PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE DEDISCERTA

Main Article Content

Aprilia Mega
Omon Abdurakhman
Fauziah Hamamy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara metode DeDisCerTa dengan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi fungsional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, angket, soal tes, dan dokumentasi. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi data atau persamaan regresi yang didapat bahwa nilai Fhitung = 124,757 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05, bahwa dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara Metode DeDisCerTa terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Adapun nilai determinasi kemampuan membaca pemahaman pada pendidikan kewarganegaraan melalui metode DeDisCerTa sebesar 86,2 %.

Article Details

How to Cite
Mega, A., Omon Abdurakhman, & Fauziah Hamamy. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE DEDISCERTA. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 78–89. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/6316
Section
Articles

References

Sistem Pendidikan Nasional. (2009). Bandung: Nuansa Aulia.

Arikunto, & Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Emzir. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitaif dan Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Fathurrohman, P., & Sutikno, S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

M., & Harmianto, S. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: ALFABETA.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Usman, S. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.