FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH TERHADAP INTERNET BANKING

Main Article Content

Mislah Hayati Nasution
Sutisna Sutisna

Abstract

ABSTRAK

Layanan internet banking yang merupakan pelayanan jasa bank sehingga nasabah memperoleh informasi, melakukan transaksi perbankan 24 jam sehari tanpa dibatasi ruang dan waktu asal terhubung dengan jaringan internet. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif, dengan menggunakan test statistik. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diambil langsung dari tempat penelitian dengan menyebarkan kuisioner dan wawancara yang merupakan sumber utama dalam penelitian ini. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan layanan internet banking adalah faktor kemudahan, keamanan, kenyamanan, efisien dan praktis. Dan faktor yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan internet banking adalah faktor kenyamanan. Sedangkan untuk Chi Kuadrat menunjukkan terdapat pengaruh positif antara persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap minat nasabah dalam menggunakan internet banking di PT. Bank BNI Syariah Cabang Bogor. Persepsi kemudahan ditandai dengan (84,37>11,341). Dan persepsi kemanfaatan bernilai (123,28>11,341), memperlihatkan bahwa nilai Chi Kuadrat hitung lebih besar dari nilai Chi-Kuadrat tabel.

Kata Kunci : Minat Nasabah, Interner Banking

Article Details

How to Cite
Nasution, M. H., & Sutisna, S. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH TERHADAP INTERNET BANKING. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), 62–73. https://doi.org/10.30997/jn.v1i1.241
Section
Articles

References

Akhlaq, Mohammed Ather. 2011. Internet banking di Pakistan, Jurnal internet banking dan perdagangan, Vol.16 terdapat pada(http://www.arraydev.com/commerce/jibc/).[di akses pada 02 oktober 2011]
Arif Surachman. 2008. “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS) Terpadu Versi 3 Di Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM)”. Jurnal, Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Dwi Adi K. 2001. Kamus Praktis Bahasa Indonesia.
Gilang Rizky Amijaya. 2010. “Pengaruh persepsi teknologi informasi, kemudahan, resiko dan fitur layanan terhadap minat ulang nasabah bank dalam menggunakan internet banking (studi pada nasabah bank BCA). Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Hadri Kusuma dan Dwi Susilowati. 2007.“Determinan Pengadopsian Layanan Internet Banking: Perspektif Konsumen Perbankan Daerah Intimewa Yokyakarta”.Jurnal JAAI, Vol. 125, No. 2.
Nadia Ella Comaneci. 2009. “Tinjauan hukum terhadap perlindungan hukum nasabah pengguna internet banking berdasarkan undang-undang informasi dan transaksi elektronik”. Tesis, Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.
Najib Khalid Al-Amir dalam Anisah Hany N. 2004. “Analisis Minat Calon Nasabah Terhadap Pengajuan Pembiayaan di BMT Ibadurrahman.” Skripsi, Fakultas Studi Islam Universitas Djuanda; Bogor, Tidak diterbitkan.
Oktavianti dalam Arif Surachman. 2008. Analisis Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS) Terpadu Versi 3 Di Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM).Jurnal, Perpustakaan DigitalUIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Rahadi, Dedi Rianto. “Peranan TI Dalam Peningkatan Pelayanan Di Sektor Publik”. Naskah dipersentasikan pada Seminar Nasional Teknologi 2007 ; Yogyakarta.
Ronny Kountur. 2010. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis.
Shinta EkaKartika. 2009. Analisis Proses Penerimaan Sistem Informasi Icons Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Pada Karyawan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Di Kota Semarang. Tesis, Program Studi Magister Akuntansi Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
Suharini, Mieke. “Persepsi Nasabah terhadap Penerapan Sistem Layanan Produk dan Jasa E Banking”. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi “Bisnis & Birokrasi“Vol.15 (No.3), Sept-Des 2008, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jakarta.
Supriyono, Maryanto. 2011. “Buku pintar perbankan.” Penerbit Andi ; yokyakarta, hal 52.
Tidjan. 2010. “Pengertian Minat Belajar” tersedia pada http://belajarpsikologi.com/pengertian-minat/ [16 januari 2012]
Titis Widyastuti. 2008. “Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan kepercayaan konsumen terhadap pengaplikasian layanan mobile banking studi kasus di kota Yogyakarta.” Skripsi, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Wijayanti, Ratih. 2009. “ Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhada Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah Terhadap Layanan Internet Banking (Studi Empiris Terhadap Nasabah Bank Di Depok)”. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi – Universitas Gunadarma.