EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZZAHRA

Main Article Content

Karimah Amatullah
Siti Pupu Fauziah
Widyasari

Abstract





Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dengan jelas dan mendalam mengenai efektivitas komunikasi Antarpribadi GPK dan orang tua pada anak autisme. Data dikumpulkan melalui wawancara (kepada GPK dan orang tua) dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian melalui triangulasi sumber dan cek anggota. Hasil penelitian efektif karena, (1) Keterbukaan: GPK dan Orang tua mampu untuk terbuka dan memberikan kebebasan dalam berkomunikasi; (2) Empati: GPK dan orang tua mampu untuk merasakan apa yang dirasakan oleh anak autis; (3) Sikap Mendukung: GPK dan orang tua mampu memberikan motivasi dalam meningkatkan belajar anak autis dengan penuh kesabaran dan memberikan penjelasan secara berulang-ulang serta tidak pernah menyudutkan; (4) Rasa Positif: GPK dan orang tua mampu memberikan motivasi pujian kepada anak autis; (5) Kesetaraan/Kesamaan: GPK dan orang tua mampu memposisikan keberadaan anak autis seperti sahabat dan mendengarkan permasalahan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.





Article Details

How to Cite
Amatullah, K., Siti Pupu Fauziah, & Widyasari. (2022). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZZAHRA. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 61–77. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/6307
Section
Articles

References

Ardiyanto, G. (2010). Cara Mendidik Anak A to Z. PT. Alex Media Komputindo.

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. PT. Rosdakarya Offset.

DeVito, J. A. (2018). Komunikasi Antarmanusia (Edisi Kelima). karisma Publishing Group.

Haryati, & Fadhli K. (2019). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua dalam Berinteraksi dengan Anak Berkebutuhan Khusus. 40–50.

Hatimah, I. (2011). Pendidikan Usia Dini. Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (hlm. 96).

Hidayati, T., Hanifah, I., & Sarry, Y. N. E. (2019). Pendamping Gizi Pada Balita. CV.Budi Utama.

Iriani, D., & Creative, I. (2014). 101 Kesalahan dalam Mendidik Anak. PT. Alex Media Komputindo.

Kalalo, T. R., & Yuniar, S. (2019). Gangguan Spectrum Autisme. Airlangga University Press.

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK. (t.t.). Diambil 1 Mei 2020, dari https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1682/hari-peduli-autisme-sedunia-kenali-gejalanya-pahami-keadaannya

Kristanti, L. A., & Sebtalesy, Y. (2019). Kapasitas Orang Tua Terhadap Personal Hygiene Anak Autis. Uwais Inspirasi Indonesia.

Lakshita, N. (2012). Panduan Simpel Anak Autis. Javalitera.

Lubis, E. R. (2018). Pesan dari Nabi tentang Anak. PT. Alex Media Komputindo.

Meranti, T. (2014). Psikologi Anak Autis. Familia.

Priyatna, A. (2010). Amazing Autism! (Memahami, Mengasuh, dan Mendidik Anak Autis). PT. Alex Media Komputindo.

Surya, H. (2010). Rahasia Membuat Anak Cerdas dan Manusia Unggul. PT. Alex Media Komputindo.

Susanto, A. (2015). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Prenadamedia Group.

Wahyuni. (2017). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara Guru dengan Anak Autis di Biro Psikologi Psikodinamika Banda Aceh. 1–16.