DIFERENSIASI DAN TINGKAT PEMAHAMAN PRODUK, SERTA KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA ATAS KEPUTUSAN NASABAH PERBANKAN SYARIAH

Main Article Content

Uswatun Khasanah
Afif Muamar

Abstract

Pertumbuhan industri perbankan yang semakin besar menciptakan semakin ketatnya persaingan antara industri perbankan syariah tersebut, sehingga akan membuat konsumen memiliki banyak pilihan alternatif sebelum memutuskan bank yang akan dituju untuk melakukan transaksi perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat pemahaman kualitas sumber daya manusia nasabah terhadap keputusan nasabah, persepsi diferensiasi produk terhadap keputusan nasabah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian membuktikan persepsi nasabah dalam diferensiasi produk, tingkat pemahaman produk, dan kualitas sumber daya manusia memiliki pengaruh positif terhadap keputusan nasabah pada Perbankan Syariah. Artinya menurut konsumen ketiga komponen tersebut dianggap penting ketika akan menggunakan jasa pada Perbankan Syariah.

Article Details

How to Cite
Khasanah, U., & Muamar, A. (2020). DIFERENSIASI DAN TINGKAT PEMAHAMAN PRODUK, SERTA KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA ATAS KEPUTUSAN NASABAH PERBANKAN SYARIAH. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 6(1), 15–22. https://doi.org/10.30997/jn.v6i1.2104
Section
Articles

References

Adi Nugroho, Riyogo. “Pengaruh Strategi
Diferensiasi Produk, Merek, Dan
Promosi Terhadap Keputusan
Pembelian Sepeda Motor Satria
F150: Hyper Underbone”, Jurnal
Manajemen & Bisnis 9:1 (2013): 1-9
Bank Indonesia, “Sekilas Perbankan
Syariah di Indonesia.” L Lihat.
Https://www.bi.go.id/id/perbankan
/syariah/Contents/Default.aspx.
Diakses tanggal 26 september 2019 .
Bhirawa Anoraga. “Motivasi Kerja Islam
Dan Etos Kerja Islam Karyawan
Bank Jatim Syariah Cabang
Surabaya”, Jurnal ini merupakan
bagian dari skripsi 2:7 (Juli:2015)
Desiana, et al. “Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Keputusan Nasabah
Untuk Menggunakan Jasa Perbankan
Syariah Di Kota Tasikmalaya ”,
Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi
11:1 (2018): 23-34
Ikatan Bankir Indonesia, Memahami
Bisnis Bank Syariah, (Jakarta : PT
Gramedia Pustaka Utama, 2016),
Hlm. 7
Malik, Muhammad Ehsan, et al. “Impact Of
Brand image and Advertisement on
Consumer Buying Behavior”, World
Applied Sciences Journal 23:1
(2013): 1-6
Raje, Archana dan Khanna, Vandana
Tandon. “Impact of E Service Quality
On Consumer Purchase Behaviour In
An On Line Shopping”, IJCSMS
International Journal of Computer
Science and Management Studies 12,
(April 2012): 1-5
Simamora, Idham Kurnia, dkk. “Pengaruh
Harga, Citra Merek, Positioning, Dan
Diferensiasi Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen
Pada Produk Jamu PT. Njonja
Meneer”, Diponegoro Journal Of
Social And Politic (2013): 1-12
Soeratno dan Arsyad, Lincolin. Metode
Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis
Yogyakarta: UPP AMP YKPN,1988.
Tanzeh, Ahmad. Pengantar Metode
Penelitian. Yogyakarta: Teras, 2009.
Widagdo. Herry. “Analisis Pengaruh
Kualitas Layanan Dan Promosi
Terhadap Keputusan Konsumen
Membeli Komputer Pada PT. XYZ
Palembang”, Forum Bisnis Dan
Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE
MDP 1:1 (2013): 1-10