STRATEGI PROGRAM KUR BANK SYARIAH INDONESIA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KOTA BATU
DOI:
https://doi.org/10.30997/jn.v10i1.13305Keywords:
KUR, Pembiayaan, UMKMAbstract
Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program pemerintah yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan industri, khususnya dengan menyediakan akses pembiayaan bagi pengusaha. Inisiatif ini bertujuan untuk memajukan sektor mikro dan UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi. Dengan memanfaatkan perbankan syariah, KUR berupaya mengintegrasikan prinsip-prinsip keuangan Islam dalam ekonomi global yang dinamis. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dampak KUR terhadap ekonomi lokal di Kota Batu, dengan fokus pada pembiayaan yang diberikan oleh BSI. Penelitian kualitatif ini menggabungkan studi literatur dengan data primer dan sekunder, menggunakan teknik observasi, wawancara terstruktur, dan analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan bahwa KUR BSI KCP Batu Diponegoro memiliki kelebihan signifikan, termasuk proses aplikasi yang mudah, pencairan dana yang cepat, tanpa denda keterlambatan, dan angsuran yang terjangkau. Keunggulan-keunggulan ini tidak hanya mengurangi beban finansial nasabah tetapi juga berkontribusi pada peningkatan ekonomi masyarakat Kota Batu. Dengan demikian, KUR dapat dianggap sebagai strategi efektif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.
References
Achjar, K. A. H., Gama, I. K., & Sudiantara, K. (2023). Pemberdayaan Kader dan Keluarga Dalam Pengelolaan DM Pada Lansia di Rumah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 515–523. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1332
AMELYA AINI LATIFAH. (2022). strategi penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah pada usaha mikro di bank syariah Indonesia Kantor cabang ciputat. Skripsi.
Approach, C. G. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.
Asmayaturrafaah, S., Burhan, D., & Hasan, N. (2023). Strategi mengatasi pembiayaan bermasalah dengan akad murabahah pada bsi kcp trunojoyo. 6(November), 685–697.
Dahruji, D. (2022). Pengaruh Profitabilitas terhadap Financial Distress pada Bank Umum Syariah Periode 2018–2020. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(3), 388–400. https://doi.org/10.20473/vol9iss20223pp388-400
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Manajemen Pperbankan Syariah.
Ika Syahrir, R.Nurhidayat, M. (2016). Kredit Usaha Rakyat (Kur): “Indonesian Way” Untuk Mensejahterakan Rakyat Indonesia. Kajian Ekonomi Keuangan- Badan Kebijakan Fiskal, 36.
Mongkito, A. W., Putra, T. W., Imran, M., Novita, K., & Ansar, A. N. (2021). Implementasi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (Kur) Mikro Syariah Dalam Pengembangan Usaha Mikro. Robust: Research of Business and Economics Studies, 1(1), 91. https://doi.org/10.31332/robust.v1i1.2886
Nurnasrina, SE, M. S., & P. Adiyes Putra, M. S. (2018). Manajemen pembiayaan bank syariah. In Pekanbaru: Cahaya Pirdaus (Issue February 2017).
Saadah, S., Paramita, M., & Aziz, I. A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Akad Mudharabah Pada Lkms (Bprs Al Salaam Kc. Cibinong). NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 6(2), 86–98. https://doi.org/10.30997/jn.v6i2.2092
Tyara, I. N. A., & Hanifah, L. (2023). Penerapan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Kabupaten Lamongan Ditinjau Dari Perspektif Pemasaran Syariah. Rizquna: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 01(03), 27–42. https://doi.org/10.56480/rizquna.v1i3.892
Wulandari, A. S., & Setiyowati, A. (2022). Implementasi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro Syariah Pada Bank Syariah Indonesia KCP Rungkut 1. Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE), 2(2), 140–146. https://doi.org/10.24269/mjse.v2i2.6502
Yuliani, S., Syahbudi, S., & Yulia, Y. (2023). Strategi Pengembangan Produk Pembiayaan Murabahah Dalam Upaya Mengembangkan Umkm Pada Bsi Kantor Cabang Diponegoro Kota Pontianak. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.24260/jkubs.v2i1.1748.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ulka Alya, Taufiqur Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.