ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI POLRES BOGOR
Abstract
Berdasarkan sudut pandang pelanggan kualitas bermakna pemenuhan kebutuhan pelanggan untuk bisa membahagiakan pelanggan dalam hal pelayanan. Tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas terus meningkat. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) adalah surat yang dikeluarkan oleh kepolisian yang menerangkan bahwa pemohon tidak pernah mempunyai kesalahan hukum sebagai syarat melamar kerja. Masih terdapat keluhan pemohon dan aspek yang perlu diperbaiki dalam pelayanan pembuatan SKCK di Satuan Intelkam Polres Bogor. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas pelayanan pembuatan SKCK di polres Bogor, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan tersebut dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk memperbaiki faktor-faktor kualitas pelayanannya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan peserta pembuatan SKCK di Polres Bogor sudah tergolong ‘baik’ (3,90). Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan, Realibity/keandalan, responsiviness/daya tanggap, dan assurance/jaminan sudah mempunyai kualitas yang baik, sementara dua faktor lainnya Tangible/bukti fisik dan Empaty/empati masih perlu ditingkatkan dan masih mendapat keluhan-keluhan dari pemohon. Upaya yang bisa dilakukan diantaranya perlu disediakan petugas untuk mendampingi pemohon yang mengisi formulir daftar online terutama bagi orang tua, data pemohon yang sudah diinput ke sistem sebaiknya memudahkan pemohon yang ingin memperpanjang SKCK, dan perlu diadakannya pelatihan untuk melatih sikap para petugas dalam melayani pemohon.References
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media
Kurniawan,Aang .2008. Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Di Satuan Intelkam Polres Jember. Jember: Fisip Universitas Jember
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Parasuraman, A. Zethaml, V.A. and Berry, L.L. 1998. Servqual: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perpections of Service Quality, Jurnal of Retaling,Vol. 64, No. 1 pp. 12-40.
Zeithaml, V.A. and M.J. Bitner. 1996. Services Marketing. The McGraw-Hill Companies, Inc. New York.
DOKUMEN
Undang-Undang No. 25 Tahun tentang Pelayanan Publik 2009
PP RI No. 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia
Kurniawan,Aang .2008. Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Di Satuan Intelkam Polres Jember. Jember: Fisip Universitas Jember
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Parasuraman, A. Zethaml, V.A. and Berry, L.L. 1998. Servqual: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perpections of Service Quality, Jurnal of Retaling,Vol. 64, No. 1 pp. 12-40.
Zeithaml, V.A. and M.J. Bitner. 1996. Services Marketing. The McGraw-Hill Companies, Inc. New York.
DOKUMEN
Undang-Undang No. 25 Tahun tentang Pelayanan Publik 2009
PP RI No. 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia
Downloads
Published
2020-02-17
How to Cite
Nuraini, N. P., Maksudi, B. I., & Purnamasari, I. (2020). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI POLRES BOGOR. ADMINISTRATIE: Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 40–47. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/2375
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Governansi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in ADMINISTRTAIE.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in ADMINISTRTIE.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.