/EkBis.2020.4.1.1244

Sankaran, R., & Chakraborty, S. (2021). Factors Impacting Mobile Banking in India: Empirical Approach Extending UTAUT2 with Perceived Value and Trust. IIM Kozhikode Society & Management Review, 232020682097521. https://doi.org/10.1177/2320206820975219

Saputri, R. R., Chandra, N., & Maryati, U. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pengguna pada E-Commerce (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Padang). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(1), 1–7. https://akuntansi.pnp.ac.id/jabei

Seeger, M. W., Sellnow, T. L., & Ulmer, R. R. (1998). Communication, Organization, and Crisis. Annals of the International Communication Association, 21(1), 231–276. https://doi.org/10.1080/23808985.1998.11678952

Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS Di Mata UMKM: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi UMKM Menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 921. https://doi.org/10.24843/EEB.2020.v09.i10.p01

Siyoto, S., & Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugianto, D. (2021). Wow, Transaksi QRIS Bank Syariah Indonesia Melesat 447%. Https://Finance.Detik.Com/. https://finance.detik.com/moneter/d-5775453/wow-transaksi-qris-bank-syariah-indonesia-melesat-447

Sutanto, S., Ghozali, I., & Handayani, R. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (Sipkd) Dalam Perspektif The Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 (UTAUT 2) Di Kabupaten Semarang. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 15(1), 37–68. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jaa.15.1.37-68

Tanjung, H., & Abrista, D. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam (2nd ed.). Gratama Publishing.

Taufiqoh, E., Diana, N., & Junaidi, J. (2019). Pengaruh Norma Subjektif, Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Persepsi Return Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Saham Di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UNISMA dan UNIBRAW di Malang). E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8(05), 9–19.

Taylor, S., & Todd, P. A. (1995). Understanding Information Technology Usage : A Test of Competing Models. Infromation System Research, 06(02), 144–176.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. ANDI.

Venkatesh, Morris, Davis, & Davis. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425. https://doi.org/10.2307/30036540

Venkatesh, Thong, & Xu. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly, 36(1), 157. https://doi.org/10.2307/41410412

Venkatesh, V., Thong, J., & Xu, X. (2016). Unified Theory of Acceptance and Use of Technology: A Synthesis and the Road Ahead. Journal of the Association for Information Systems, 17(5), 328–376. https://doi.org/10.17705/1jais.00428

Wijayanti, D. M., & Riza, A. F. (2017). Sharia Fintech: Positive Innovation In Consumer Perspective. Proceeding International Seminar Academic Network On Competition Policy, 101–120.

Yudhistira, A. W. (2021, June 8). Masa Depan Cerah Gim Online di Indonesia. Https://Katadata.Co.Id/. https://katadata.co.id/ariayudhistira/analisisdata/60bd726285611/masa-depan-cerah-gim-online-di-indonesia