Strategi Komunikasi Pemasaran Majalah Tren Bogor dalam Upaya Menarik Minat Pemasang Iklan

Main Article Content

Nurdea Purnamasari
Undang Suryatna
Alli Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Iklan merupakan “urat nadi” yang menopang keberlangsungan hidup suatu bisnis media. Pengusaha di bidang bisnis media harus mampu mengembangkan strategi dan inovatif untuk mendapatkan pemasang iklan sebanyak-banyaknya. Majalah Tren Bogor sebagai salah satu majalah yang relatif baru untuk dapat bertahan hidup harus mampu bersaing dengan kompetitornya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kegiatan penyusunan strategi komunikasi pemasaran iklan, (2) untuk mengetahui pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran iklan, (3) untuk mengetahui efektivitas strategi komunikasi pemasaran iklan. Penelitian ini dilakukan pada Majalah Tren Bogor dan didesain sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) strategi komunikasi pemasaran disusun berdasarkan hasil analisis SWOT dan menetapkan segmentasi pasar, target dan positioning (STP), (2) implementasi strategi komunikasi pemasaran dilakukan melalui tren point, berbagai bentuk media, strategi jemput bola dan paket promo. (3) strategi komunikasi pemasaran Majalah Tren Bogor belum berdampak positif, diindikasikan dengan penurunan jumlah pemasang iklan dan pemasukan omzet. Penurunan ini disebabkan oleh segmentasi wilayah yang terlampau luas sedangkan sumber daya terbatas serta kurang mempertimbangkan potensi dan peluang yang ada.
Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Iklan

Article Details

How to Cite
Purnamasari, N., Suryatna, U., & Kusumadinata, A. A. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Majalah Tren Bogor dalam Upaya Menarik Minat Pemasang Iklan. URNAL OMUNIKATIO, 2(2). https://doi.org/10.30997/jk.v2i2.225
Section
Articles

References

Assauri S. 2002. Manajemen Pemasran Dasar Konsep & Strategi, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Ardianto, dkk. 2007. Komunikasi Massa. Suatu Pengantar. Edisi Revisi. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Erlangga. Jakarta.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara., 2006. Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta. PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia).
Morissan, M.A. 2010). Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia. Jakarta. Morissan, (2013). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Rangkuti, Freddy. (2014). Analisis SWOT: Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Romli ASM. 2012. Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Shimp AT. 2000. Promosi dan Periklanan. Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Soemanegara. 2006. Strategic Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Chorunnisak 2012. Penerapan Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Produk Tabungan Pada BMI Cabang Pembantu Magelang. Salatiga. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).
Imaroh, Laily. 2013. Analisis STP dan 4P dalam Produk Ultra Milk. Syariah Ekonomi Islam. STAIN Kudus.
Gunawan Adi Chandra dan Serli Wijaya. 2010 . Analisa Segmentasi, Penentuan Target, dan Posisi Pasar pada Restoran Steak dan Grill di Surabaya. Aditya. 2012. Catatan Kecil Manajemen Pemasaran. Positioning Produk Barang dan Jasa (http://aditya39e.blogstudent.mb.ipb .ac.id/2012/02/23/positioningpemasaran/). Diakses pada 12 April 2015.
Ebiz Consultant. 2013. Analysis SWOT dan STP. (https://ebizconsultants.wordpress.c om/2013/02/05/analisis-swot-andstp/). Diakses pada 13 Maret 2015.
Denny Bagus. (2009). Segmentasi Pasar : Definisi Manfaat dan Kelemahan (http://jurnalsdm.blogspot.com/2009/07/segment asi-pasar-definisi-manfaat-dan.html). Diakses pada 5 April 2015.
Muhammad Fajar, dkk. (2011). Contoh Kasus Penerapan STP (http://stpgroup.blogspot.com/p/con toh-kasus.html). Diakses pada 1 April 2015.
Rahdinal. (2011). Definisi Majalah (http://rahdinalspaceart.blogspot.co m/2011/11/definisi-majalahmajalahadalah-sebuah.html). Diakses pada 24 Februari 2015.