IMPLEMENTASI LAYANAN MUAMALAT DIN (DIGITAL ISLAMIC NETWORK) DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI BANK MUAMALAT
DOI:
https://doi.org/10.30997/jn.v10i1.13304Keywords:
Bank Syariah, Layanan Perbankan, Muamalat DIN (Digital Islamic Network)Abstract
Dunia mengalami kemajuan yang luar biasa dalam inovasi dan teknologi termasuk teknologi finansial. Ketersediaan aplikasi Muamalat DIN sebagai platform digital yang menarik serta memberikan reaksi yang positif di lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan Muamalat DIN diimplementasikan dalam meningkatkan efisiensi dan kemudahan bertransaksi nasabah di Bank Muamalat KCU Darmo Surabaya serta apa saja keluhan atau hambatan nasabah dalam melakukan transaksi dengan mobile banking tersebut. Metode kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini membantu pembaca untuk memahami keadaan subjek atau objek yang diteliti. Dan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan Muamalat DIN ini di Bank Muamalat KCU Darmo Surabaya dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan transaksi nasabah yang dimana dibuktikan dai beberapa hal, pertama meningkatnya pengguna Muamalat DIN dari tahun ke tahun dan kedua nasabah banyak melakukan transaksi seperti transfer top up dan layanan perbankan lainnya mengunakan Muamalat DIN, hal ini disebabkan karena menurut nasabah menggunakan layanan digital ini memberikan kemudahan dan menghemat waktu serta bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
References
Akbar. (2024). Wawancara Customer Service. "Layanan Mobile banking Muamalat DIN (Digital Islamic Network) di Bank Muamalat KCU Darmo Surabaya.
Aryanti, L. T. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Muamalat Din Terhadap Minat Dengan Metode Tam Pada Nasabah Bank Muamalat Medan. Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah Vol. 05 No. 01.
Azizah. (2024). Wawancara Customer Service. "Layanan Mobile banking Muamalat DIN (Digital Islamic Network) di Bank Muamalat KCU Darmo Surabaya.
Cahyaningtyas, E. F. (2023). Digital Islamic Network:Building Excellent Service For Customer At Bank Muamalat Tulungagung In The Digital Era. An-Nisbah:Jurnal Ekonomi Syariah Volume 10 Nomor 02, 5.
Dahruji, D., & Muslich, A. A. (2022). Pengaruh Profitabilitas terhadap Financial Distress pada Bank Umum Syariah Periode 2018 – 2020. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(3), 388–400. https://doi.org/10.20473/vol9iss20223pp388-400
Ervina, N., Warti, R., & Yanti, N. (2023). Penerapan Layanan Muamalat Din Dalam Kemudahan Bertransaksi pada PT Bank Muamalat Indonesia KCP Serdang. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1053–1060. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.3873
Feby, J., Zahra, A., Asy’ari, M. A., Gandha, G., Efendhi, K., Kediri, I., Kunci, K., Sosialisasi, :, & Syariah, L. P. (2023). Sosialisasi Pengenalan Manfaat Penggunaan Layanan Perbankan Syariah Melalui Aplikasi MDIN. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare
Indisari, D. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya Jawa Timur: Unitomo Press.
Iqbal, J., & Isroq Urrahmah, dan. (2021). PENGARUH KEMUDAHAN DAN KETERSEDIAAN FITUR TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING. In Global Financial Accounting Journal (Vol. 05, Issue 02).
Kasmir. (2011). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.
Khoirunnisa, Aziz, I. A., & Brawijaya, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Bank Konvensional Pro Aktif Menggunakan Rekening Bank Syariah (Studi Kasus Nasabah Di Wilayah Belitung) : Factors Influencing Conventional Bank Customers Pro Actively Using Sharia Bank Account (Case Study Of Customer In Belitung Region). NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 8(1), 50–56. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.4432
Mukhtisar. (2021). Pengaruh Efesiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). JIHBIZ : Global Journal Of Islamic Banking and Finance Volume -3, No-(1).
Mu'asiroh, L. R. (2021 ). Analisis Penggunaan Mobile banking Pada Generasi Milenial Dengan Pendekatan Thenology Acceptane Model (TAM). Ad-Dennar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, VOL: 5/NO:02, 6.
Ningsih, P. R., & Rahman, T. (n.d.). ANALISIS PROSEDUR PEMBIAYAAN PRODUK CICIL EMAS BSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN NASABAH PEMBIAYAAN PADA BANK SYARIAH INDONESIA KC BOJONEGORO. Justisia Ekonomika Jurnal Magister Hukum Ekonomi Syariah, 7(2), 935–946. https://doi.org/10.15642/alqanun.2021.24.1.33
Nur, A. (2022). Implementasi Keuangan Digital Islamic Network (DIN) Dalam Optimalisasi Pelayanan Jasa Perbankan Di Era Digital (Studi Kasus Bank Muamalat KCP Bone).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dessy Dwi Pratiwi, Dahruji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.