PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERASOSIASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM ASPEK KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PKN SDN CIKUDA 01

Main Article Content

Irwanto Irwanto
Syamsuddin Ali Nasution
Afridha Sesrita

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle berasosiasi pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian semu (quasi experimental design). Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model inside outside circle pada kelas eksperimen diperoleh data skor maksimum yaitu 100 dan skor minimum yaitu 60 dengan jumah rata-rata skor sebesar 83,21. Skor maksimum yang diperoleh pada kelas kontrol yaitu  90, sedangkan skor minimum yakni 25 dengan skor rata-rata 62,32. Terdapat kenaikan persentase rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 37,30%. Hasil kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa meningkat setelah diberikan perlakuan, yakni nilai rata-rata kelas kontrol siswa 62,32, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,21, dengan selisih 20,89.

Article Details

How to Cite
Irwanto, I., Syamsuddin Ali Nasution, & Afridha Sesrita. (2022). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERASOSIASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM ASPEK KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PKN SDN CIKUDA 01. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 28–42. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/6308
Section
Articles

References

Sistem Pendidikan Nasional. (2012). Bandung: Nuansa Aulia.

Arikunto, dan Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Djama, S. (1984). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fuad, I. (2012). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. (2015). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kebudayaan, D. P. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Model Pembelajaran. Kata Pena.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Makrifat. (2012, 2 6). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA.

Mustmi, M. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: CV Arti Bumi Intaran.

Nurmilawati. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model STAD dan Model Discovery pada Siswa Kelas VII SMPN 1 TINGGIMONCONG.

Pulukadang, W. (2018). Pembelajaran Terpadu. Gorontalo: Ideas Publishing.

Purwanto, N. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.

Afrida. (2016). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI CTL BERASOSIASI TEKNIK THINK-PAIR-SHARE. OJS.UNIDA.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sujana. (1992). Penelitian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.

Syansu, M., & dkk. (1983). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Proyek LPTK Ditjen Dikti Depdikbud.

Taniredja, E., Faridli, M., & Harmianto , S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Taniredja, T., Faridli, M., & Harmianto, S. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: ALFABETA.

Usman, S. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Walgito, B. (1972). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah . Yogyakarta: FIP-IKIP.