ANALISIS PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAH, MURABAHAH DAN NPF TERHADAP ROA (STUDI KASUS BPRS DI INDONESIA)

Main Article Content

Rahmi Edriyanti

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah dan Non Performing Financing (NPF) terhadap profitabilitas BPRS dengan menggunakan metode VAR/ VECM. Serangkaian proses analisis dilakukan dimulai dari data sudah stasioner pada tingkat first difference, lolos uji stabilitas dengan nilai modulus di bawah 1 persen pada lag 8. Di uji optimum lag diperoleh nilai FPE nya di lag 1. Selanjutnya terdapat 4 kointegrasi sehingga analisis VECM dapat dilakukan. Analisis jangka pendek dari model ROA di Indonesia menunjukkan bahwa tidak ada variabel yang secara signifikan mempengaruhi ROA. Sementara itu, analisis jangka panjang dari model ROA menunjukkan bahwa ada tiga variabel yang secara signifikan mempengaruhi ROA, yaitu variabel mudharabah, musyarakah dan murabahah pada level 5%. Secara umum, dari hasil IRF juga dapat disimpulkan bahwa respon variabel ROA terhadap variabel mudharabah, musyarakah, murabahah dan Non Performing Financing (NPF) secara keseluruhan konsisten dengan teori. Sementara itu, berdasarkan hasil FEVD, variabel yang memiliki kontribusi besar untuk ROA di Indonesia adalah NPF. Kemudian disusul murabahah dan mudharabah. Adapun musyarakah, masih dianggap sebagai pelengkap pembiayaan perbankan syariah.

Article Details

Section
Articles

References

Ali, Herni. “Determinan Yang Mempengaruhi Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah”.
Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 06 No.01.

Arsana, I Gede Putra. 2004. VAR (Vector Auto Regressive). Jakarta: Laboratorium Komputasi Ilmu
Ekonomi FEUI.

Ayunda, Revalia. 2015. Pengaruh Penyaluran Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah, Pembiayaan Murabahah dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Kinerja Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Indonesia Periode Januari 2010 - Maret 2015. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Emha, Muhammad Busthomi , 2014. “Analisis Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Dan
Ijarah Terhadap Kemampu Labaan Bank Muamalat Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah.

Basuki, Agus Tri, dan Nano Prawoto. 2017. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis.
Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Budiman, Rahmat, Noer Azam Achsani, dan Rifki Ismal. 2018. “Risiko Pembiayaan dan Determinannya
pada Perbankan Syariah di Indonesia.” Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen IPB Vol. 04 No.01.

Faradilla, Cut, Muhammad Arfan, dan M. Shabri. 2017. “Pengaruh Pembiayaan Musyarakah, Istishna, Ijarah, Mudharabah dan Musyarakah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia.” Jurnal Magister Akuntansi Unsyiah Kuala Vol. 06 No. 03.

Fitriyani, Ana, Endang Masitoh, dan Suhendro. 2019. “Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Mudharabah Dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Terdaftar Di Bank Indonesia Tahun 2014 – 2017.” Jurnal Widya Ganeswara Vol. 28 No. 01.

Mardani. 2014. Hukum Bisnis Islam. Jakarta: Kencana.

Rivai, Veithzal, dan et al. 2007. Bank and Finansial Institution Management: Coventional & Syar’i
System. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rizky, Awalil, dan Nasyith Majidi. 2008. Bank Bersubsidi yang Membebani. Jakarta: E-Publishing. Simorangkir. 1987. Dasar-Dasar Mekanisme Perbankan. Jakarta: Aksara Persada Indonesia.