PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI CIJUJUNG 03

Main Article Content

Sholihat Seftiani
Afridha Sesrita
Irman Suherman

Abstract

Kurangnya keterampilan guru dalam melaksanakan strategi pemebelajaran sehingga siswa cepat bosan dan jenuh ketika belajar di kelas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk  mengetahui, pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasi fungsional. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik  angket kuesioner. Dengan jumlah responden  sebanyak  85 siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03. Diketahi bahwa nilai 3,579 >1,988  dengan taraf kesalahan adalah 5% dengan hasil signifikan sebesar 0,001 < 0,05 maka sesuai dengan hasil keputusan Ha diterima Ho ditolak. Sehingga adanya pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03. Besarnya pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 13,4% sedangkan  86,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03.

Article Details

How to Cite
Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2022). PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI CIJUJUNG 03. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–11. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/6306
Section
Articles

References

Gunawan,C.(2018). Mahir Menguasai SPSS: mudah mengelola data dengan IBM SPSS statistic 25. Yogyakarta:CV. Budi Utama.

Hidayat,S.(2017). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kasmawati. (2015). Pengaruh Guru Profesional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada SMPN 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto.Jurnal Auladuna,2(1),42-64.

Kurniasih,I.,& Sani, B.(2016). Model Pembelajaran:untuk meningkatkan profesionalitas guru. CV. Solusi Distribusi.

Pidarta, M. (2013). Landasan Kependidikan.Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru edisi 2. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.

Sardiman, (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT.RajaGrafindo Persada.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar Pembelajaran: di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Prenadamedia Grup.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia grup

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro,3(1), 73-82. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Usman,U . (2016). Menjadi Guru Profesional.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Yusutria. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia: Jurnal Curricula, 2(1), 38-46.