PRAKTIK KURBAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM TEBAR HEWAN KURBAN THK DI DOMPET DHUAFA

Main Article Content

Reni Noviati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme praktik kurban online yang ada di THK Dompet Dhuafa dan kesesuaiannya dengan aturan dalam fiqih Islam. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan mekanisme praktik kurban online melalui THK Dompet Dhuafa dimulai dari memesan, memilih, membayar, pengecekan kualitas dan kuantitas, penyaluran, hingga pembuktian (dokumentasi) dengan pembayaran yang dapat dilakukan secara langsung (di konter THK) dan secara tidak langsung (website atau situs belanja online). Pelaksanaan THK Dompet Dhuafa menggunakan akad wakalah dan salam. Praktik kurban tersebut menurut peneliti sudah sesuai dengan fiqih Islam, karena rukun dan syaratnya sudah dilakukan (terpenuhi).
Kata kunci: Kurban Online, THK, Dompet Dhuafa.

Article Details

How to Cite
Noviati, R. (2017). PRAKTIK KURBAN ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM TEBAR HEWAN KURBAN THK DI DOMPET DHUAFA. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 343–357. https://doi.org/10.30997/jsei.v3i1.716
Section
Articles

References

Abdullah, Mulyana. 2016: Qurban: Wujud Kedekatan Seorang Hamba dengan Tuhannya. Jurnal Pendidikan Agama Islam- ta’lim Vol. 14 No. 1. Bandung.
Al-Utsaimin, M. S. 2003: Tatacara Qurban Tuntunan Nabi SAW. Terjemahan: Aris Munandar. Media Hidayah. Jogjakarta.
Arifudin, Mohammad. 2015: Kurban Kolektif Dalam Perspektif Hadits. Islamuna. Volume.2, Nomor. 1. Pamekasan.
Arikunto, Suharsimi. 2010: Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi revisi. Rineka Cipta. Jakarta.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Syamil Cipta Media. Bandung.
Faizah, Rohmiatin. 2014: Praktek Arisan Qurban dalam Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Adat Pada Jama’ah Masjid Al-Munawwaroh. Skripsi. Purworejo.
Herniwati. 2015: Penerapan Pasal 1320 Terhadap KUHPerdata Terhadap Jual Beli Secara Online (e-commerce). Jurnal IPTEKS Terapan, vol. 8, No. 4. Padang.
Husaini, M. 2014: Bisnis E-commerce dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmu Dakwah dan Pengem bangan Komunitas. Volume, 9. No. 2.
http://thk.dompetdhuafa.org//conversation. Diakses pada tanggal 16 Februari 2017. Pukul 15.43 WIB.
Komariah, DKK. 2012: Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.
K. Denzin, Norman. S. Lincoln, Yvonna. 2009: Hanbook Of Qualitative Research. Pustaka Pelajar. Jogjakarta.
Lailah, Lutfi. 1999: Studi Tentang Qurban Dalam Agama-agama Samawi. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya. 39-55.
Languyu, Novianto. 2015: Kedudukan Hukum Penjual dan Pembeli dalam Bisnis Jual Beli Online. Lex et Societatis, Vo. III, No. 9. Manado.
Moleong, New Lexy J. 2013: Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Muttaqin, Azhar. 2010: Transaksi E-commerce Dalam Tinjauan Hukum Jual Beli Islam. Ulumuddin, Volume VI, Tahun IV. Malang.
Retnowulan, Evi dan Hermani, Regina. 2010. Tinjauan Hukum Jual Beli Secara Online. Jurnal Hukum, Vol. XIX, No. 19. Surabaya.
Romdhon, Muhammad Rizqi. 2015: Jual Beli Online Menurut Madzhab Asy-syafi’i. Pustaka Cipasung. Jawa Barat.
Sitorus, Daniel Alfredo. 2015: Perjanjian Jual beli Melalui Internet (E-Commerce)
18 Judul singkat dituliskan di sini
Ditinjau Dari Aspek Hukum Perdata. Skripsi, 1. Jogjakarta.
Sugiyono. 2013: Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.
Thousani, Dkk. 2015: Upaya Pengembangan E-Business dalam Pemasaran Produk Secara Internasional (Studi pada Akademi Bisnis Online Indonesia Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 23 No. 1. Malang, Surabaya.
Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 1 (satu) angka 1 (satu).
Wulandari, Friska Muthi. 2015. Jual Beli Onlie yang Aman dan Syar’i (Studi Terhadap Pandangan Pelaku Bisnis online di Kalangan Mahasiswa dan Alumni Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga). Skripsi, Jogjakarta.
Yahya, M. Slamet. 2006: Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Kemajuan IPTEK. Jurnal Insania, Vol. 11, No. 1. Purwokerto.