ANALISIS KASUS MANAJEMEN KOMUNIKASI KRISIS: SERANGAN WARGANET ATAS PENYELENGGARAAN HARD ROCK FM FASHION ROCKS 2020 DI DALAM MRT JAKARTA

Main Article Content

Ibnu Akmal

Abstract

Kehadiran Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta sejak bulan Maret 2019 tidak hanya menarik perhatian masyarakat pengguna transportasi umum, namun juga pihak swasta dalam menyelenggarakan kegiatan yang membutuhkan perhatian khalayak atau publisitas. Acara tahunan Hard Rock FM Fashion Rocks yang diadakan di dalam gerbong MRT yang sedang berjalan pada awal tahun 2020 berubah menjadi kemarahan khalayak pengguna moda transportasi umum dan meninggalkan komentar buruk di media sosial, serta pemberitaan negatif di media online. Keterlambatan respon dan tanggapan yang dianggap tidak sesuai harapan khalayak menambah kasus ini menjadi krisis yang tidak terduga, hingga manajemen yang diwakili oleh Iwet Ramadhan selaku Head of Business Growth MRA Media meminta maaf secara pribadi melalui media sosial. Melalui lima langkah metode analisis kasus yaitu framing, labeling, summarizing, synthesizing dan concluding maka dapat disimpulkan jika Hard Rock FM lebih peka terhadap kebutuhan pengguna MRT, jadwal penyelenggaraan acara dan cepat tanggap atas keluhan yang muncul maka akan meminimalisasi bergulirnya kemarahan warganet di media sosial. Namun langkah meminta maaf dengan berfokus pada kondisi pihak-pihak yang dirugikan sangatlah tepat sebagai bentuk simpati dan kompensasi yang efektif.

Article Details

How to Cite
Akmal, I. (2021). ANALISIS KASUS MANAJEMEN KOMUNIKASI KRISIS: SERANGAN WARGANET ATAS PENYELENGGARAAN HARD ROCK FM FASHION ROCKS 2020 DI DALAM MRT JAKARTA. JURNAL KOMUNIKATIO, 7(2), 69–80. https://doi.org/10.30997/jk.v7i2.4271
Section
Articles
Author Biography

Ibnu Akmal, Manajemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia

Manajemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). 2019. Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Diakses 29 Maret 2020 dari https://apjii.or.id/survei.

Coombs W. T. 2009. Conceptualizing Crisis Communication. In: Heath R.L dan O’Hair H. D. The Handbook of Risk and Crisis Communication. Routledge. New York.

Coombs W. T. 2015. Ongoing Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding. SAGE Publications. USA.

Creswell J. 2002. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approaches. Sage. London.

Creswell J. W., et al. 2007. Qualitative Research Designs: Selection and Implementation. The Counseling Psychologist. 35 (2): 236- 264.

Damayanti A. 2020. Paracrisis and Social Media: A Social Network Analysis of Hashtag #uninstallbukalapak on Twitter. Jurnal Komunikator. 12 (1): 24-36.

Frandsen F dan Johansen W. 2017. The Apology of a Sports Icon: Crisis Communication and Apologetic Ethics. HERMES - Journal of Language and Communication in Business. 20 (38): 85-104.

Fuchs C. 2017. Social Media: A Critical Introduction. SAGE Publications. London.

Hamdan N. 2019. Pengguna Instagram di Indonesia Terbesar ke-4 Dunia. Diakses 29 Maret 2020 dari www.tagar.id/pengguna-instagram- di-indonesia-terbesar-ke4-dunia.

Hearit K. M. 2006. Crisis Management by Apology Corporate Response to Allegations of Wrongdoing. Lawrence Erlbaum Associates. New Jersey.

Indozone.id. 2020. Ada Fashion Show di Gerbong MRT, Cuitan Protes Netizen Viral. Diakses 21 Desember 2020 dari www.indozone.id/news/4Ws1Q8/a da-fashion-show-di-gerbong-mrt- cuitan-protes-netizen-viral/read-all.

Je Cho S. 2012. The Proceedings of the 12th International Congress on Mathematical Education. Springer. Seoul.

Kesetovic Z, Toth I dan Korajlic N. 2014. Apology as Crisis Communication Strategy- Importance of Cultural Context. Coll. Antropol. 38 (1): 171– 178.

Lee S dan Chung S. 2012. Corporate Apology and Crisis Communication: The Effect of Responsibility Admittance and Sympathetic Expression on Public’s Anger Relief. Public Relations Review. 38 (1): 932–934.

Lorenz E. 2000. The Butterfly Effect. In: Abraham R dan Ueda Y. The Chaos Avant-garde: Memories of the Early Days of Chaos Theory. World Scientific. Singapore.

Media Riau. 2020. Gofar Hilman Minta Maaf Selaku MC Fashion Show di MRT. Diakses 21 Desember 2020 dari https://mediariau.com/berita/gofar -hilman-minta-maaf-selaku-mc- - show-di-mrt.

Miller D., et al. 2016. How the World Changed Social Media. UCL Press. London.

Puri S. 2020. Effective learning through the case method. Innovations in Education and Teaching International. 57 (1): 1-11.

Shapiro B. P. 1984. Introduction to Cases. Harvard Business School Background Note. Massachusetts.

Smartsheet.com. 2021. Models and Theories to Improve Crisis Management. Diakses 9 Februari 2021 dari https://www.smartsheet.com/conte nt/crisis-management-model- theories.

Suryani I dan Sagiyanto A. 2018. Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT Blue Bird Group. Journal Communication Budi Luhur. 9 (1): 102-113.

Tavuchis N. 1991. Mea Culpa: A Sociology of Apology and Reconciliation. Stanford University Press. Stanford.

Ulmer R.R, Sellnow T.L dan Seeger M. W. 2019. Effective Crisis Communication: Moving From to Opportunity. 4th ed. SAGE Publications. California.

VanWynsberghe R dan Khan S. 2007. Redefining Case Study. International Journal of Qualitative Methods. 6 (2): 80-94.

We Are Social & Hootsuite. 2020. Digital 2020: Global Digital Yearbook. Diakses 21 Desember 2020 dari https://datareportal.com/reports/d igital-2020-indonesia.

Zaenudin A. 2019. #UninstallBukalapak & Blunder CEO Bukalapak, Lalu Selanjutnya Apa? Diakses 21 Desember 2020 dari https://tirto.id/uninstallbukalapak- blunder-ceo-bukalapak-lalu- selanjutnya-apa-dg7A.