PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PENGGUNA INTERNET BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (BSI KALIREJO) THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND INTERNET BANKING USER SATISFACTION ON CUSTOMER LOYALTY OF BANK SYARIAH INDONESIA (BSI KALIREJO)

Main Article Content

Sri Ismulyaty
Nurmaini
May Roni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pengguna internet  banking pada Bank Syariah Indonesia Cabang Kalirejo. Sampel sebanyak 85 responden pengguna internet banking. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, serta uji t (persial), uji F (simultan) dan uji R2 (koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan secara persial terhadap loyalitas nasabah pengguna internet banking pada Bank Syariah Indonesia Cabang Kalirejo, yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (4,231 > 1,989) maka Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. Begitu juga kepuasan nasabah berpengaruh signifikan  secara persial terhadap loyalitas nasabah pengguna internet banking pada Bank Syariah Indonesia Cabang Kalirejo, yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,410 > 1,989) maka Ha2 diterima dan Ho2 ditolak. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kualitas layanan dan kepuasan nasabah secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pengguna internet banking pada Bank Syariah Indonesia Cabang Kalirejo, dimana Fhitung > Ftabel (14,584 > 3,11). Kesimpulan dari penelitian adalah pertama Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah pengguna internet banking pada Bank Syariah Indonesia Cabang Kalirejo, kedua Terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pengguna internet banking pada Bank Syariah Indonesia Cabang Kalirejo, ketiga Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pengguna internet banking pada Bank Syariah Indonesia Cabang Kalirejo.

Article Details

How to Cite
Ismulyaty, S., Nurmaini, & Roni, M. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PENGGUNA INTERNET BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (BSI KALIREJO): THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND INTERNET BANKING USER SATISFACTION ON CUSTOMER LOYALTY OF BANK SYARIAH INDONESIA (BSI KALIREJO). NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 8(1), 66–75. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.6117
Section
Articles

References

Agus Widjarjono, Analisis Statistika Multivariat Terapan, (Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2010)

Andriasan Sudarso, Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan, (Yogyakarta: Deepublish, 2016)

Griffin. 2005. Customer Loyalty, (Jakarta: Erlangga)

Harbeis Suraone, Skripsi: “Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking terhadap Kepuasan Nasabah Bank BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta” (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijga, 2018)

https://databoks.katadata.co.id (di akses kamis 26 mei 2022 pukul 17.07)

https://kbbi.web.id/ (di akses kamis 17 juni 2021 pukul 14.37)

Ikatan Bankir Indonesia (IBI), Mengelola Kualitas Layanan Perbankan, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014)

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, (Semarang: Universitas Diponegoro, 2011)

Kenneth C., dan Laudon. Jane P., Manajement Information System, (Jakarta: Salemba Empat, 2007)

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. (Jakarta: Salemba Empat).

Mowen, C., John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. (Jakarta: Erlangga).

Mudrajad Kuncoro, Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi, (Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2009)

Nurika, Y., & Aziz, I. A. 2021. Analisis Pengaruh Promosi, Keunggulan Produk, Dan Penerapan Nilai Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat (Studi Pada Pt. Bsi Kuala Tungkal, Jambi). NISBAH: Jurnal Perbanan Syariah, 7(2), 98–105.

Oliver, R. L. 2010. Satisfaction: A Behavioral Perpective on The Customer. New York: McGraw-Hill.

Rahman Anugrah, Skripsi: “Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. di Kota Makasar”, (Makassar: UHM, 2015)

Sangadji & Sopiah, Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian, (Yogyakarta: Andi Offset, 2013)

Setyo Tri Wahyudi, Statistika Ekonomi Konsep, Teori dan Penerapan, (Malang: UB Press, 2007)

Sinta S. Imansari, Skripsi: “Pengaruh Kualitas Layanan E-Banking dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Sentral Asia (persero) Cabang Penakkukang Tbk. Di Kota Makassar”, (Makasar: UHM, 2017)

Tangkilisin, Manajemen Publik, (Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2005)

Team, Indonesia Cyber Industry and Market, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2001)

Vigih Hery Kristanto, Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), (Yogyakarta: Deebulish, 2018)

Vinna Sri Yuniarti, Perilaku Konsumen Teori dan Praktik, (Bandung: Pustaka Setia, 2015)