STRATEGI BANK SYARIAH DALAM MENGHADAPI PENGEMBANGAN PRODUK GADAI EMAS (STUDI KASUS PADA BRI SYARIAH)

Nicki Pratiwi

Abstract

Gadai emas merupakan salah satu pembiayaan lembaga keuangan syariah seperti Perbankan Syariah, pada tahun 2011-2012 peningkatan gadai emas cukup pesat karena dapat memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Bank Syariah dalam menghadapi pengembangan produk gadai emas. Manfaat penelitian ini yaitu untuk memberikan referensi tambahan mengenai strategi yang dilakukan oleh Bank Syariah dalam menghadapi pengembangan produk gadai emas, pengembangan yang dimaksud dilihat dari sisi bagaimana strategi pengembangan produk gadai emas dan dilihat juga dari sisi permasalahan yang terjadi pada produk gadai emas serta bagaimana solusi yang dilakukan BRIS dalam mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode kualitatif dengan menggunakan data primer yang berupa dokumen dan slide terkait pembiayaan gadai emas, sedangkan untuk data sekunder yang berupa informasi dari internet, buku, jurnal, skripsi, artikel dan literatur lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan dalam menghadapi pengembangan produk gadai emas sudah sesuai dengan teori dan metode pengembangan inovasi produk Perbankan Syariah dan dalam menghadapi permasalahan pengembangan produk gadai emas yang terjadi, BRISyariah melakukan pelatihan secara berkalam membuat program-program sesuai dengan kebutuhan masyarakat, meningkatkan promosi gadai emas, produk gadai emas sebagai produk nice to have BRI Syariah dan memperkuat mitigasi risiko untuk mengelola risiko yang dapat terjadi.

Keywords

Strategi, Pengembangan, Gadai Emas

Full Text:

PDF

References

Buku:

Ascarya. (2015). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta. Rajawali Pers.

Jurnal:

Apriyanti, Heni Werdi. (2017). Perkembangan Industri Perbankan Syariah DiIndonesia: Analisis Peluang dan Tantangan. MAKSIMUM, Vol. 1, No.1.

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian Dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. MEDIATOR, Vol. 9 No. 1

Maulidizen, Ahmas. (2016). Aplikasi Gadai Emas Syari’ah: Studi Kasus Pada BRI Syariah Cabang Pekanbaru. FALAH Jurnal Ekonomi Syariah Vol.1 No 1.

Rini, Endang Sulistya. (2013). Peran Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ekonomi, Vol. 16 No. 1.

Paramita, M. (2017) Analisis Sistem Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Jurnal Syarikah, Volume 3 No. 2.

Pasrizal, Himyar. (2013). Konsep Marketing Dalam Inovasi Produk Perbankan Syariah. NIZHAM, Vol. 02 No. 01.

Viranti, Firza Aulia., & Adhitya Ginanjar. (2015). Influence of Facilities, Promotion, Product and Location Islamic Banking on Decision Non Muslim Customers Patronizing at BRIS Case Study in BRI Syariah. The Journal of Tauhidinomics Vol. 1 No. 1.

Skripsi:

Apriani, Ami. (2010). Prospek Gadai (Rahn) Emas di Perbankan Syariah Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri.

Eliyah. (2014). Tabungan Muamalat Prima iB Dalam Meningkatkan Dana Ritel (Tabungan) Pada Bank Muamalat Indonesia.

Mardiana. (2017). Peran Serta Dan Mekanisme Bank Syariah Pada Pembiayaan Sindikasi (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Pusat).

Prasetiyo, Heri Agus. (2017). Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Gadai Emas Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Solo Baru

Peraturan Perundang-Undangan:

Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No: 26/DSN-MUI/III/2002, tentang rahn emas.

Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) No.14/7/DPbs tanggal 29 februari 2012 perihal produk qardh beragun emas bagi Bank Syariah dan Unit Usaha Syariah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.