PENGARUH ZAKAT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN REPUTASI BANK UMUM SYARIAH

Main Article Content

Arifah Oktavia Anggraeni
Mitra Sami Gultom

Abstract

Penyaluran zakat tidak terealisasi secara optimal dalam kinerja yang terus meningkat dan perkembangan bank syariah yang masih kalah unggul dari bank konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat dan memahami tentang zakat dan CSR terhadap kinerja dan reputasi di bank umum syariah selama lima tahun terakhir. Teori SET menjadi teori landasan utama karena mengungkapkan bahwa pertanggung jawabannya tidak hanya secara horizontal tetapi juga secara vertikal. Jumlah sampel yang dingunakan adalah yang memenuhi kriteria dengan metode purposive sampling yaitu 8 Bank Umum Syariah yang terdaftar dalam OJK periode 2018-2022. Teknik analisa data yang dingunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa zakat berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan CSR berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Sedangkan zakat tidak berpengaruh terhadap reputasi tetapi CSR berpengaruh terhadap reputasi. Hal ini didasari karena bank syariah belum optimal dalam menyalurkan zakatnya namun zakat serta CSR dapat meningkatkan kinerja keuangan yang lebih baik.

Article Details

How to Cite
Anggraeni, A. O., & Gultom, M. S. (2024). PENGARUH ZAKAT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN REPUTASI BANK UMUM SYARIAH . NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 10(1), 104–115. https://doi.org/10.30997/jn.v10i1.13730
Section
Articles

References

Arifin, J., & Wardani, E. A. (2016). Islamic corporat social responsibility disclosure, reputasi, dan kinerja keuangan: Studi pada bank syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 20(1), 38–46. https://doi.org/10.20885/jaai.vol20.is s1.art4

Arshad, Roshayani Suaini Othman, R. O. (2012). Islamic Corporate Social Responsibility , Corporate Reputation and Performance. World Academy of Scinse, Engineering and Technology International. Journal of Economics and Management Engineering, 6.

Aziz, I. A., & Brawijaya, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Bank Konvensional Pro Aktif Menggunakan Rekening Bank Syariah (Studi Kasus Nasabah Di Wilayah Belitung) : Factors Influencing Conventional Bank Customers Pro Actively Using Sharia Bank Account (Case Study Of Customer In Belitung Region). NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 8(1), 50–56. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.4432

Bowman, E. H. dan M. H. (1975). A Strategic Posture Toward Corporate Social Responsibility. California Management Review.

Freeman, R. E. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Pitman Publishing.

Ilmi, N., & Fatimah, S. (2020). Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Zakat Perusahaan Terhadap Kinerja Perbankan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating pada Perbankan Syariah di Indonesia (Periode 2015-2019). IBEF Journal, 1(1), 95–118.

In’amullah, M., & Lestari, N. M. (2023). Perilaku Konsumsi dan Keberlanjutan Kehidupan Dalam Perspektif Ekonomi Islam Berdasarkan Maqashid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(02), 2259–2263.

Karuni, M. S. (2020). Pengaruh Dana Zakat Terhadap Pembangunan Manusia Di Indonesia. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(2), 174–185. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i2.245

Lestari, A. (2020). Analisis Pengaruh ICSR (Islamic Corporate Social Responsibility) Dan Zakat Terhadap Reputasi Dan Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Bank Syariah Di Indonesia). UIN Yogyakarta, 46. https://dspace.uii.ac.id/handle/12345 6789/7633

Mardani, D. A. (2021). Islamic Work Ethic (IWE) dan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) pada Bank Syariah Indonesia (2011-2019). SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar- I, 8(2), 357–372. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i2.1 9860

Nurhayati, P., & Rustiningrum, D. S. (2021). Implikasi Zakat dan Islamic Social Reporting Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1416–1424.

Nurindahyanti, T., Rahman, K., & Murti, G. W. (2019). PENGARUH ZAKAT PERBANKAN , CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR ) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA BANK UMUM SYARIAH ( Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah di Indonesia yang Terdaftar di OJK Periode 2015-2019 ). Jurnal Ekonomi, 11(1), 30–41.

Nurizal Ismail. (2021). MAQASID SYARIAH DALAM EKONOMI ISLAM. Tazkia Press.

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia (LPKSI) 2022. https://ojk.go.id/id/kanal/syariah/da ta-dan-statistik/laporan-perkembangan-keuangan-syariah-indonesia/Pages/Laporan- Perkembangan-Keuangan-Syariah- Indonesia-2022.aspx

Salsabila, E., Fajriyah, I. N., Rangkuti, N. A., Dan, & Amri, A. (2023). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan PT. Bank Syariah Indonesia Sebelum dan Sesudah Merger. Accounting Student Research Journal, 2(2), 152–165. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i2.67 96

Sari, D. F., Beik, I. S., & Rindayati, W. (2019). Formulasi Kebijakan Pengelolaan Zakat dan Analisis Dampak Distribusi Zakat di Provinsi Sumatera Barat. Journal International, IPB University.

Setiyowati, A. (2022). Analisis Penerapan Corporate Sosial Responsibility (Csr) Pada Bank Syariah Mandiri Kc. Jemur Handayani Surabaya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2010– 2019.

Sidik, I., & Reskino. (2016). Pengaruh Zakat dan ICSR terhadap Reputasi dan Kinerja. Simposium Nasional Akuntansi XIX, 23, 1–21.

Syafina, L., & Nurwani, N. (2021). Analisis Dana Zakat, Penerimaan Non Halal, dan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Bank Syariah Di Indonesia. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 11(2), 101. https://doi.org/10.21927/jesi.2021.1 1(2).101-107

Syurmita, S., & Fircarina, M. J. (2020). Pengaruh Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility dan Penerapan Good Governance Bisnis Syariah terhadap Reputasi dan Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 87. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.4 63

Triyuwono, I. (1997). Akuntansi Syari’ah dan Koperasi Mencari Bentuk dalam Bingkai Metafora Amanah. Jurnal Akuntansi Dan Auditing Indonesia, 1(i), 3–46.

Triyuwono, I. (2006). MENGANGKAT “SING LIYAN “ UNTUK FORMULASI NILAI TAMBAH SYARI’AH. 2, 1–21.

Triyuwono, I. (2007). Perspektif, metodologi dan teori akuntansi syariah. RAJAWALI PERS 2009.

Utari, K. K., Septiyana, Y., Asnaini, A., & Elwardah, K. (2022). Efisiensi Keputusan Merger Tiga Bank Syariah di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi di BSI Kc Bengkulu Panorama). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 311–324.

Wahyuni, D., & Zumaroh. (2019). Problematika Implementatif Corporate Social Responsibility Pada Bank Syariah Di Indonesia. MIZANI : Wacana Hukum, Ekonomi Dan Keagamaan, 6(2), 93–105.

Wicaksono, D. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Yang Dimediasi Oleh Reputasi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 53(9), 1689–1699.www.journal.uta45jakarta.ac.id