PENGARUH REPUTASI, CITRA MEREK, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGAMBIL PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK MUAMALAT KC KEDIRI THE EFFECT OF REPUTATION, BRAND IMAGE, QUALITY OF SERVICE, AND LOCATION ON CUSTOMER'S DECISION TO TAKE MURABAHAH FINANCING PRODUCTS AT MUAMALAT BANK KC KEDIRI

Main Article Content

Kevin Junjung Miharta
Khusnudin

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh dari reputasi, citra merek, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan nasabah mengambil produk pembiayaan murabahah pada Bank Muamalat KC Kediri. Lima tahun (2016 - 2021) terakhir total asset dan total pembiayaan mengalami penurunan, terlebih lagi Indonesia yang terkenal mayoritas masyarakat memeluk agama islam tetapi hanya sebagian kecil yang menjadi nasabah yang menggunakan pembiayaan murabahah. Responden pada penelitian ini berjumlah 93 responden yang diambil dari sebagian populasi nasabah Bank Muamalat KC Kediri. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, adapun data yang digunakan yaitu data primer dan teknik pengumpulan data tersebut menggunakan kuisioner dengan memanfaatkan google form sebagai media pengumpulan data. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji Regresi linier berganda. Hasil dari penelitian bahwa secara parsial variabel reputasi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X3) memiliki pengaruh sedangkan citra merek (X2) dan lokasi (X4) memiliki pengaruh keputusan nasabah, sedangkan secara simultan reputasi (X1), Citra Merek (X2), kualitas pelayanan (X3) dan lokasi (X4) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah (Y).

Article Details

How to Cite
Miharta, K. J., & Khusnudin. (2022). PENGARUH REPUTASI, CITRA MEREK, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGAMBIL PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK MUAMALAT KC KEDIRI : THE EFFECT OF REPUTATION, BRAND IMAGE, QUALITY OF SERVICE, AND LOCATION ON CUSTOMER’S DECISION TO TAKE MURABAHAH FINANCING PRODUCTS AT MUAMALAT BANK KC KEDIRI. NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 8(1), 57–65. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.6000
Section
Articles

References

Ali, M. T. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian rumah. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-20.

Amilia, S., & Asmara, M. O. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek Xiaomi di kota Langsa. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, 660-669.

Azhar, N., & Adri, M. (2008). Uji Validitas dan Reliabilitas Paket. Komunitas eLearning IlmuKomputer, 1-15.

Burke, R. J., & Martin, G. (2011). Corporate reputation. London: Routledge.

Fristiana, D. A. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis , 1-9.

Herwin, & Abadi, F. (2018). Pengaruh reputasi perusahaan dan reputasi vendor terhadap keputusan pembelian secara online dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel antara. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 353-364.

Kurniawati, R. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap pengambilan keputusan nasabah dalam pembiayaan murabahah pada bank BRI Syariah KCP Ngawi. etheses iainponorogo, 120.

Nurika, Y., & Aziz, I. A. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Keunggulan Produk, Dan Penerapan Nilai Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat (Studi Pada PT. BSI Kuala Tungkal, Jambi): Analysis Of The Effect Of Promotion, Product Excellence, And Application Of Sharia Values On People’s Savings Interest (Study at PT. BSI Kuala Tungkal, Jambi). NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 7(2), 98–105.

Risal, T. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai Variabel Intervening pada BMT Kampoeng Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama, 9.

Samad, A., & Wibowo, I. (2016). Pengaruh Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs Di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 2338 - 4794.

Schroeder, J. E. (2015). Brands (Vol. 1st). London: Routledge.

Siregar, M. E., & Buchori, A. (2016). Standar Produk Perbankan Syariah. In M. E. Siregar, & A. Buchori, Standar Produk Perbankan Syariah (p. 166). jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Syaima, n. n. (2018). Pengaruh merek, reputasi, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap proses keputusan nasabah menggunakan produk tabungan di Bjb syariah Kcp.Ciputat. Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 170.

Wahyuningsih, L. (2018). Pengaruh kualitas produk, brand image, dan word of mouth terhadap keputusan anggota melakukan pembiayaan murabahah di bmt madani sepanjang. digilib uinsby, 134.