FAKTOR MEMPENGARUHI NIAT MENGGUNAKAN QRIS PADA SHARIA MOBILE BANKING SAAT PANDEMI COVID-19 (MODIFIKASI MODEL UTAUT 2) FACTORS AFFECTING THE INTENTION OF USING QRIS IN SHARIA MOBILE BANKING DURING COVID-19 PANDEMIC (MODEL MODIFICATION OF UTAUT 2)
Main Article Content
Abstract
Analisis faktor yang mempengaruhi niat dalam menggunakan QRIS dimasa pandemi Covid-19 merupakan tujuan dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang didukung data kualitatif. Ada dua fokus penelitian ini, pertama menguji faktor yang mempengaruhi dan mendorong niat untuk menggunakan. Kedua, melihat faktor lain yang mempengaruhi niat dalam menggunakan. Penelitian mengadopsi model modifikasi teori UTAUT 2. Pengumpulan data dilakukukan melalui survei menggunakan penyebaran kuesioner dengan pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 134 responden. Metode non-probability sampling dengan menerapkan teknik purposive sampling digunakan. Sedangkan teknik SEM-PLS digunakan pada analisis data, aplikasi WarpPLS 6.0 untuk uji hipotesis dan SPSS 26 untuk analisis deskriptif dan exploratory. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa sebanyak delapan hipotesis yang diajukan semuanya diterima sehingga mengindikasikan bahwa masyarakat memiliki niat yang baik dan merasa kemudahan menggunakan QRIS pada masa pandemi. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan untuk industri perbankan syariah untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan QRIS mobile dalam hal transaksi keuangan secara digital.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Alalwan, A. A., Dwivedi, Y. K., & Rana, N. P. (2017). Factors influencing adoption of mobile banking by Jordanian bank customers: Extending UTAUT2 with trust. International Journal of Information Management, 37(3), 99–110. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2017.01.002
Amir, Md. K. bin, & bin Amir, M. Z. (2020). COVID-19 Pandemic: Socio-Economic Response, Recovery and Reconstruction Policies on Major Global Sectors. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3629670
Andrianto, A. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Behavior Intention Untuk Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Model UTAUT2. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 111–122. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i2.2412
Bank Indonesia. (2019). PADG No.21/18/2019.
Baptista, G., & Oliveira, T. (2017). Why so serious? Gamification impact in the acceptance of mobile banking services. Internet Research, 27, 118–139. https://doi.org/10.1108/IntR-10-2015-0295
Bhatiasevi, V. (2016). An extended UTAUT model to explain the adoption of mobile banking. Information Development, 32(4), 799–814. https://doi.org/10.1177/0266666915570764
Bhatnagar, A., & Ghose, S. (2004). Segmenting Consumers Based on the Benefits and Risks of Internet Shopping. Journal of Business Research, 57, 1352–1360. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(03)00067-5
Chiu, J. L., Bool, N. C., & Chiu, C. L. (2017). Challenges and factors influencing initial trust and behavioral intention to use mobile banking services in the Philippines. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 11(2), 246–278. https://doi.org/10.1108/APJIE-08-2017-029
Darmawan, D., & Latifah, P. (2013). Metode penelitian kuantitatif (P. Latifah, Ed.). Remaja Rosdakarya.
Datta, P., & Nwankpa, J. K. (2021). Digital transformation and the COVID-19 crisis continuity planning. Journal of Information Technology Teaching Cases, 11(2), 81–89. https://doi.org/10.1177/2043886921994821
Deb, M., & Lomo-David, E. (2014). An empirical examination of customers’ adoption of m-banking in India. Marketing Intelligence & Planning, 32(4), 475–494. https://doi.org/10.1108/MIP-07-2013-0119
Gayatrie, M. S., Kusyanti, A., & Saputra, M. C. (2017). Analisis Penerimaan Os Windows 10 Dengan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2) (Vol. 1, Issue 6). http://j-ptiik.ub.ac.id
Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model. MIS Quarterly, 27(1), 51–90. https://doi.org/10.2307/30036519
Handayani, T., & Sudiana. (2017). Analisis Penerapan Model UTAUT (Unified Theory O f Acceptance And Use O f Technology). Jurnal Angkasa, 7(02), 165–180.
Husien, A. H. (2021). Pengaruh Penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Terhadap Kepuasan Nasabah BSI Kc 2 Palangka Raya.
Hutamargo, C. T., Andajani, E., & Trisnawati, J. D. (2021). Pengaruh Food Quality, Service Quality, Price-Value Ratio Terhadap Customer Satisfaction Dan Behavioral Intention. Jurnal SMART (Studi Manajemen Dan Riset Terapan), 1(1), 36–042. https://doi.org/https://doi.org/10.224887/j26849089.2021.v1.i1.pp036-042
Jambulingam, M. (2013). Behavioural Intention to Adopt Mobile Technology among Tertiary Students.
Kosim, P. K., & Legowo, N. (2021). Factors Affecting Consumer Intention on QR Payment of Mobile Banking: A Case Study in Indonesia. Journal of Asian Finance, 8(5), 391–0401. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no5.0391
Kurniawati, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 05(01), 23–30. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/skie
Mulia, I. (2019). Analisis faktor penerimaan implementasi cashless society dengan menggunakan framework UTAUT. Bina Nusantara.
Musyaffi, A. M., Johari, R. J., Rosnidah, I., Sari, D. A. P., Amal, M. I., Tasyrifania, I., Ayu Pertiwia, S., & Sutanti, F. D. (2021). Digital Payment During Pandemic: An Extension of The Unified Model of QR Code. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(6), 213. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0166
Siregar, D. S. (2021). Determinan Minat Menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS). IAIN Padang Sidempuan.
Natalina, A., Zunaidi, A., Rahmah, R., & Kediri, I. (2021). Quick Response Code Indonesia Standard (Qris) Sebagai Strategi Survive Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Masa Pandemi Di Kota Kediri. ISTITHMAR: Journal of Islamic Economic Development, 5(2). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/umkm-pengguna-qris-meningkat-316-
Nawaz, S. S., Hilmy, H. M. A., & Gunapalan, S. (2020). Islamic banking customers’ intention to use mobile banking services: A Sri Lankan study. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(2), 1610–1626. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I2/S20201200
Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1).
Nugroho, P., Winarno, W. W., & Hartanto, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Mobile payment Dengan Pendekatan Extended The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Departemen Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, FT UGM.
Philip Kotler, Kevin Lane Keller, & penerjemah, B. S. (2009). Manajemen pemasaran (A. Maulana & W. Hardani, Eds.). Erlangga.
Putri, N. K. R. D., & Suardikha, I. M. S. (2020). Penerapan Model UTAUT 2 Untuk Menjelaskan Niat Dan Perilaku Penggunaan E-Money di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 30(2), 540. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i02.p20
Rahmayanti, S., Misral, M., & Wahyuni, W. A. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau Pada Bank Layanan Gerak BNI Syariah. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(2), 271–280. https://doi.org/10.37859/jae.v10i2.2343
Saibil, D. I. (2020). Does The Banking Information System Affect Customer Satisfaction and Loyalty? EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 353. https://doi.org/10.14421/EkBis.2020.4.1.1244
Sankaran, R., & Chakraborty, S. (2021). Factors Impacting Mobile Banking in India: Empirical Approach Extending UTAUT2 with Perceived Value and Trust. IIM Kozhikode Society & Management Review, 232020682097521. https://doi.org/10.1177/2320206820975219
Saputri, R. R., Chandra, N., & Maryati, U. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pengguna pada E-Commerce (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Padang). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(1), 1–7. https://akuntansi.pnp.ac.id/jabei
Seeger, M. W., Sellnow, T. L., & Ulmer, R. R. (1998). Communication, Organization, and Crisis. Annals of the International Communication Association, 21(1), 231–276. https://doi.org/10.1080/23808985.1998.11678952
Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS Di Mata UMKM: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi UMKM Menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 921. https://doi.org/10.24843/EEB.2020.v09.i10.p01
Siyoto, S., & Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugianto, D. (2021). Wow, Transaksi QRIS Bank Syariah Indonesia Melesat 447%. Https://Finance.Detik.Com/. https://finance.detik.com/moneter/d-5775453/wow-transaksi-qris-bank-syariah-indonesia-melesat-447
Sutanto, S., Ghozali, I., & Handayani, R. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (Sipkd) Dalam Perspektif The Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 (UTAUT 2) Di Kabupaten Semarang. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 15(1), 37–68. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jaa.15.1.37-68
Tanjung, H., & Abrista, D. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam (2nd ed.). Gratama Publishing.
Taufiqoh, E., Diana, N., & Junaidi, J. (2019). Pengaruh Norma Subjektif, Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Persepsi Return Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Saham Di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UNISMA dan UNIBRAW di Malang). E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8(05), 9–19.
Taylor, S., & Todd, P. A. (1995). Understanding Information Technology Usage : A Test of Competing Models. Infromation System Research, 06(02), 144–176.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. ANDI.
Venkatesh, Morris, Davis, & Davis. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425. https://doi.org/10.2307/30036540
Venkatesh, Thong, & Xu. (2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly, 36(1), 157. https://doi.org/10.2307/41410412
Venkatesh, V., Thong, J., & Xu, X. (2016). Unified Theory of Acceptance and Use of Technology: A Synthesis and the Road Ahead. Journal of the Association for Information Systems, 17(5), 328–376. https://doi.org/10.17705/1jais.00428
Wijayanti, D. M., & Riza, A. F. (2017). Sharia Fintech: Positive Innovation In Consumer Perspective. Proceeding International Seminar Academic Network On Competition Policy, 101–120.
Yudhistira, A. W. (2021, June 8). Masa Depan Cerah Gim Online di Indonesia. Https://Katadata.Co.Id/. https://katadata.co.id/ariayudhistira/analisisdata/60bd726285611/masa-depan-cerah-gim-online-di-indonesia