STRATEGI PENYALURAN PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI BANK SYARIAH MANDIRI (STUDI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BOGOR)

Yulya Yunara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyaluran pembiayaan usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis fenomenologi. Hasil penelitian menghasilkana beberapa kesimpulan yaitu pertama, dalam penyaluran pembiayaan UMKM, Bank Syariah Mandiri membagi dalam beberapa segmen yaitusegmen nasabah golongan berpenghasilan tetap, segmen nasabah usaha, segmen komunitas dan segmen wilayah. Kedua, strategi yang dilakukan dalam penyaluran pembiayaan UMKM ialah strategi penetrasi pasar atau melakukan pemasaran, strategi mannual produk, strategi bekerjasama dengan instansi, strategi nasabah walk in dan nasabah existing dan strategi promosi. Kemudian ada beberapa kendala dari penyaluran pembiayaan UMKM tersebut.
Kata Kunci: Strategi, Penaluran Pembiayaan, UMKM.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.