https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/issue/feed E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2020-06-14T13:23:59+00:00 Zahra Khusnul Lathifah zahra.khusnul.latifah@unida.ac.id Open Journal Systems E-journal ini memuat artikel-artikel yang bersumber dari SKRIPSI mahasiswa/i S-1 pada semua Program Studi di Universitas Djuanda sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar Sarjana (S-1). https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/2808 PENGARUH METODE MURAJA’AH JAMA’I TERHADAP KUALITAS HAFALAN ALQUR’AN 2020-06-03T03:38:54+00:00 Amrin Apriadin amrinapriadin@unida.ac.id Hasan Bisri hasanbisri@unida.ac.id Zahra Khusnul Lathifah zahrakhusnullarhifah@unida.ac.id Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode <em>muraja’ah</em> <em>jama’i</em> terhadap kualitas hafalan <em>Alqur’an</em>. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu tingginya animo masyarakat yang ingin memasukkan anak-anaknya di lembaga pendidikan <em>tahfidz</em>, sedangkan dilapangan didapati banyak lembaga <em>tahfidz</em> yang hanya fokus kepada kuantitas hafalan <em>Alqur’an </em>saja, sedangkan untuk kualitas hafalan <em>Alqur’an</em> tidak terlalu di programkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitaf eksperimen. Desain penelitian menggunakan <em>posstest only control group design. </em>Santri dibagi menjadi 2 kelas <em>treatment</em>, kelas pertama sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua sebagai kelas kontrol. Setiap kelas mendapatkan 4 kali <em>treatment</em> dan 1 kali <em>posstest</em>. Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>simple</em> <em>random</em> <em>sampling</em>. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes lisan<em> posstest</em>. Adapun pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-test menggunakan <em>independen simple t-test</em> untuk membadingkan kualitas hafalan <em>Alqur’an</em> santri yang kelas eksperimen dan santri kelas kontrol. Berdasarkan hasil pembahasan tentang metode <em>muraja’ah</em> <em>jama’i</em> yang berpengaruh terhadap kualitas hafalan <em>Alqur’an</em>, peneliti mengambil simpulan bahwa metode <em>muraja’ah</em> <em>jama’i </em>sangat efektif diterapkan pada lembaga pendidikan <em>tahfidz</em>, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data uji <em>independent</em> <em>sampel t-test</em> pada taraf siginfikansi 5% pada kualitas hafalan <em>Alqur’an</em>, diperoleh nilai signifikansi hitung lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,001, maka nilai sig. &lt; 0,05 (0,001 &lt; 0,05). Selain itu, dapat didukung juga dengan hasil rata-rata kualitas hafalan <em>Alqur’an</em> yang diperoleh, pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata sebesar 93,08 dan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 82,15. 2020-06-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/2840 KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KYAI DALAM MENINGKATKAN KETAATAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU DARUSSYIFA AL-FITROH SUKABUMI 2020-06-14T13:23:59+00:00 Ari Rahmatullah Fauzi arirahmatullah13@gmail.com Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepemimpinan Kharismatik Kyai Dalam Meningkatkan Ketaatan Santri di Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al-Fitroh Sukabumi. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif sedangkan metode yang digunakan metode studi kasus. Penelitian dengan studi kasus digunakan untuk mengkaji dan menjawab permasalahan dan untuk memperoleh makna yang mendalam dan apa adanya. Data yang dikumpulkan melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan alur reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kyai Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al-Fitroh merupakan pemimpin kharismatik, peran kyai Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al-Fitroh diantaranya mengarahkan santri dan jamaah kepada ketaatan dan memberikan waktu lebih kepada santri dan bentuk-bentuk ketaatan santri diantaranya santri tidak berani melintas dihadapan kyai, tidak berani banyak bicara dihadapan kyai, menyapa ketika bertemu dengan kyai dan selalu melaksanakan tugas/perintah dari kyai. 2020-06-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan