KEWASPADAAN BANK DALAM PEMILIHAN AKAD PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH

Main Article Content

Fatin Fadhilah
Noven Suprayogi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alasan pemilihan akad pembiayaan kepemilikan rumah oleh bank-bank syariah. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan penelitian kualitatif, menggunakan depth interview dengan manajer bank. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aspek risiko masih menjadi pertimbangan dalam memilih akad pembiayaan kepemilikan kepemilikan rumah. Terdapat tiga risiko yang menjadi pertimbangan, yaitu risiko mismatch dalam cost of fund, risiko kredit dan risiko pemasaran. Akad murabahah memiliki risiko-risiko yang lebih rendah dibanding akad yang lainnya. Selain itu penanganan risiko dari akad murabahah juga lebih mudah dibanding akad yang lain.

Article Details

How to Cite
Fadhilah, F., & Suprayogi, N. (2015). KEWASPADAAN BANK DALAM PEMILIHAN AKAD PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 1(2), 88–100. https://doi.org/10.30997/jn.v1i2.252
Section
Articles

References

Bank Indonesia, Laporan Perkembangan Perbankan Syariah 2011. Fatwa DSN No: 73/DSN-MUI/XI/2008 tentang Musyarakah Mutanaqisah. Fatahullah, M. Implementasi Prinsip Bagi Hasil Dan Risiko Di Perbankan Syariah. Journal Law Reform Vol 3, No 1, 2008. 2008 Haris, Helmi. Pembiayaan Kepemilikan Rumah (Sebuah Inovasi Pembiayaan Perbankan Syari’ah). La_riba, Jurnal Ekonomi Islam, Vol. I, No. 1, Juli 2007. 2007. Karim, Adiwarman. Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan. Rajagrafindo Persada. Edisi Ketiga. 2006. Khan, Tariqullah dan Habib Ahmed. Manajemen Risiko Lembaga Keuangan Syariah. Terjemahan. Sinar Grafika Offset. Jakarta. 2008. Kountur, Ronny. Mudah Memahami Manajemen Risiko Perusahaan. Penerbit PPM. Jakarta. 2008. Kusmiyati, Asmi Nur Siwi. Risiko Akad dalam Pembiayaan Murabahah pada BMT di Yogyakarta (dari teori ke terapan). La_Riba, Jurnal Ekonomi Islam, Vol. I, No. 1, Juli 2007. 2007. Meera, Ahamed Kameel Mydin and Dzuljastri Abdul Razak. Home Financing through the Musharakah Mutanaqisah Contracts: Some Practical Issues. International Islamic University Malaysia. 2005. Yogaswara, Rhesa. Skema Pembiayaan Perumahan Syariah. http://ib.eramuslim.com/2010/07/12/skema-pembiayaan-perumahan-syariah/. Diposting pada Juli 2010.