PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS VI SDIT AL KAMIL

Main Article Content

Lilis Dariati
Annisa Mawardini
Ahmad Anshori

Abstract





Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas VI SDIT Al Kamil, Kecamatan Tapos, Kota Depok. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi kegiatan baik sebelum penelitian, saat penelitian maupun setelah penelitian. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pelajaran IPS sebelum menggunakan media permainan ular tangga sebesar 55,00 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 5,56%. Hasil nilai rata-rata belajar siswa dengan menggunakan media permainan ular tangga  pada siklus I memperoleh nilai 66,39 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 22,22%, pada siklus II  memperoleh  nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 74,17, dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 61,11%, hingga pada siklus III memperoleh  nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,72, dengan persentase siswa yang tuntas secara keseluruhan sebesar 100%.





Article Details

How to Cite
Dariati, L., Mawardini, A., & Anshori, A. (2022). PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS VI SDIT AL KAMIL. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 43–60. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/6311
Section
Articles

References

Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto,S.Suhardjono,Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Arsyad,Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Faturahman. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Karya Guru, Tim Tunas. 2013. Ilmu Pengetahuan Sosial SD Kelas 6. Jakarta: Penerbit Duta.

Khodijah,Nyanyu. 2014.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sadiman,AS. 2013. Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Press.

Sapriya. 2016.Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor - faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhada, Idad. 2017. Konsep Dasar IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suranto,TJ, Dakir,A. 2013. Target Nilai Rapor 10 Kupas Habis Semua Pelajaran SD/MI Kelas 6. Jakarta: Wahyu Media.

Suyadi. 2015. Panduan Penelitian Tindakan Kelas . Yogyakarta: DIVA Press.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tilong,Adi. 2016. 49 Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan dan Kiri Anak. Yogyakarta: Laksana.

Triani, Nani. 2012. Panduan Melaksanakan PTK . Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Untoro,Joko, Indonesia, TG. 2016. Target Nilai Rapor 10 Kupas Habis Semua Pelajaran SD/MI Kelas 6. Jakarta: Wahyu Media.

Wardhani, IGAK. Wahardit, K. 2014. Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Universitas Terbuka

Yamin, M. 2013. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Referensi, GP Press Grou.

Zuber, A. Hakim,Lukman.2012.Aktif Belajar IPS untuk Kelas VI SD dan MI. Jakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.