ANALISIS PEMASARAN CALON GUBERNUR AHOK DI PILKADA DKI 2017

Rachmat Gunawan

Abstract


Makalah ini menjelaskan tentang bagaimana caranya menerapkan ilmu pemasaran dalam bidang politik khususnya ilmu pemasaran jasa yang berdimensi TERRA untuk memasarkan seorang kandidat Kepala Daerah di DKI Jakarta. Pembentukan tim pemasaran atau tim kampanyenya serta penekanan program pemasaran seorang Cagub DKI yang seharusnya dilakukan dan bagaimana menanggapi respon masyarakat sebagai calon pemilih di Pilkada. Selain itu pembahasannya juga menyinggung tentang suasana persaingan dan tema program apa yang harus disampaikan pada pasar calon pemilih ini. Hal lain yang dibicarakan yaitu berkaitan dengan survey tentang keinginan pasar tentang produk jasa apa yang diharapkan dari seorang Cagub yang jika sesuai dengan harapan mereka tentu akan menjadi pilihan di Pemungutan Suara Pilkada DKI 2017.


Kata Kunci: Pemasaran, Dimensi TERRA, Bauran Pemasaran Jasa

Full Text:

PDF

References


Hasan, Ali, 2008, Marketing, PT Buku Kita, Jakarta

Hartanto, Eko, 2017, Bauran Pemasaran Jasa www. academia.edu

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta

Pilkada DKI, 2017, KPU DKI, Jakarta

Syahirul Alim, 2016, Strategi Politik Ahok di Pilkada DKI, Kompasiana




DOI: https://doi.org/10.30997/jvs.v3i2.971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Visionida This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.