ANALISIS KESIAPAN BSI DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN LAYANAN JASA KEUANGAN BERBASIS FINTECH DI INDONESIA

Main Article Content

Fenia Syifa
Annio Indah Lestari Nasution
Nurul Inayah

Abstract

Tujuan dari penelitian tesis ini adalah untuk mengetahui kesiapan dan upaya BSI dalam menanggapi pertumbuhan layanan keuangan berbasis Fintech. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa BSI telah cukup mempersiapkan diri sesuai dengan konsep Slameto, yang memperhitungkan kesiapan terhadap tuntutan dan motivasi tujuan di samping kesepian fisik, mental, dan emosional. Selain itu juga membahas bagaimana upaya membangun teknologi dapat membantu mempersiapkan karyawan dalam hal keterampilan dan pengetahuan, khususnya di bidang keamanan, risiko, dan fraud, yang telah dicapai oleh Bank Syariah Indonesia. Modernisasi Sistem Inti. Konektivitas dan Infrastruktur. Pemantauan dan Pengelolaan Data Gabungan. Struktur, Pendampingan Bisnis, dan Peningkatan Internal. Unifled platform & customer 360 dan digital Expansion & Open Bangking. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas karyawan melalui pelatihan untuk menjadi digital dan mengembangkan sumber daya manusia, serta meningkatkan keamanan, infrastruktur, dan perangkat manajemen informasi dan memperluas jaringan digital BSI.

Article Details

How to Cite
Syifa, F., Nasution, A. I. L., & Inayah, N. (2024). ANALISIS KESIAPAN BSI DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN LAYANAN JASA KEUANGAN BERBASIS FINTECH DI INDONESIA. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/jn.v10i1.12991
Section
Articles

References

Anggraini, N. (2019). Peran Finansial Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Bank Muamalat Cabang Bengkulu. Journal Ekonomi.

Annisa Indah Mutiasari, (2020). Perkembangan Industri Perbankan Di Era Digital, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol.IX No.2, Agustus 2020 Hal.32-41

Artiningrum, N. Z. (2022). Analisis Kesiapan Bank Syariah Indonesia Dalam Menghadapi Perkembangan Layanan Jasa Keuangan Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Financial Economics & Investment, 2(3), 153–165. https://doi.org/10.22219/jofei.v2i3.19916

Fahmi, M. M. (2019). Inspirasi Qur’ani Dalam Pengembangan Fintech Syariah: Membaca Peluang, Tantangan, Dan Strategi Di Era Revolusi Industri 4.0. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 1–13. https://pionir.uin-malang.ac.id/assets/uploads/berkas/ARTIKEL 29.pdf

Herdinata, C., & Pranatasari, F. D. (2020). Literasi Keuangan Berbasis Fintech.

Hotdiana, F., Nasution, A. I. L., & Nasution, M. L. I. (2023). Pengaruh Pelayanan dan Produk Perbankan Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Mengambil Pendanaan dan Pembiayaan (Studi Kasus: Bank Syariah KC Padangsidimpuan). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2445.

Kartika, T., Firdaus, A., & Najib, M. (2020). Contrasting the drivers of customer loyalty; financing and depositor customer, single and dual customer, in Indonesian Islamic bank. Journal of Islamic Marketing, 11(4), 933–959. https://doi.org/10.1108/JIMA-04-2017-0040

Maryam Batubara, Nurul Inayah, S. M. S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Banking Syariah dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior pada Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Sumatera Utara. Journal of Economy and Banking, 4, 159–170.

Mustafa khamal Rokan. (2019). Jurnal Manajemen Akuntansi (Jumsi). Vol. 2. No. 3 Juli 2022 Page 490-496 E-ISSN : 2774-4221, 2(3), 9–25.

Nurfuadi, W., K., K., & Harahap, M. I. (2023). Pengaruh Pengetahuan Perbankan Syariah dan Religiusitas terhadap Minat Mahasiswa Perbankan Syariah untuk Memilih Bekerja di Perbankan Syariah: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 766–778. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.3627

Otoritas Jasa Keuangan.2018.POJK No.12 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital Oleh Bank Umum.

Rahmati, A., & Ibrahim, A. (2022). Strategi Pengembangan Perbankan Syariah Dalam Menghadapi Financial Technology. Istinbath, 21(1), 125–141. https://doi.org/10.20414/ijhi.v21i1.490

Rahmawati, D. (2019). Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1), 107–118. https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.606

Restia Christianty, Muhammad Faisal, E. T. (2023). Pelatihan Layanan Keuangan Digital Berbasis Fintech Bagi UMKM Di Desa Kampung Baru Banda Naira Maluku Tengah. Communnity Development Journal, 4(4), 7992–7997.

Waluyo, H., A.S.Sinaga, I. P., & Sugianto, F. (2022). Perlindungan Hukum Otoritas Jasa Keuangan Terhadap Penyelenggara Layanan Urun Dana Berbasis Efek Berdasarkan POJK Nomor 16/POJK.04/2021. DiH: Jurnal Ilmu Hukum, 18, 131–146. https://doi.org/10.30996/dih.v0i0.6241

Zainull, Z. R. (2019). Memperkuat Daya Saing Bank Syariah Dengan Meningkatkan Kemampuan Teknologi Informasi. Liquidity, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.32546/lq.v1i1.152

Zouari, G., & Abdelhedi, M. (2021). Customer satisfaction in the digital era: evidence from Islamic banking. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 10(1). https://doi.org/10.1186/s13731-021-00151-x