ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI POLRES BOGOR

Authors

  • Nadia Putri Nuraini Djuanda University
  • Beddy Iriawan Maksudi Universitas Djuanda
  • Irma Purnamasari Universitas Djuanda

Abstract

Berdasarkan sudut pandang pelanggan kualitas bermakna pemenuhan kebutuhan pelanggan untuk bisa membahagiakan pelanggan dalam hal pelayanan. Tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas terus meningkat. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) adalah surat yang dikeluarkan oleh kepolisian yang menerangkan bahwa pemohon tidak pernah mempunyai kesalahan hukum sebagai syarat melamar kerja. Masih terdapat keluhan pemohon dan aspek yang perlu diperbaiki dalam pelayanan pembuatan SKCK di Satuan Intelkam Polres Bogor. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas pelayanan pembuatan SKCK di polres Bogor, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan tersebut dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk memperbaiki faktor-faktor kualitas pelayanannya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan peserta pembuatan SKCK di Polres Bogor sudah tergolong ‘baik’ (3,90). Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan, Realibity/keandalan, responsiviness/daya tanggap, dan assurance/jaminan sudah mempunyai kualitas yang baik, sementara dua faktor lainnya Tangible/bukti fisik dan Empaty/empati masih perlu ditingkatkan dan masih mendapat keluhan-keluhan dari pemohon. Upaya yang bisa dilakukan diantaranya perlu disediakan petugas untuk mendampingi pemohon yang mengisi formulir daftar online terutama bagi orang tua, data pemohon yang sudah diinput ke sistem sebaiknya memudahkan pemohon yang ingin memperpanjang SKCK, dan perlu diadakannya pelatihan untuk melatih sikap para petugas dalam melayani pemohon.

Author Biography

Nadia Putri Nuraini, Djuanda University

department of public administration

References

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media

Kurniawan,Aang .2008. Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Di Satuan Intelkam Polres Jember. Jember: Fisip Universitas Jember

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Parasuraman, A. Zethaml, V.A. and Berry, L.L. 1998. Servqual: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perpections of Service Quality, Jurnal of Retaling,Vol. 64, No. 1 pp. 12-40.

Zeithaml, V.A. and M.J. Bitner. 1996. Services Marketing. The McGraw-Hill Companies, Inc. New York.

DOKUMEN
Undang-Undang No. 25 Tahun tentang Pelayanan Publik 2009

PP RI No. 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia

Downloads

Published

2020-02-17

How to Cite

Nuraini, N. P., Maksudi, B. I., & Purnamasari, I. (2020). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI POLRES BOGOR. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 40–47. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/2375
Abstract viewed = 915 times