PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN PENGETAHUAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS BPRS BHAKTI SUMEKAR KANTOR CABANG PRAGAAN) THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND BRAND IMAGE ON CUSTOMER LOYALTY WITH PRODUCT KNOWLEDGE AS A MODERATING VARIABLE (CASE STUDY BPRS BHAKTI SUMEKAR PRAGAAN BRANCH OFFICE)

Main Article Content

Ifatul Muzarkosah
Wardatus Syarifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, brand image dan pengetahuan produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pragaan dan Apakah pengetahuan produk dapat memoderasi kualitas pelayanan dan brand image  terhadap loyalitas nasabah BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pragaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausal, menggunakan teknik yang jumlah respondennya 45 responden. Sedangkan tekhnik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner atau angket. Kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis statistik untuk memberikan interpretasi data, serta menarik kesimpulan dari data yang dihasilkan analisis statistik ini menggunakan regresi linier berganda (moderasi). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas pelayanan dan brand image berpengaruh terhadap loyalitas BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pragaan nasabah dengan nilai signifikasi masing-masing 0.005, 0.00. Pengetahuan produk dapat memoderasi kualitas pelayanan dan brand image terhadap loyalitas nasabah BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pragaan dengan nilai signifikasi masing- masing 0.003, 0.000. Sedangkan pengetahuan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah karna nilai signifikansi >0.05 yaitu 0.063.

Article Details

How to Cite
Muzarkosah, I., & Syarifah, W. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN PENGETAHUAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS BPRS BHAKTI SUMEKAR KANTOR CABANG PRAGAAN): THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND BRAND IMAGE ON CUSTOMER LOYALTY WITH PRODUCT KNOWLEDGE AS A MODERATING VARIABLE (CASE STUDY BPRS BHAKTI SUMEKAR PRAGAAN BRANCH OFFICE). NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.5723
Section
Articles

References

Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Askara. Hal:58-59

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hal: 62.

Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Hal:215

Astri, N. Y. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Hal. 70.

Diyah, S. H. 2020. Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderating. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga .Hal: 56.

Farida. 2017. Pengaruh Brand Image, Kualitas Layanan, Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Pada Nasabah Gadai. Skripsi-Jurusan Ekonomi Semarang: Universitas Negeri Semarang. Hal: 15.

Gilang, M. R., & Astri, G. 2015. Analisis Model Bisnis Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Bidang Sepatu Dengan Menggunakan Pendekatan Bussines Model Canvas. Hal: 51.

Haryanto, R. 2020. Manajemen Pemasaran Bank Syariah(Teori Dan Praktik). Jakarta: Duta Media Publishing.

Istikomah, T. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Kereta Api Indonesia. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Hal. 19.

Kasmir. 2012. Dasar – Dasar Perbankan. Jakarta: PT Gramedia Indonesia.

Khatimah, 2018. Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Kemandirian Siswa Kelas Vi Mi Da’watul.

Khairani. 2018. The Effect Of Brand Image And Food Safety On The Purchase Decision Of Samyang Noodles Product To The Students Offaculty Of Economics And Business Of University Of Northsumatra Medan, Ijlres - International Journal on Language, Research and Education StudiesISSN: 2580-6777 (p); 2580-6785 (e), Vol. 2, No. 2, 2018, page: 268.

Krismanto, A. 2017. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah”, Tesis-Jurusan Manajemen, Semarang: Universitas Diponegoro.

Nathanael, C. W. 2018. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dalam Membentuk Loyalitas Konsumen Go-Ride. Hal: 4.

Nurika, Y., Ibnu, A, R., & Aziz, I. A. 2021. Analisis Pengaruh Promosi, Keunggulan Produk, Dan Penerapan Nilai Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat (Studi Pada PT. BSI Kuala Tungkal, Jambi). Jurnal Nisbah 7 (2): Hal: 99

Matondang, Z. 2019. Validitas dan Reliabilitas suatu instrumen,” Applied Mechanics and Materials, vol.6, No.1,no.2 (2009). Hal: 93.

Prasetyo, B. W. 2006. Reliabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia,” Jurnal Psikologi Undip, vol.3, no.1 (2006). Hal:3.

Pujadi, B. 2010. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Terhadap Merek. Semarang.

Putra, P. 2018. Teori Dan Praktik Pemasaran Syariah.

Iqbal, R., dkk. 2014. Investigasi Peran Fee Based Income Terhadap Profitabilitas (Roa) Di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Periode 2005-2014), Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, Vol. 1 No.2. hal: 138.

Rahma, S. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Hal: 28-29.

Rezky, F. M., & Nevi, H. 2021. Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah’, Z: Global Journal Of Islamic Banking And Finance. vol.2 no-(2) (n.d.): hlm 12.

Rindjin, K. 2012. Pengantar Perbankan Dan Keuangan Bukan Bank.

Rusli, M. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Berorentasi Praktis, (Prenduan:; Paramadani),Hal: 92.

Hafish, S., & Laela, S. 2019. “‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Negara Indonesia’, jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol. 16 No. 01-Juni (2019): 28.

Selvy, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah”

Sondakh, C. 2014. Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado)’, Fakutas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Vol.3, No.1, 2014:19-32,” (2014): Hal:.26.

Tjiptono, F. 2000. Manajemen Jasa Andi Offset, Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Dan Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Wijayanto, K. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Juni 2015,” (June 2015): Hal: 39.

Wardhana, A., & Zainuddin I. 2014. Pengaruh Penjualan Personal Terhadap Pengetahuan Produk Dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suv Premium Di Jawa Barat”, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung, Jurnal Kebangsaan, Januari 2014.,” vol.Vol.3 No.5.