PREFERENSI MASYARAKAT KABUPATEN SUKABUMI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBAYAR ZAKAT

Main Article Content

Nia Kurniawati
Ating Sukma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik masyarakat kabupaten Sukabumi dan preferensi masyarakat dalam mengambil keputusan membayar zakat. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 204 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis faktor. Penelitian ini mengacu pada 14 variabel yang diasumsikan mempengaruhi masyarakat Sukabumi dalam mengambil keputusan membayar zakat yaitu keyakinan, komunikasi, keluarga, pengetahuan, kelompok acuan, motivasi, interaksi, budaya mengajarkan, prestasi, pekerjaan, gaya hidup, budaya ditanamkan, dan kesesuaian budaya. Keyakinan sangat mempengaruhi keputusan membayar zakat melalui non lembaga zakat. Sementara itu, faktor yang mempengaruhi keputusan membayar zakat melalui lembaga zakat adalah komunikasi.

Kata Kunci: Preferensi, Muzakki, Keputusan, Zakat.

Article Details

How to Cite
Kurniawati, N., & Sukma, A. (2017). PREFERENSI MASYARAKAT KABUPATEN SUKABUMI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBAYAR ZAKAT. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 1(2). https://doi.org/10.30997/jsei.v1i2.268
Section
Articles

References

Achmad, Andy Faisal. 2012. Analisis Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Semen Gresik Di Semarang. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Ali, Mohammad, Mohammad Ansor. 2014. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Akasara.
Arianty, Dewi, Yana Rohmana. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Provider Indosat Di Perguruan Tinggi Negeri Kota Bandung.
Arief, Anandita. 2010. Peran Laporan Keuangan Dan Intusin Dalam Pengambilan Keputusan Kredit (Studi Empiris Pada Perbankan Kota Semarang) Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro Semarang.
Bachmid, Gamsir. 2012. Perilaku Muzakki Dalam Membayar Zakat Mal (Studi Fenomenologi Pengalaman Muzakki Di Kota Kedari). Jurnal Aplikasi Manajemen | Volume 10 | Nomor 2 | Juni 2012.
Engel, James. dkk 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara.
Faisal. 2011. Sejarah Pengelolaan Zaakat Di Dunia Muslim dan Indonesia (Pendekatan Teori Investigasi-Sejarah Charles dan Defisit Kebenaran Lieven Boeve. Jurnal Analisis Volume XI, Nomor 2, Desember 2011
Fauza, Yaumil. 2013. Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Institusi Pembayaran Zakat Di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.
Gayatri, Dwi. 2004. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 8, No. 2, September 2004; 76-80.
Ghoni, Abdul, Tri Bodroastuti. 2010. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Pada Pembelian Rumah Di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala.
Herawati, Lisna Nety. 2012. Preferensi Dan Keputusan Masyarakat Karawaci Dalam Membaar Zakat. Program Studi Muamalat (Ekonomi Islam), Universitas Islam Syarif Hidayatullah.
Huda, Nurul. Mohammad Heykal. 2013. Lembaga Keungan Islam Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Jakarta: Kencana.
Junaidi, Manal. 2006, Analisis Dan Evaluasi Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Franchise (Waralaba) (Studi Kasus Alfamart Wilayah Jabotabek). Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Manajemen. Institut Pertanian Bogor.
Kanji, Lusiana, H. Abd. Hamid Habbe Dan Mediaty. 2011. Aktor Determinan Motivasi Membayar Zakat Determinant Factors Motivation Paying Zakat Zakat And Magnitude Of Value.
Karli, Hilda. 2013. Pertimbangan Dan Stategi Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah, Jurnal Pendidikan Penabur No.21/Tahun Ke-12/Desember.
Kountour, Ronny. 2003. Metode Penelitian Untuk Menulis Skripsi Dan Tesis, Jakarta: PPM.
Mardani. 2011 Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia. Bandung: Refika Aditama.
Maryati, Sri. 2009. Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Di Kota Semarang, Tesis pada Program Pascasarjana Magister Teknik Pembangunan Wilayah Dan Kota Universitas Diponegoro Semarang.
Mashudi. 2011. Evalusi Pengelolaan Zakat di Inodesia
Nasution, Edwin Mustafa, Hardius Usman. 2007. Proses Penelitian Kuantitatif, Jakarta: FEUI.
Nurdin. 2011. Pengaruh Pengelola Zakat Terhadap Kesejahteraan Rakyat, Program Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama.
Pratama, Erwin Aditya. 2013. Optimalisasi Pengelolaan Zakat Sebagai Sarana Mencapai Kesejahtaraan Sosial (Studi dibidang Amil Zakat Kota Semarang). Fakultas Hukum. Universitas Negri Semarang.
Qardawi, Yusuf. 2011. Hukum Zakat. Bogor: Pustaka Litera Antara.
Runtuwene, Lastiko. 2007. Kepemimpinan Dan Pengambilan Keputusan Partisipatif Dalam Organisasi Pendidikan-Sekolah, Jurnal Pendidikan Penabur.
Siska, Hanna. 2012. Analisi Preferensi Muslim Jakarta Dalam Membayar Zakat Penghasilan (Uji Model Partial Least Square) Dan Potensi Adanya Perhitungan Dobel Zakat. Skripsi Pada Program Studi Ekstensi. Universitas Indonesia.
Sukma, Ating. 2013. Keterkaitan Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Penerapan Zakat Di Indonesia Dengan Pendekatan Tawhidi. Ringkasan Disertasi. Program Doktor Ilmu Ekonomi. Universitas Trisakti.
Taufiq, Ahmad. 2014. Analisis Kinerja Pelayanan BAZNAS Kabupaten Sukabumi terhadap Tingkat Kepuasan Muzakki. skripsi pada Program Studi Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor.
Wijayanti. Putri Sekar. 2011. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Pekerjaan Ibu Dengan Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi 6-12 Bulan Di Desa Margorejo Kec. Margorejo Kab. Pati, Universitas Muhammadiyah.