ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus Pada KPP Pratama Sukabumi)

Main Article Content

Maria Magdalena Melani
Lusi Susanti

Abstract

Kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak merupakan posisi strategis dalam hal peningkatan penerimaan pajak, akan tetapi pada kenyataannya masih terdapat wajib pajak yang sengaja melakukan kecurngan sehingga menyebaabkan timbulnya tunggakan pajak. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan menggunakan rumus slovin sehingga didapat 100 responden dalam penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik survey dengan melakukan penyebaran kuesioner. Pengujian dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20 for windows. Semua intrumen dalam penelitian ini valid dan reliabel, serta model yang digunakan layak untuk menjelaskan varibel kepatuhan wajib pajak. Hasil analisis dan pengujian hipotesis yang dilakukan menunjukan bahwa kesadaran wajib pajak, sanksi pajak dan pelayaanan fiskus berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak baik secara simultan maupun parsial. Besarnya kontribusi dalam penelitian ini sebesar 61 persen.

Article Details

How to Cite
Melani, M. M., & Susanti, L. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus Pada KPP Pratama Sukabumi). URNAL KUNIDA, 4(1), 47–60. https://doi.org/10.30997/jakd.v4i1.1389
Section
Articles

References

Arum, Harjanti Puspa, 2012, Pengaruh Kesadaaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang mlakukan Kegiataan Usaha dan Pekerjaan Bebas (Studi di Wilayah KPP Pratama Cilacap), Skripsi tidak dipublikasikan, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponogoro.
Direktorat Jendral Pajak. Surat Edaran Direktorat Jendral Nomor SE-84/PJ/2011 tentang pelayanan prima.
Direktorat Jendral Pajak. Surat Edaran Direktorat Jendral Nomor SE-06/PJ/2017 tentang straategi peningkatan kepatuhan wajib pajak & penetapan target rasio kepatuhan wajib pajak tahun 2017.
Ghozali, Iman, 2011, Aplikasi Analisis Multivarlate dengan Program SPSS, Badan Penerbitan Universitas Diponogoro, Semarang.
Jatmiko, Agus Nugroho, 2006, Pengaruh Sikap WP Pada Pelaksaanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus Dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan WP (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Semarang), Tesis Pascasarjana Universitas Diponogoro Semarang.
Nurmantu, Safri, 2005, Pengantar Perpajakan, Granit Jakarta.
Nugraheni, A.D, Purwanto, A, 2015 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Oran Pribadi (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Di Kota Magelang), Diponogoro Journal Of Accounting, Vol.4, No.3, tahun 2015, Hal 1-14.
Nugroho, Ahmad 2012, Faktor-Fakto yang Mempengaruhi Intelektual capital Disclousure, Accounting Analysis Journal. 1 (2).
Ritongga, Pandapotan. 2011, Analisis Pengaruh Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak terhadap Kinerja Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dengan Pelayanan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha di Kota Semarang), skripsi Universitas Diponogoro, Semarang.
Sugiyono, 2007, Statstika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Tiraada, Tryaba A.M, 2013, Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Hal 999-1008.