PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEMANFAATAN, KEANDALAN DAN RELIGIUSITAS PADA PENGGUNAAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA

Main Article Content

Difa Naufal Nurmajid
Azmi Fitriati
Novi Dirgantari
Dwi Winarni

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, kemanfaatan, keandalan, dan religiusitas pada penggunaan mobile banking bank syariah Indonesia. Pengumpulan data menggunakan data primer yang didapatkan dari kuesioner melalui metode convenience sampling. Populasinya adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto pengguna Mobile Banking Bank Syariah Indonesia, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 127 responden. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Structural Equational Modelling Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software Smart-PLS v3. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, persepsi kemudahan dan religiusitas berpengaruh positif pada penggunaan mobile banking. Sementara itu persepsi kemanfaatan dan keandalan tidak berpengaruh pada penggunaan mobile banking.

Article Details

How to Cite
Nurmajid, D. N., Fitriati, A., Dirgantari, N., & Winarni, D. (2023). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEMANFAATAN, KEANDALAN DAN RELIGIUSITAS PADA PENGGUNAAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA . NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 9(2), 127–141. https://doi.org/10.30997/jn.v9i2.12893
Section
Articles

References

Afolo, S. C. M., & Dewi, N. N. S. R. T. (2022). Mahasiswa Akuntansi Untrim Sebagai Pengguna E-Wallet Dengan Mempertimbangkan Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kepercayaan. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(2), 267–277. https://doi.org/10.22225/kr.13.2.2022.267-277

Ahmad, & Pambudi, B. S. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking Bri). Manajemen FEB Trunojoyo, 8(1). https://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/589

Aieni, A. N., & Purwantini, A. H. (2017). EXPLORING THE USE OF MOBILE BANKING: A TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL APPROACH EKSPLORASI PENGGUNAAN MOBILE BANKING: PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. JURNAL ANALISIS BISNIS EKONOMI, 15(1), 86–96.

Arifah, D. N., & Rusgianto, S. (2023). Determinan Niat untuk Menggunakan Uang Elektronik Syariah: Integrasi TAM dengan Determinan Niat untuk Menggunakan Uang Elektronik Syariah: Integrasi TAM dengan Persepsi Religiusitas. Al-Buhuts (e-Journal), 19(1), 39–56.

Aziziyah. (2021). Peranan Persepsi Manfaat Sebagai Mediasi Dalam Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan E-Commerce Pada Aplikasi Traveloka. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 205–216. https://doi.org/10.26740/jim.v9n1.p205-216

BSI Jadikan Mobile Banking sebagai Lokomotif Pengembangan Ekonomi Syariah – Bank BSI (2021). Diakses 5 Mei 2023, dari: https://www.bankbsi.co.id/news-update/berita/bsi-jadikan-mobile-banking-sebagai-lokomotif-pengembangan-ekonomi-syariah

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319. https://doi.org/10.2307/249008

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Fadhli, M., & Fachruddin, R. (2016). Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking (Studi Empiris pada Nasabah Bank Umum di Kota Banda Aceh). JIMEKA, 1(2), 264–276.

Fajriah, A. N., Zati, M. R., Lubis, N. K., & Febriani Fitri. (2021). Pengaruh Efektivitas, Kepercayaan dan Keahlian Penggunaan Teknologi Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan PT Perkebunan Nusantara I Di Kota Langsa. JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI SAMUDRA (JMAS), 2(5), 304–315. https://mail.ejurnalunsam.id/index.php/jmas/article/view/4314

Fauzi, A., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Religiusitas Dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah. EEAJ, 9(2), 473–486. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39541

Fitriati, A., Tubastuvi, N., & Anggoro, S. (2020). The Role of AIS Success on Accounting Information Quality. The International Journal of Business Management and Technology, 4(2), 43–51. www.theijbmt.com

Hair, J. F. H., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2018). The Results of PLS-SEM Article information. European Business Review, 31(1), 2–24.

Hair, J. F. H., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A New Criterion For Assessing Discriminant Validity In Variance-Based Structural Equation Modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Penerbit Andi.

Jöreskog, K. G. (1971). Simultaneous Factor Analysis In Several Populations. Psychometrika, 36(4), 409–426.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Lieny, L., Novika, & Medinal. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kenyamanan dan Kepercayaan Terhadap Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking di BCA Pangkalpinang. JABK, 8(2), 56–62. http://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JABK/article/view/72

Mardiana, E., Thamrin, H., & Nuraini, P. (2021). ANALISIS RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH KOTA PEKANBARU. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 4(2), 512–520.

Nur, T. (2022). Factors Influencing Behavioral Intentions to Use Sharia Mobile Banking: Extended Theory of Planned Behavior. 2022 International Conference on Information Technology Systems and Innovation, ICITSI 2022 - Proceedings, 219–224. https://doi.org/10.1109/ICITSI56531.2022.9970897

Nurdin, Rukma, N., Sofyan, B., & Abdul, J. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 30–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.37.30-45

Putra, M. I. A., & Sari, R. C. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi. Profita, 8(8). https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/profita/article/view/16926

Qoes Atieq, M., & Nurpiani, E. (2022). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MANFAAT DAN RISIKO TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH (Survey Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan , 2, 401–423. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Penerbit Andi.

Silanoi, W., Naruetharadhol, P., & Ponsree, K. (2023). The Confidence of and Concern about Using Mobile Banking among Generation Z: A Case of the Post COVID-19 Situation in Thailand. Social Sciences, 12(4). https://doi.org/10.3390/socsci12040198

Siswoyo, A., & Irianto, B. S. (2023). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Aplikasi Mobile Banking. Owner, 7(2), 1196–1205. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1440

Stefanovic, D., Marjanovic, U., Delić, M., Culibrk, D., & Lalic, B. (2016). Assessing the success of e-government systems: An employee perspective. Information and Management, 53(6), 717–726. https://doi.org/10.1016/j.im.2016.02.007

Suhartanto, D., Dean, D., Ismail, T. A. T., & Sundari, R. (2020). Mobile banking adoption in Islamic banks: Integrating TAM model and religiosity-intention model. Journal of Islamic Marketing, 11(6), 1405–1418. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2019-0096

Tirtana, I., & Sari, S. P. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking. Syariah Paper Accounting FEB-UMS, 671–688.

Triwardhani, D., Pinem, D. B., Yuliniar, Y., Aryani, L., & Bernadin, B. (2023). Effect of trust, risk perception and diffusion of innovation on the adoption/use of internet banking in Indonesia. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(3), 1657–1663. https://doi.org/10.29210/0202312206

Usman, H., Mulia, D., Chairy, C., & Widowati, N. (2022). Integrating trust, religiosity and image into technology acceptance model: the case of the Islamic philanthropy in Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 13(2), 381–409. https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2020-0020

Utami, N. W. A. B., & Herawati, N. T. (2020). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Resiko dan Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash Pada PT BRI (PERSERO) TBK (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi S1 Akuntansi Undiksha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 11(2), 310–319. https://doi.org/10.23887/jimat.v11i2.25383

Voorhees, C. M., Brady, M. K., Calantone, R., & Ramirez, E. (2016). Discriminant Validity Testing In Marketing: An Analysis, Causes For Concern, and Proposed Remedies. Journal of the Academy of Marketing Science, 44(1), 119–134.

Wahyuningtyas, Y. F., & Widiastuti, D. A. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen Barang Fashion di Facebook). JURNAL KAJIAN BISNIS, 23(2), 112–120. https://doi.org/10.32477/jkb.v23i2.208

Wibowo, I. G. P., Riana, G., & Putra, M. S. (2015). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Karyawan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4(2), 125–145. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/11350

Zuliani, & Purwati, N. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Terhadap Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah. 3(4).